FIAT PANDA 2018 GAGAL DAPATKAN SATU BINTANG PUN DARI EURO NCAP

Mancanegara (Eropa) – Dalam info pers teranyar yang dirilis Euro NCAP di tanggal 5 Desember 2018, ada kabar kejutan yang kurang enak dari Fiat Panda 2018 yang gagal mendapatkan satu bintang pun dalam melalui tahap ujian keamanan dan keselamatan yang ditetapkan.

Informasi ini sengaja jbkderry.com ulas disertai informasi video resmi (lihat di akhir artikel) dari Euro NCAP, saat city car dari brand asal Italia melalui tes uji benturan yang ditetapkan. Mudah-mudahan melalui informasi ini bisa menambah wawasan Anda mengenai pentingnya fitur keselamatan pada kendaraan yang digunakan selama berada di jalan raya.

Hasil ini juga mengingatkan pada hasil yang diterima pada model kendaraan lain dari Fiat, yaitu Punto yang juga gagal mendulang satu bintang pun pada saat melalui tes uji di Euro NCAP pada tahun 2017 lalu.

Sebenarnya tidak hanya Fiat Panda 2018 yang meraih hasil buruk dalam pengujian teranyar Euro NCAP, karena Jeep Wrangler 2018 juga hanya berhasil meraih satu bintang saat melalui tahapan pengujian yang ditetapkan. 

“Sebuah hal yang tentu mengecewakan melihat mobil baru yang dipasarkan pada tahun 2018 ini tanpa dilengkapi dengan sistem pengereman otomatis dan pengingat lajur jalan (lane assistance),” kata Michiel van Ratingen, Sekretaris Jenderal dari Euro NCAP.

Dari empat kriteria yang ditetapkan, Fiat Panda 2018 hanya berhasil meraih persentasi nilai 45% untuk proteksi penumpang dewasa, 16% untuk proteksi penumpang anak-anak, 47% untuk proteksi pejalan kaki, dan paling parah fitur pendukung keselamatan cuma 7%.

Sebagian dari Anda yang membaca artikel ini mungkin beranggapan, “Ah, mobil ini kan tidak dijual di sini, buat apa diulas?!”

Yup, tujuan artikel ini memang bukan pada semata mobil kota dari Fiat ini semata, tapi nilai pelajaran jika berkendara di luar sana (baca; jalan raya) tanpa fitur keselamatan yang memadai pada mobil Anda, itu sama saja dengan membuka kans untuk cidera yang lebih besar jika terjadi insiden yang tidak diinginkan.

Awrait, demikian sementara artikel ringan khas secangkir kopi dari jbkderry.com di hari Minggu sore ini, semoga ada manfaatnya. Terima kasih telah menyempatkan mampir, dan jangan lupa lihat video pengujian Fiat Panda 2018 di bawah ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s