SUV SEKEN DENGAN KEAMANAN 4 BINTANG DI BAWAH RP 150 JUTA

sumber image: Euro NCAP

Jakarta – Buat yang berpikiran efisien dan ekonomis, membeli mobil seken tentu menjadi salah satu solusi jitu. Pasalnya nilai penyusutan jika hendak menjual kembali relatif jauh lebih kecil ketimbang membeli mobil baru.

Meski demikian, di tengah kualitas berlalu lintas yang semakin beresiko khususnya di kota besar, maka faktor keamanan atau proteksi yang terintegrasi pada mobil pun seyogyanya juga dijadikan salah satu acuan saat ingin bertransaksi mobil bekas.

Nah, di artikel receh kualitas secangkir kopi kali ini, jbkderry.com ingin mengulas SUV seken dengan standar keamanan minimal  4-Bintang (versi Euro NCAP) yang bisa ditebus dengan harga di bawah Rp 150 juta.

Kenapa Euro NCAP? Sampai artikel ini dibuat, jbkderry.com masih berkesimpulan standar uji safety dari lembaga pengujian independen di Eropa ini yang paling baik dijadikan acuan.

Kenapa SUV? Pertama, karena jbkderry.com suka. Kedua, penampilannya gagah. Ketiga, ground clearance-nya relatif lebih tinggi ketimbang mobil penumpang pada umumnya, sehingga umumnya lebih andal saat melintasi genangan air, polisi tidur dan jalanan rusak.

Lalu ada empat situs jual beli mobil bekas yang jbkderry.com jadikan acuan dalam membuat membuat artikel ini, yaitu OLX, Carmudi dan Mobil123.

Oh iya, informasi harga tertera pada info mobil-mobil di bawah tentu ada baiknya Anda tawar lagi jika berminat.

Semoga ada manfaatnya yah, guys…

Honda CR-V 2.0 i-VTEC 2008 (Rp 112 Juta)

Sumber: OLX

Di situs Euro NCAP (bisa di klik di sini), SUV dari Honda ini berhasil mendapat rating keselamatan 4-Bintang untuk proteksi penumpang dewasa dan anak-anak, serta 2-Bintang untuk proteksi pada pejalan kaki.

Kabar dari warung kopi: Biaya perawatan mobil Honda di bengkel resmi, khususnya untuk harga suku cadang, kabarnya lebih mahal dibanding biaya perawatan mobil sekelasnya. Hanya saja, ini sepadan dengan kualitas suku cadangnya yang kabarnya lebih awet.

Nissan X-Trail 2.5 XT SUV 2009 (Rp 126 juta)

Sumber image: Mobil123.com

Di situs Euro NCAP (bisa di klik di sini), SUV dari Nissan ini berhasil mendapat rating keselamatan 4-Bintang untuk proteksi penumpang dewasa dan anak-anak, serta 2-Bintang untuk proteksi pada pejalan kaki.

Kabar dari warung kopi: Nissan X-Trail menurut pengalaman dan pengetahuan jbkderry.com termasuk salah satu yang terenak dikemudikan di antara kendaraan-kendaraan rival di kelasnya, khususnya yang berasal dari Jepang. Hanya saja biaya perawatan berkalanya di bengkel resmi kabarnya agak di atas para rivalnya dari brand Jepang.

Chevrolet Captiva 2.4 MT – Bensin (Rp 140 juta)  

Sumber image: Mobil123.com

Di situs Euro NCAP (bisa di klik di sini), SUV dari Nissan ini berhasil mendapat rating keselamatan 4-Bintang untuk proteksi penumpang dewasa, 3-Bintang untuk proteksi penumpang anak-anak, serta 2-Bintang untuk proteksi pada pejalan kaki.

Kabar dari warung kopi: Chevrolet Captiva seyogyanya pengembangan dari SUV dari brand Daewoo di Korea Selatan, yang telah diakuisisi oleh General Motors pada tahun 2001. SUV ini dapat kabar yang beredar di warung kopi cukup nyaman dikendarai, dan hal ini salah satunya dapat dilihat dari harga mobkasnya yang masih terhitung cukup baik atau dengan kata lain cukup memuaskan.

Nissan Juke 1.5 RX 2012 (Rp 138 juta)

Sumber image: Mobil123.com

Secara dimensi, kendaraan SUV satu ini masuk dalam kategori sub compact SUV atau sederhananya ukurannya satu size di bawah tiga kendaraan di atas. Meski demikian, calon peminatnya bisa mendapatkan nilai keuntungan, karena secara rating uji keselamatan malah lebih tinggi. Euro NCAP memberikannya rating 5-Bintang (Klik di sini).

Kabar dari warung kopi: Sebelum mendapat serangan berat dari para rival di kelasnya (Honda HR-V, Mazda CX-3 dan Chevrolet Trax), Juke adalah salah satu primadona penjualan Nissan di Indonesia. Sayang, di tengah persaingan ketat itu membuatnya terjajar dari persaingan. Meski demikian, dari pengalaman beberapa kenalan yang memilikinya, Juke disebut enak dan nyaman dikendarai.

Ford EcoSport Titanium AT 2014 (Rp 137 Juta)

Sumber image: OLX Indonesia

Euro NCAP memberikan rating 4-Bintang pada kendaraan berdimensi low-SUV ini (klik di sini). Level pengujiannya pun sudah mengikuti standar pengujian terbaru dari Euro NCAP yaitu proteksi pada penumpang dewasa, proteksi pada penumpang anak-anak, proteksi pada pejalan kaki, serta fitur pendukung keselamatan.

Kabar dari warung kopi: jbkderry.com pernah merasakan langsung impresi mobil ini sepanjang jalur dari Padang menuju Bukittinggi, serta melewati rute legendari Kelok 44 dan Danau Maninjau. Menurut jbkderry.com, low-SUV satu ini secara kenyamanan berkendara dapat dikatakan salah satu yang terbaik di kelasnya, jika kategori rivalnya adalah Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V.

Mercedes-Benz ML320 2002 (Rp 128 juta)

sumber image: Carmudi

Secara usia, SUV satu ini lebih lawas dibanding para pesaingnya di atas. Tapi hey, ini Mercedes-Benz, gan. Euro NCAP memberikannya rating keselamatan 4-Bintang untuk proteksi penumpang dewasa, dan 1-Bintang untuk proteksi pejalan kaki.

Kabar dari warung kopi: Buat yang ingin punya SUV dengan nilai prestise lebih, mobil satu ini pantas dipertimbangkan. Yup, tidak perlu berpanjang lebar, ini adalah brand premium asal Jerman.

Pilihan Ban Kendaraan SUV

Salah satu produsen ban yang serius menggarap pasar ban SUV di Tanah Air adalah PT Gajah Tunggal Tbk. Melalui brand GT Radial, ada dua pilihan ban yang bisa dipilih konsumen kendaraan SUV yaitu Savero AT Plus dan Savero SUV.

Masih ada model ban lain dari PT Gajah Tunggal Tbk untuk kendaraan berdesain SUV, namun kedua ban tersebut yaitu Savero AT Plus dan Savero SUV menyumbang volume penjualan terbanyak.

Ban Savero AT Plus yang memberikan sumbangsih terbesar karena kemampuannya untuk bisa melahap trek aspal namun juga bisa dipakai untuk kebutuhan light off road.

Ban Savero AT Plus sekitar 70 persen digunakan untuk kebutuhan kendaraan SUV di jalan raya, sementara 30 persen di antaranya dipakai untuk kebutuhan light off road. Sementara ban Savero SUV menjadi pilihan utama bagi konsumen yang sepenuhnya untuk kebutuhan jalan raya beraspal.

Saat ini, GT Radial dapat dikategorikan sebagai salah satu merek ban terpercaya di Indonesia.

Awraitguys. Demikian informasi sementara, sekali lagi, semoga artikel ini ada manfaatnya. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s