CERITA SEDIH DARI AMERIKA SERIKAT DAN KANADA (CATATAN SENDU SECANGKIR KOPI)

Dalam hidup yang sebenar-benarnya, kita tidak selalu ketemu kitab rahasia sakti mandraguna yang dapat membuat hidup seketika kaya raya dan dapat hidup mulia. Terkadang, kita harus melalui karang dan ombak, tapi menangis dan berhenti pun tidak akan menyelesaikan persoalan. Kita harus tetap melanjutkan perjalanan, kemanapun itu takdir membawa hingga ujung jalan.

(catatan sendu dalam secangkir kopi)

Ekspresi terpukul Carl Dillmam, seorang pekerja dengan pengalaman 37 tahun di pabrik General Motors, tertunduk lesu di Oshawa, Ontario, Senin 26 November 2018. (Lars Hagberg/AFP/Getty Images)

Mancanegara (Amerika Serikat) – Senin 26 November 2018 rasanya menjadi salah satu kisah hidup terpilu bagi lebih dari 14.000 karyawan pabrik General Motors di Amerika Serikat dan Kanada, saat sang CEO perempuan pertama di perusahaan mereka Mary Barra mengumumkan akan menutup tujuh pabrik di Amerika dan Kanada pada tahun 2019 mendatang. 

Seorang ibu tidak dapat menutupi kesedihannya di hari pengumuman yang mengagetkan tersebut di Oshawa, Ontario, Senin 26 Nov 2018. (Lars Hagberg/AFP/Getty Images)

Dikutip dari The Detroit News, Kamis 29 November 2018, ketujuh pabrik GM yang sedianya segera ditutup ada dua di Metro Detroit, tiga Ohio, satu di Kanada, dan satu lagi Baltimore.

Dikutip dari media The Epoch Times, Rabu 28 November 2018, kabar penuh duka ini pun sontak mengundang ungkapan sedih dari para karyawan yang terancam diberhentikan.

Saling menguatkan hati di momen-momen sulit dalam hidup di antara para pekerja pabrik GM di Oshawa, Ontario, Senin 26 November 2018. Lars Hagberg/AFP/Getty Images)

“Saya tidak tahu bagaimana cara untuk menghidupi keluargaku. Ini adalah hal yang berat dan menakutkan,” ucap lirih Matt Smith, pegawai General Motors di pabrik Ontario, Kanada.

Kesedihan Smith tentu adalah kesedihan kita juga atas nama kemanusiaan, karena salah satu tanggungjawab hidup yang harus dia pikul adalah kehidupan anak bayi yang baru berumur 11 bulan.

Ekpresi kesedihan para pekerja GM yang segera diberhentikan (Lars Hagberg/AFP/Getty Images)

Seorang pegawai GW lainnya mengungkap cerita yang tidak kalah sedih, “Beberapa saat lagi kami akan menyambut Natal yang identik dengan perayaan, dan seketika kegembiraan itu tidak ada lagi.”

Wajar jika kemudian rasa pilu seketika menggelembung di dada para karyawan, karena pengumuman super mengagetkan ini hadir tanpa peringatan terlebih dahulu, dan parahnya lagi sebentar lagi menjelang momen liburan perayaan Natal.

Penutupan ketujuh pabrik ini disebut dapat membuat pihak GM melakukan penghematan US$6 miliar atau sekitar Rp 78 triliun (nilai kurs Rp 13.00) pada tahun 2020.

Dikutip dari situs Daily Mail di Inggris, Selasa 28 November 2018, pihak GM juga telah merencanakan menutup fasilitas pabrik mereka yang berada di Gunsan, Korea Selatan.

Keputusan GM ini pun mendapat respon langsung dari Donald Trump melalui akun Twitter-nya sebagaimana bisa dilihat di bawah ini:

CEO Mary Barra belum melakukan pertanyaan lanjutan di sosial medianya, setelah pengumuman yang super mengagetkan tersebut.  Hanya saja dalam berbagai keterangan pers yang berhasil dikumpulkan jbkderry.com, pihak General Motors sedianya hanya akan fokus pada pengembangan mobil listrik.

Itupun tidak lagi berada di wilayah Amerika Serikat dan Kanada, melainkan di wilayah Meksiko dan China dengan rencana membuka dan meningkatkan produksi kendaraan mereka di kedua wilayah negara tersebut.

Turut berempati sedalam-dalamnya untuk para karyawan pabrik General Motors dan keluarganya di Amerika Serikat serta Kanada. May God be with you always, amin. 

2 Replies to “CERITA SEDIH DARI AMERIKA SERIKAT DAN KANADA (CATATAN SENDU SECANGKIR KOPI)”

  1. yang saya tahu Ini juga disebabkan oleh kebijakan kurang populis Donald Trump, karena sebelumnya juga Harley-Davidson juga sempat bersitegang sama sang Presiden. Kalau diakuisisi sih enggak sih kayaknya, karena mereka malah komitmen untuk meningkatkan bisnisnya di Pabrik mereka di Cina dan Meksiko.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s