CERITA TENTANG ENAKNYA PENGALAMAN TEST RIDE YAMAHA FREEGO DI SIRKUIT SENTUL

Sentul (Bogor) – Kamis 8 November 2018, jbkderry.com dikasih kesempatan istimewa sekaligus beban tersendiri, untuk test ride skutik entry level kelas menengah terbaru dari Yamaha yang diperkenalkan di IMOS 2018 lalu, FreeGo.

Dibilang istimewa, karena bisa langsung merasakan impresinya dan bisa menjadi cerita yang harapannya bisa ada manfaatnya buat pengunjung jbkderry.com. 

Test rider jbkderry.com yang terhitung lumayan gembul di atas Yamaha Freego S (tipe tertinggi).

Jadi beban, karena setiap sesi test ride ditemani oleh satu road captain dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dan dua teman test ride lainnya. Dan itulah yang jadi persoalan, karena dua kawan test ride adalah anak-anak muda, dimana salah satunya adalah motovlogger yang setahu jbkderry.com kenceng kalau bawa motor di sirkuit Sentul.

Dan benar saja, di satu kesempatan, motovlogger itu mengangkat ban depan FreeGo tunggangannya dan hanya mampu membuat jbkderry.com tercengang.

“Untung tadi gw minta mereka jalan duluan, dan lebih memilih di posisi paling akhir. Mereka berdua memang cepat, guys…”

Ups, yuk kembali ke cerita tentang pengalaman test ride Yamaha FreeGo. Jadi kalau cerita pak Abidin (GM After Sales & Motorsport PT YIMM), FreeGo posisinya ada di level yang sama dengan Soul GT. Jadi kira-kira jadi kelas menengah Yamaha untuk pembeli pemula yang ingin skutik yang level atau kelasnya ada di atas Mio Series.

Direksi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

Mesinnya pun sama dengan Soul GT, 125cc, cuma kata seorang kawan jurnalis dari salah satu media kondang, output torsi puncaknya lebih rendah 0,1 Nm.

Bagaimana dengan riding position atau posisi duduknya? Nah, jawaban jbkderry.com jika tinggi Anda di bawah 170 cm (namun sebaiknya di atas 155 cm) dan punya mimpi punya Lexi tapi terbentur soal tinggi, maka FreeGo adalah salah satu jawaban terbaik.

Kok bisa begitu? Yup, karena fiturnya berlimpah ruah, guys

Mau tahu apa saja? Berikut di antaranya kapasitas bagasi 25 liter (lebih luas dari NMax dan helm full-face bisa masuk dengan posisi terbalik), lubang tangki pengisian gak perlu turun dari jok (ada di posisi depan dengan kapasitas 4,2 liter), tangki bensinnya pun sudah dilindungi dengan cangkang yang tebal di bagian bawah (jadi aman dan protektif), ban dengan ukuran velg 12-inci yang super lebar (jadi lebih nge-grip dan stabil di permukaan jalan).

Mau lagi? Baiklah, ada lampu LED, ada electric power socket (buat nge-charge daya smartphone), ada smart key system (untuk tipe tengah dan atas), panel instrumen full digital MID (termasuk ada panduan mengemudi eco dan kondisi aki), ada rem ABS untuk tipe tertinggi, ada smart motor generator (yang buat starter jadi lebih halus), Stop & Smart System (tipe tengah dan atas) yang bisa diaktifkan dan non aktifkan.

Bagaimana dengan pengalaman mengendarainya? Untuk postur 155 cm hingga di bawah 170 cm, FreeGo pas banget. Buat test rider jbkderry.com yang posturnya lumayan gembul 172 cm/76 kg terlihat sedikit kekecilan (lihat foto). Meski demikian jika postur brosis ada yang seperti itu masih pas juga buat mobilitas harian yang gesit, tangkas dan efisien.

Ya, efisien, karena selain dilengkapi panduan eco-riding juga telah menggunakan teknologi BlueCore.

Bukaan gas lumayan enteng dan mudah dikendalikan, halus. Saat melalui tikungan di areal parkiran mobil di sirkuit Sentul yang aspalnya berbatu dan berpasir, kinerja handling dan suspensi mampu mereduksi potensi insiden. Apalagi didukung dengan ban IRC 100/90-12 di depan dan 110/90-12 di belakang yang profilnya lebar dan daya cengkeramnya baik di jalan kering dan basah.

Sistem pengereman yang versi ABS tentu lebih mumpuni, membuat pengalaman berkendara jadi lebih aman dan nyaman.

Secara umum, jbkderry.com bilang FreeGo khususnya tipe tengah apalagi versi tertinggi paling pas buat konsumen pembeli skutik pemula yang ingin kelas sosialnya lebih tinggi dibanding kaum kebanyakan, dan posturnya terhitung sedang untuk orang Indonesia.

Well, itu saja dulu. Semoga informasi ini ada manfaatnya buat pengunjung jbkderry.com, setidaknya memberikan unsur yang menghibur…

2 Replies to “CERITA TENTANG ENAKNYA PENGALAMAN TEST RIDE YAMAHA FREEGO DI SIRKUIT SENTUL”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s