TATA NEXON MOBIL INDIA PERTAMA DENGAN RATING KESELAMATAN 5-BINTANG DARI GLOBAL NCAP

Mancanegara – Soal kepedulian masalah rating keselamatan dan keamanan pada kendaraan pun kini merambah lebih luas. Adalah Tata Motors, pabrikan mobil asal India yang membuktikan hal tersebut melalui produk SUVnya bernama Nexon yang menjadi mobil pertama produksi India yang berhasil meraih rating 5-Bintang (rating tertinggi) dari Global NCAP yang bermarkas di Inggris.

Tata Nexon berhasil meraih skor tinggi 16,06 (dari skala 17,00) untuk proteksi penumpang dewasa, baik pada saat tes benturan dari depan maupun samping kendaraan. Sementara untuk proteksi pada penumpang anak-anak, Tata Nexon berhasil meraih rating 3-Bintang.

Buat kalangan pecinta otomotif dunia, hal ini tentu merupakan kabar menggembirakan, mengingat kini pabrikan asal India dapat melakukan rekayasa teknikal dan produksi kendaraan dengan standar rating keamanan 5-Bintang berskala global.

Penghargaan bernilai prestise tinggi buat Tata Motors diumumkan pihak Global NCAP pada Jumat 7 Desember 2018. 

“Para pembeli mobil India memang telah menetapkan standar keamanan sebagai salah satu parameter utama dalam pembelian. Dan melalui hasil pengujian dengan ranking tertinggi dari Global NCAP untuk Nexon, sekaligus menjadi bukti sahih keseriusan kami dalam menempatkan faktor keselamatan sebagai salah satu prioritas terpenting dalam pengembangan kendaraan di Tata Motors,” kata Mayank Pakeek selaku Presiden – PVBU dari Tata Motors.

“Penghargaan ini semakin memotivasi kami untuk terus mengembangkan faktor keselamatan secara berkelanjutan pada mobil kami, sekaligus menjadi bentuk apresiasi kepada para pakar teknikal di Tata Motors yang bekerja tanpa putus. Kami memang percaya kegigihan dalam memproduksi mobil yang lebih baik menjadi kunci dalam menciptakan mobil yang lebih aman di masa depan,” kata Rajendra Petkar, Chief Technology Officer di Tata Motors Limited.

Beberapa fitur keselamatan dan keamanan yang ada pada Tata Nexon di antaranya:

– Konstruksi rangka baja berkekuatan tinggi dengan struktur yang dapat menyerap benturan, sehingga dapat memberikan proteksi maksimal pada ruang kompartemen penumpang.

– Untuk pengemudi dan penumpang telah dilengkapi di antaranya dengan dual-frontal airbags dan seatbelts dengan pre-tensioner.

– Nexon juga telah dilengkapi dengan fitur keamanan ABS dengan EBD, serta kontrol stabilitas di tikungan sebagai standar.

Wuih, selamat buat Tata Motors. Semoga rating mobil-mobil produksi selanjutnya semakin yahud tingkat keamanan dan keamanannya.

Berikut di bawah ini video pada saat Tata Nexon melalui serangkaian tes uji keselamatan di Global NCAP:

One Reply to “TATA NEXON MOBIL INDIA PERTAMA DENGAN RATING KESELAMATAN 5-BINTANG DARI GLOBAL NCAP”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s