YAMAHA R25 BARU 2018 DISEBUT LEBIH CEPAT 8 KM/JAM

Launching New R3 dan R25 Bersama Pembalap Yamaha Racing Indonesia WorldSSP300 dan Asia Road Racing Championship.

Jakarta – Kamis 11 Oktober 2018, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan generasi terbaru Yamaha R25 terbaru, plus R3 di Hotel Grand Mercure, Jakarta.

Dari beberapa referensi di jagat maya tidak sepenuhnya baru, sifatnya lebih ke facelift alias perubahan tampilan yang lebih segar. Perubahan terbesar pun ada pada desain bagian tengah depan yang mirip banget dengan versi moge Yamaha R1 dan R6.

Launching New R3 dan R25 Bersama Hafizh Syahrin (MotoGP) dan Galang Hendra (WorldSSP300).

Spesifikasi mesinnya sendiri tetap sama dengan versi sebelumnya. Meski demikian, perubahan desain fairing, suspensi depan dan setang ini disebut-sebut di kanal YouTube Otomotif TV, membuat aerodinamika kendaraan lebih baik dan mempengaruhi kenaikan kecepatan hingga 8 km/jam (disebut mampu tembus hingga 180 km/jam).

Selain membuat laju kecepatan yang lebih baik dalam membelah angin, Yamaha R25 baru ini kini telah menggunakan sistem suspensi upside down serta setang baru yang besar dan padat mirip banget dengan desain setang Yamaha R1.

Sederhananya, buat pemoge pemula yang ingin naik kelas dari motorsport 150cc dan kental aura moge Yamaha, dapat dibilang R25 menjadi salah satu pilihan terbaik buat konsumen.

Aplikasi sistem suspensi USD, plus desain setang yang lebih kekar dan lebar, serta perubahan karakter suspensi belakang yang lebih kaku, membuat kinerja Yamaha R25 untuk menaklukkan tikungan jadi lebih baik dibanding versi sebelumnya.

Tiga faktor perubahan krusial pada sistem aerodinamika, handling dan kinerja suspensi nampaknya jadi pemikat utama dari Yamaha R25 yang diproduksi di pabrik Yamaha Indonesia di kawasan Pulau Gadung untuk keperluan domestik dan pasar Jepang. Sementara untuk pasar di luar kawasan itu, kapasitas mesin diperbesar 320cc dengan nama Yamaha R3 termasuk untuk pasar Eropa.

Tiga faktor perubahan itu pula yang nampaknya menjadi amunisi Yamaha untuk mengimbangi performa dua rival terberat di segmennya yaitu Honda CBR250RR dan Kawasaki Ninja 250.

Secara performa mesin yang masih sama dengan versi sebelumnya, Yamaha R25 terbaru ini masih sedikit di bawah kedua rivalnya tersebut, namun ketiga perubahan krusial di atas tentunya diharapkan mampu lebih bersaing.

Pesona lainnya adalah harganya yang sedikit lebih rendah. Yamaha R25 (tanpa ABS) dihargai Rp 58,6 juta. Bandingkan dengan Honda CBR250RR (tanpa ABS) Rp 59,9 juta (tanpa ABS) dan Kawasaki New Ninja 250 Rp 61,9 juta (tanpa ABS). Ketiga informasi harga di atas berdasarkan data resmi masing-masing pabrikan pada saat artikel ini dibuat dan dalam kondisi on the road Jakarta. 

Yamaha R25 menggunakan ban depan standar IRC Road Winner ukuran 110/70R17 dan di belakang 140/70R17. Buat yang ingin tampilan ban desain dan gripnya lebih baik, bisa menggantinya dengan ban IRC RMC 810 yang diperkenalkan pada tahun 2017 silam.

Performa ban dengan teknologi terkini dari Jepang ini tidak perlu diragukan kualitasnya, dan tersedia memang untuk segmen motorsport 250cc ke atas dengan ketersediaan ukuran lebar yaitu 110/70R17, 140/70R17 dan 150/60R17, dengan keunggulan yang disebutkan di antaranya daya cengkeram dan performa yang baik di jalan kering maupun basah.

Nah, sementara buat yang suka balap-balapan di sirkuit, bisa memilih IRC Fasti 1 yang sudah terbukti mengantar Yamaha YZF-R15 jadi kampiun di kejurnas motorsport kelas 150cc. Pilihannya bisa menggunakan ukuran 90/80-17 di roda depan, dan 130/70-17 untuk belakang.

Awrait, demikian informasi sementara, guys. Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih sudah mampir.

One Reply to “YAMAHA R25 BARU 2018 DISEBUT LEBIH CEPAT 8 KM/JAM”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s