3 PILIHAN SKUTIK YAMAHA DI RENTANG HARGA RP 22 JUTA – RP 24 JUTA (ARTIKEL SECANGKIR KOPI)

Jakarta – Salah satu kebijakan Yamaha Indonesia yang mungkin membingungkan Anda dalam menentukan pilihan adalah pilih mana Yamaha FreeGo S (Rp 22,5 juta), Yamaha Lexi S (Rp 23 juta) atau Yamaha Aerox 155 VVA (Rp 23,55 juta), harga on the road Jakarta (7 Desember 2018).

Yup, selisih ketiga skutik tersebut hanya Rp 1,05 juta alias satu juta lima puluh ribu rupiah. Rentang perbedaan harga yang bisa dikatakan tipis, apalagi kalau dibeli konsumen secara nyicil.

Lantas bagaimana menentukan pilihan yang paling tepat? Sebagai media kelas secangkir kopi, jbkderry.com coba membantu kebingungan menentukan pilihan di antara ketiganya, semoga ada manfaatnya. Yuk, kita mulai satu…

Yamaha Aerox 155 VVA (versi standar)

Di situs resmi Yamaha Indonesia padaa saat artikel ini dibuat Jumat 7 Desember 2018, ada tiga pilihan warna yaitu stripping hitam, abu-abu dan merah.

Nah, di antara dua saudaranya beda model yang dibahas di artikel ini, versi standar atau terbawah dari Yamaha Aerox 155 VVA ini paling minim fitur. Meski demikian kapasitas mesinnya terbesar, 155cc.

Mari ulas poin kelebihan-kelebihan utama yang dimiliki Yamaha Aerox 155 VVA:

1. Smart Motor Generator: Suara mesin jadi lebih halus saat dinyalakan.

2. Kapasitas Bagasi: 25-liter di bawah jok.

3. Lampu depan dan belakang yang sporty

4. Ban paling lebar dibanding kedua saudaranya di bawah; 110/80-14 (depan) dan 140/70-14 (belakang) yang akan terasa manfaatnya saat bermanuver atau melibas tikungan.

5. Panel instrumen digital dengan fasilitas Multi Information Display.

6. Electric Power Socket: untuk pengisi daya smartphone.

7. Variable Valve Actuation: Tarikan mesin lebih bertenaga namun lebih efisien di putaran atas.

Opini jbkderry.com: Jika Anda mencari skutik gaya hidup, suka gaya sporty dan berpetualang keluar kota, dengan harga lebih terjangkau, Yamaha Aerox 155 VVA adalah sebuah pilihan tepat. Cocok buat Anda yang tingginya di atas 165 cm – 175 cm. Di atas 175 cm, kalau ada dana lebih baiknya menebus Yamaha XMax 250cc. Lebih cocok dipakai kaum adam karena desainnya yang sporty, tapi buat kaum hawa masih masuk. 

Yamaha Lexi S (Tipe Tertinggi)

Skutik dengan harga paling terjangkau di lineup MAXI Series Yamaha ini dapat dikatakan sebuah langkah kompromi atau jalan tengah, buat konsumen yang senang skutik gambot (berbodi besar dan seksi) namun masih memikirkan nilai kepraktisan.

Ada tiga warna yang bisa dipilih yaitu biru, coklat dan abu-abu dengan harga Rp 23 juta on the road Jakarta (harga di situs resmi Yamaha, 12 Desember 2018). Basis mesinnya sama Yamaha Aerox dengan kapasitas yang lebih kecil, 125cc.

Beberapa fitur yang ada di Yamaha Lexi S yang tidak ada pada Yamaha Aerox 115 VVA di atas adalah:

1. Sokbreker belakang tabung.

2. Stop & Smart System: mesin akan mati ketika motor dalam keadaan berhenti (misalnya di lampu merah) untuk menghemat bahan bakar, namun akan langsung hidup begitu handel gas dibuka.

3. Smart Key (keyless) alias waktu mau menghidupkan tidak perlu lagi memasukkan anak kunci. Jadi lebih aman juga dari upaya kemalingan.

4. Ada lampu hazard: Untuk kebutuhan emergensi misalnya motor lagi masalah di tengah jalan, dan bukan dipakai waktu jalan touring rame-rame yah.

Meski demikian, Yamaha Aerox 155 VVA selain unggul di kapasitas mesin dan ukuran ban yang lebih besar, juga punya keunggulan pada kapasitas bagasi. Yamaha Aerox 155 VVA punya kapasitas bagasi 25-liter di bawah jok, sedan Lexi hanya punya kapasitas bagasi hanya 12,8 liter (karena sebagian ruang diambil untuk posisi tangki BBM).

Opini jbkderry.com: Ya, hanya Yamaha Lexi dari lineup MAXI Series Yamaha yang punya dek depan yang raya. Intinya, Yamaha Lexi mau dibawa kondangan (baca: acara resmi), dipakai kerja, dipakai antar sekolah, hingga dipakai belanja ke pasar atau air mineral galon masih pas. Cocok buat pengemudi laki-laki maupun perempuan modern dengan tinggi 165 – 175 cm. 

Yamaha FreeGo S (Tipe Tertinggi)

Meski kapasitas mesinnya sama dengan Lexi, 125cc, namun basis mesin FreeGo diambil dari saudaranya Yamaha Soul GT. Perbedaannya dengan Soul GT adalah output torsinya lebih rendah 0,1 Nm.

Menurut pihak Yamaha Indonesia saat memperkenalkannya di IMOS 2018, FreeGo S merupakan lineup tertinggi Yamaha di bawah kasta MAXI Series. Embel-embel kata “tertinggi” itu pun dibuktikan dengan asupan fitur yang bisa disebut lebih banyak dibanding dua model MAXI Series yang dibahas di atas.

Apa saja itu? Yuk diurut di antaranya di bawah ini:

1. Posisi bukaan tangki lebih ergonomis ada bagian dek dalam sebelah kiri, jadi lebih praktis ketimbang Aerox 155 VVA yang masih harus sedikit membungkuk, apalagi dibanding Lexi yang harus buka jok.

2. Eco Indicator di panel instrumen: Sebagai panduan agar pengendara dapat lebih hemat BBM saat berkendara.

3. Anti-Lock Brake System: Sistem pengereman jadi lebih andal, aman dan nyaman.

Di samping itu, FreeGo juga memiliki nilai-nilai kelebihan yang ada pada Aerox 155 VVA yaitu kapasitas bagasi yang luas 25-liter. Juga memiliki kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Lexi S yaitu Stop & Smart System, Keyless, serta Electric Power Socket (buat isi daya smartphone).

Opini jbkderry.com: Buat konsumen yang ingin naik kelas dari segmen pemula (baca: Yamaha Mio Series), bisa memilih FreeGo. Selain desainnya yang lebih berkelas dan lebih enak dikendarai, seperti disebutkan di atas fitur-fiturnya bahkan lebih banyak ketimbang dua saudaranya di atas dan bisa didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau. Cocok untuk pengendara skutik yang tingginya 155 – 165 cm. 

Awrait, guys, demikian artikel ringan khas secangkir kopi jbkderry.com kali ini. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

One Reply to “3 PILIHAN SKUTIK YAMAHA DI RENTANG HARGA RP 22 JUTA – RP 24 JUTA (ARTIKEL SECANGKIR KOPI)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s