MOBIL PRODUKSI MITSUBISHI UNJUK KELEBIHAN LIBAS GENANGAN AIR

Jakarta – Senin 3 Desember 2018, jbkderry.com mendapat kiriman email info rilis pers dari Mitsubishi Indonesia. Intinya sih tentang mobil-mobil produksi Mitsubishi yang secara umum lebih andal melibas genangan air.

Hal ini tentu penting di tengah musim penghujan seperti saat ini, karena salah satu konsekuensi yang harus dihadapi adalah genangan air di permukaan jalan yang dilalui.

Nah, inilah poin inti yang disinggung dalam info pers tersebut, karena mobil-mobil produksi Mitsubishi seperti  Pajero Sport dan sebenarnya sudah memiliki ground clearance (jarak terendah bodi ke permukaan jalan) yang cukup memadai. 

Alhasil buat pengemudi yang tidak punya pilihan selain menerobos genangan air karena terburu waktu, bantuan kelebihan spesifikasi ini akan terasa manfaatnya.

Meski demikian, pihak Mitsubishi Indonesia tetap memberikan catatan lain yaitu harus tetap mewaspadai genangan air yang dilewati mobil, dengan memperkirakan ketinggian atau kedalaman air yang akan dilalui. 

Hal ini terkait keamanan filter udara yang harus tetap aman dan tidak kemasukan air yang diakibatkan oleh gelombang atau riak air. Jika genangan airnya ternyata cukup tinggi tentu lebih baik mencari alternatif jalan yang lain.

Pasalnya, kalau filter udara terendam itu bisa menyebabkan water hammer. Water hammer itu kondisi air masuk ke ruang pembakaran dan tentunya bisa merusak mesin.

Pihak Mitsubishi Indonesia juga memberikan tips lain yaitu pastikan pengemudi melajukan mobil produksi mereka dengan kecepatan rendah dan gunakan gigi rendah pada saat menerabas banjir. Hindari juga posisi setengah kopling ataupun mengocok gas dalam genangan karena berpotensi menimbulkan gelombang atau riak air.

Jika ternyata ketinggian air melebihi batas aman dan menyebabkan mobil mogok, maka jangan pernah untuk mencoba menyalakan mesin mobil lagi. Karena dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Kemudian jika berhasil melewati genangan air tersebut, segera periksa kondisi rem apakah tetap optimal dengan metode sederhana. Jalankan kendaraan dengan kecepatan rendah, sekitar 5 km/jam, injak pedal rem berkali-kali untuk memastikan kondisinya prima.

Usai melintasi banjir bukan berarti masalah selesai, segerakan periksa kendaraan di bengkel resmi Mitsubishi Motors terdekat atau langganan.

Awrait, semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s