BERNYANYILAH DAN TERUS TERTAWA BERSAMA ROULI SIJABAT

Sumber image: Istimewa

Jakarta – “Bernyanyilah dan terus tertawa, walau dunia tidak seindah surga. Bersyukurlah pada yang kuasa. Cinta kita di dunia, selamanya.

Sepenggal lirik di atas senantiasa tergiang di benak jbkderry.com, ketika melihat aksi “panggung” digital om Rouli Sijabat bernyanyi menghibur publik di jagat maya melalui aplikasi Smule.

(notes: kata “om” di sini bukan berarti “orkes melayu” yah, tapi sapaan akrab jbkderry.com pada narasumber). 

Kadang kali, om Rouli bernyanyi solo, meski lebih sering nyanyi kolaborasi.

Simak warna vokal om Rouli di bawah ini, yang mengingatkan jbkderry.com pada warna vokal dan warna suara Yovie and Nuno, atau penyanyi senior Harvey Maliholo. 

Tidak jarang lagu-lagu yang ditembangkan untuk menghibur dunia yang tengah murung, karena badai dan bencana alam, seperti aksi kepedulian untuk korban gempa bumi dan tsunami di Palu.

Aura kegembiraan yang dibagi om Rouli dan teman-temannya inilah yang membuat jbkderry.com tertarik untuk mengulik lebih lanjut soal aplikasi Smule. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi untuk Anda untuk menghibur dunia. Meski untuk itu pastikan kualitas suara Anda seindah om Rouli, tidak seperti jbkderry.com yang hanya satu stage di atas kualitas suara Gian di kartun Doraemon.

Berikut hasil interview khas a la secangkir kopi jbkderry.com dengan om Rouli Sijabat:

Tanya: Apa itu Smule, dan apa saja manfaat yang bisa didapat dengan tergabung di dalamnya?

Jawab: Gampangnya Smule adalah salah satu aplikasi karaoke on line sejak tahun 2012 masuk Indonesia. Dengan meng-install aplikasi ke smarphone baik Android maupun IOS, kita dapat menyanyikan lagu apa saja baik solo, berduet atau bahkan berkelompok hingga lebih 20 orang.

Atau bisa juga menjadi uploader musik lagu tanpa vokal agar bisa di nyanyikan pengguna Smule lainnya.

Tanya: Om Rouli tergabung di komutitas apa saja di Smule, dan apa setiap orang bisa ikut tergabung di dalamnya?

Jawab: Saya mulai bermain Smule sejak 2014.  Awalnya untuk mengisi waktu dengan menyenangkan ketika kemacetan jalan saat jam pulang atau pergi ke kantor. Komunitas di bangun atas dasar menjalin pertemanan dengan keinginan bernyanyi bersama tanpa di batasi lokasi domisili.

Hingga saat ini sudah membuat dan tergabung di lebih 4 komunitas Smule (baca smul) : ITS Indonesia Talented Singer, ITBSmuleans, ONI Oto Nyemul Indonesia, Rotella Singing Corner.

Tanya: Untuk anggota komunitas yang lintas profesi dan menetap di sejumlah negara yang berbeda, bagaimana cara menyatukan jadwal waktu untuk bernyanyi bersama?

Jawab: Media komunikasi komunitas menggunakan aplikasi chat seperti Line, WA, FB bahkan di aplikasi Smule sendiri ada fitur chat grup. Di sanalah terjadi konversasi dan pembahasan merancang kolaborasi lagu-lagu yang tematik dan monumental seperti saat hari kemerdekaan kita bawain lagu Hari Merdeka.

Tanya: Komunitas2 Smule yang om Rouli ikutan, nampak cukup intens melakukan aksi nyanyi kepedulian sosial. Ada komentar khusus mengenai hal ini?

Jawab: Kami ingin mengisi berbagai lini masa media sosial dengan content yang membuat orang bahagia, mempersatukan, menghibur dan mempererat karena potensi konten negatif di medsos semakin meningkat.

Salah satu bentuk kepedulian kepada saudara sebangsa pun menjadi concern kami. Juga mendukung hal-hal lain yang mengandung ajakan positif melalui media sosial seperti safety driving dan no bullying.

Tanya: Buat om Rouli secara pribadi, sudah sejak kapan ikut dan tertarik ikut komunitas Smule? Dan bagaimana perasaannya saat ini dengan aktif di aplikasi digital tersebut; lebih senang atau bagaimana (bisa diceritakan lebih lanjut)?

Jawab: Menjadi lebih bahagia karena teman semakin banyak di mana mana.

Tanya: Apa saja alat dan syarat yang dibutuhkan jika ingin menjadi anggota di komunitas Smule?

Jawab: Smartphone dan install aplikasi smule dan bisa register VIP atau regular.

Tanya: Lebih enak mana Smulean atau karaokean?

Jawab: Selama dilakukan bersama jaringan teman dan membahagiakan enak enak saja.

Awrait, demikian dulu artikel sederhana di hari Minggu pagi 14 Oktober 2018 ini. Semoga ada manfaatnya, dan menginspirasi Anda untuk turut berupaya membahagiakan dunia seperti yang telah dilakukan om Rouli dan kawan-kawannnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s