LEBIH DARI 70 PERSEN WARGA EROPA PERCAYA MOBIL OTOMATIS JALAN SENDIRI SUDAH DI DEPAN MATA

sumber image: Euro NCAP

Eropa – Kamis 18 Oktober 2018, jbkderry.com mendapat informasi teranyar dari Euro NCAP, jika berdasarkan survei mereka bekerjasama dengan Global NCAP dan Thatcham Research, lebih dari 70 persen pengemudi mobil di Eropa percaya sudah saatnya dapat membeli mobil yang dapat otomatis mengemudi sendiri.

Terkait dengan hal itu, Euro NCAP untuk pertama kalinya menguji performa sistem yang dinamakan Highway Assist dengan melibatkan 10 mobil yaitu Audi A6, BMW 5 Series, DS 7 Crossback, Ford Focus, Hyundai NEXO, Mercedes-Benz C Class, Nissan LEAF, Tesla Model S, Toyota Corolla dan Volvo V60. 

Sistem Highway Assist ini menggabungkan kemampuan Adaptive Cruise Control, Lane Centering dan Speed Assist System yang membantu pengemudi.

Pengujian tersebut melahirkan beberapa kesimpulan yaitu:

  • Belum ada mobil di pasaran yang sepenuhnya yang menawarkan sistem otomatis secara full-time.
  • Mobil-mobil yang ada di pasaran saat ini sudah ada yang didukung dengan sistem pendukung pengemudi, meski faktor keamanan mengemudi masih menjadi tanggung jawab utama pengemudi.
  • Teknologi yang ada pada mobil-mobil modern dapat membantu pengemudi menjaga jarak aman, kecepatan, dan mobil tetap melaju pada lajur yang benar.
  • Meski demikian, sistem pendukung hanya dapat berfungsi pada kondisi lalu lintas sesuai peruntukan desainnya. Sederhananya, kalau di negeri kita rasanya belum bisa diterapkan, mengingat perubahan situasi lalu lintas dapat berubah seketika akibat masih rendahnya kesadaran dan empati berlalu lintas dari pengguna jalan.
  •  Setiap produsen mobil memiliki perbedaan aplikasi teknologi sistem pendukung kinerja pengemudi.
  • Euro NCAO melakukan pengujian dan menemukan perbedaan yang diterapkan oleh setiap pabrikan mobil.

“Dalam pandangan Euro NCAP, mobil-mobil dengan aplikasi teknologi pendukung sistem mengemudi ini, tetap perlu disertai dengan tingkat kewaspadaan dari setiap pengemudi yang berada di belakang setir kemudi, karena sifatnya masih sebagai sistem pendukung,” kata Michiel van Ratingen, Sekretaris Jenderal dari Euro NCAP.

Dari hasil pengujian tersebut, berikut hasilnya yang dirilis oleh pihak Euro NCAP:

  • DS dan BMW masih menerapkan sistem pendukung Adaptive Cruise Control berlevel rendah, sehingga pengemudi masih memegang peran tervital selama proses mengemudi berlangsung.
  • Sementara Audi, Ford, Hyundai, Mercedes, Toyota, Nissan dan Volvo sudah dapat menawarkan keseimbangan antara kinerja pengemudi dan sistem pendukung.
  • Sementara Tesla nampak lebih berani mengambil resiko dalam memberikan kepercayaan lebih pada sistem pendukung pada mobil memegang peranan kontrol yang lebih besar ketimbang pengemudi.

Demikian informasi sementara. Semoga ada manfaatnya untuk Anda. Silakan klik di sini untuk mengetahui informasi resminya dalam bahasa Inggris, atau Anda bisa lihat video pengujiannya di bawah ini.

Terima kasih telah mampir…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s