JADI PEMBALAP DADAKAN SATU HARI BERSAMA YAMAHA R25 TERBARU DI SIRKUIT SENTUL

Sentul (Bogor) – Kamis 8 November 2018, jbkderry.com dapat kesempatan baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya yaitu mengenakan wearpack balap, brosis…

Pengalaman istimewa yang diberikan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ini makin terasa spesial, karena ditemani oleh model kendaraan terbaru mereka di segmen motorsport 250cc, Yamaha R25 terbaru.

Ya, tidak ada perubahan pada sektor mesin dibanding versi sebelumnya, namun ada penyempurnaan di sektor aeroedinamika dan aplikasi suspensi up-side down yang diklaim membuat kecepatan bisa meningkat 8 km/jam. Jadi kalau sebelumnya kabarnya tembus di 170an km/jam, versi terbaru ini bisa tembus 180an (kecil) km/jam.

Baca juga YAMAHA R25 BARU 2018 DISEBUT LEBIH CEPAT 8 KM/JAM

jbkderry.com tergabung di grup 6 kloter kedua alias yang paling terakhir sekitar pukul 11an siang, dan itupun (sesuai doa) berada di grid terakhir saat start.

“Bukan apa-apa di event test ride kali ini buanyak buanget jurnalis dan blogger muda yang lagi hot-hotnya buka poll handel gas, guys…”

Alhasil, jbkderry.com sangat berharap bisa berada paling belakang, jadi kalau terus di belakang gak malu-maluin, tapi kalau bisa menyalip itu berarti lagi jadi rezeki anak sholeh…

Setelah berada di atas motorsport 250cc bertenaga puncak 36 PS/12.000 rpm dan torsi maksimal 23,6 Nm/10.000 rpm, tidak lama kemudian langsung bendera start dikibarkan.

Ya, mengingat ini kategori balap-balapan senang-senang, tidak ada indikator lampu seperti di MotoGP atau balapan motor pada umumnya. Dilepasnya pakai bendera start, meski nilai prestisenya tentu lebih tinggi ketimbang balap karung di perayaan hari kemerdekaan.

Jelang tikungan pertama, handel gas jbkderry.com dan bujubuneng, ini motor kenceng banget, guys. Proses perpindahan gigi enam percepatan pun terhitung mudah dan presisi, kinerja tuas kopling pun mudah dioperasikan.

Syet, dengan spek motor seperti ini rasanya tidak sulit bagi setiap pengendara Yamaha R25 untuk menjadi pembalap. Motornya mudah dikendarai, tapi tentu jangan asal buka gas di jalan raya, guys. Ya, tahu sendiri, kondisi jalan raya di negeri ini super menyeramkan, lengah sedikit bisa nabrak truk gede yang parkir sembrono di pinggir jalan, ataupun problem klasik emak-emak yang membelokkan kendaraannya tiba-tiba.”

Posisi duduknya enak, kesan seperti jadi pembalap beneran mudah didapatkan. Kinerja suspensi baru up-side down di roda depan tidak hanya membuat tampilan motor jadi lebih gagah, namun membuat handling di tikungan jadi lebih mantap dan stabil.

Direksi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dan pembalap tim pabrikan Yamaha Racing Indonesia.

Apalagi saat test ride ini, motor juga telah dibekali ban slick yang memang diperuntukkan buat balapan beneran.

Founder jbkderry.com yang era mudanya di tahun 1990an alias mulai uzur beberapa kali menikung di atas 60 km/jam, meski perasaan ngeri-ngeri sedap membayangi membayangkan tanggung jawab SPP para bocah di rumah. Tapi beruntung, handling dan kinerja perangkat pengereman terasa mudah serta presisi, sehingga bisa memberikan kesan yang lebih aman saat memacunya di sirkuit balap terbesar di negeri ini.

Panel instrumen digital pun mudah dibaca, di trek lurus pada lap 1 dan lap 2 (dari 4 lap yang diberikan), indikator kecepatan pernah tembus 154 km/jam dan 152 km/jam. Meski di lap ketiga, karena mulai ngeri takut keasyikan mentok di 148 km/jam, sebelum masuk pit.

Jelang finish, jbkderry.com masih cukup senang, karena masih ada dua peserta yang tetap di belakang. Ya, ternyata masih adalah sisa-sisa kejayaan jadi pembalap liar di kota Makassar pada era 1990an…hahahaha…

Kalau ada satu kata untuk melukiskan motorsport 250cc adalah “agile“. Bisa dalam bahasa Indonesia jika Anda ingin memaknainya secara slank, dan bisa juga mengacu pada kamus.net yang artinya bisa “cerdas”, “tangkas” atau “gesit”.

Well, itu kurang lebih pengalaman pertama jbkderry.com menggunakan wearpack balap dan menjajal motorsport 250cc di sirkuit Sentul. Semoga informasi ini ada manfaatnya buat Anda, setidaknya buat hiburan bacaan.

Terima kasih sudah mampir, jangan lupa “follow” jbkderry.com dengan mendaftarkan alamat email di halaman depan, jika tidak ingin ketinggalan informasi-informasi terbaru…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s