VOLVO V60, MEMORI TENTANG KURT COBAIN DAN ALIRAN GRUNGE YANG ABADI

Sumber foto: Volvo

Jakarta – Rabu 5 Desember 2018, jbkderry.com dapat email news release dari kota Leuven di Belgia. Tepatnya dari Euro NCAP, karena memang langganan news release-nya.

Salah satu isinya tentang Vovo V60 yang mendapat rating keamanan tertinggi, 5-Bintang. Dan ya, setiap mendengar nama kendaraan Volvo yang berhasil meraih rating keamanan tertinggi dari Euro NCAP, ingatan jbkderry.com langsung terbayang sosok Kurt Cobain dengan sedan Volvo 244 tahun buatan tahun 1986, serta station wagon Volvo A 240.

Informasi mengenai kedua model kendaraan dari Volvo itu pun menjadi semacam bahan diskusi a la warung kopi di antara penggemar Kurt Cobain, band-nya Nirvana, dan para penggemar aliran musik grunge di dunia. Sekadar menambah bahan diskusi secangkir kopi soal aliran grunge, gaya berbusana para personal Nirvana yang berkesan kasual pun menjadi ilham berbusana anak-anak muda di era 1990an (termasuk founder jbkderry.com).

Salah satu bahan gosip soal kenapa Kurt Cobain memilih kendaraan Volvo adalah seperti paradigma umum di kalangan penggemar brand mobil asal Swedia itu sebagai “The safest car in the world” alias mobil teraman di dunia. 

Tentang Volvo V60 (MY 2019)

Station Wagon yang baru saja dianugerahi rating keselamatan 5-Bintang dari Euro NCAP ini merupakan generasi kedua yang telah dirilis pada Februari 2018 lalu.

Mobil berdesain station wagon 5-pintu ini dilengkapi pilihan sistem penggerak roda depan dengan mesin bensin bertenaga 250-hp, sistem penggerak 4-roada (all-wheel drive) bermesin bensin bertenaga 316-hp. Dan khusus untuk pasar di Eropa ada dua pilihan mesin diesel dan dua dengan powertrain plug-in hybrid.

Euro NCAP sendiri memberikan rating persentasi yang tinggi pada 4 kriteria pengujian yang ditetapkan. Untuk proteksi pada penumpang dewasa diberikan skor 96%, proteksi penumpang anak-anak 84%, proteksi pejalan kaki 74%, dan fitur pendukung keselamatan 76%.

Beberapa fitur pendukung keselamatan yang ada pada Volvo V60 di antaranya sistem pengereman otomatis dan sistem pendeteksi yang membantu pengemudi dalam menghindari potensi kecelakaan. Kedua fitur ini disebut mampu mendeteksi potensi insiden dengan pejalan kaki, pesepeda, dan bahkan hewan sekalipun.

Station Wagon yang diproduksi di Swedia ini juga kabarnya dilengkapi dengan sistem semi-otomatis Pilot Assist, yang mampu memberikan bantuan dalam menyetir, berakselerasi dan pengereman hingga pada kecepatan 128 km/jam. (Wah, kalau soal fitur ini kayaknya gak bakal bagus kalau di Indonesia, guys. Bayangin aja dengan semakin banyak kelakuan emak-emak yang sein ke kiri belok ke kanan, atau bocah-bocah alay di bawah umur yang sudah dikasih kendaraan sama orang tuanya yang super ceroboh. Setuju, gak?)

Lalu ada pula fitur standar keselamatan seperti lane departure warning dan blind spot monitoring.

Selain punya standar keamanan 5-Bintang dari Euro NCAP, Volvo V60 generasi kedua ini disebut-sebut lebih besar ketimbang generasi pertama yang diperkenalkan pada tahun 2010. Hal ini di antaranya ditandai dengan ukuran jarak antar sumbu roda (wheelbase) yang memanjang 10 cm. Hal ini tentunya berimbas pada ruang kaki di kabin belakang serta bagasi yang lebih lapang.

Artikel lamunan jbkderry.com tentang station wagon yang super keren ini tiba-tiba terpotong. Ya, beberapa hari sebelum artikel khas secangkir kopi ini dibuat, jbkderry.com sempat melihat beberapa pendapat warga jagat maya yang selalu serba tahu.

Intinya mereka bertanya dan mendebat tentang apa sih relevansi tingkat keamanan dan keselamatan maksimum pada kendaraan (sekelas Volvo V60) dengan insiden di jalan raya.

Pada pandangan seperti ini tentu sulit mendebatnya, jauh lebih sulit ketimbang menebak mana duluan telur atau ayam. Mungkin tingkat kesulitannya setara dengan berapa jumlah daya tampung Monas yang sebenarnya; 8 juta, 11 juta atau 13,5 juta?

Buat jbkderry.com kalau bisa punya Volvo V60, mending langsung bergegas piknik membelah jalan sepanjang jalur Jawa hingga ke Nusa Tenggara sana, sambil lihat komodo-komodo yang tengah menikmati hidup. Yup, kabarnya, liburan ke Pulau Komodo akan semakin mahal.

Wah, kalau soal yang terakhir ini, jbkderry.com tetiba ikutan sedih, soalnya belum pernah ke sana, gan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s