TOYOTA INDONESIA GELAR ACARA TUTUP TAHUN 2018 BERTEMA “MULAILAH YANG TIDAK MUNGKIN” BERSAMA JURNALIS

(Kiri ke Kanan): Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata selaku President Director PT TAM, Bob Azam selaku Director PT TAM, dan Keijiro Inada Director PT  berfoto bersama Ni Nengah Widiasih (Tengah) sebagai salah satu Hero untuk Project Start Your Impossible di Indonesia. 

Jakarta – Selasa 11 Desember 2018 di The Terrace Restaurant – Jakarta, Toyota Indonesia menggelar kegiatan “Toyota Indonesia Year End Media Gathering” bersama para jurnalis undangan dengan mengusung tema “Start Your Impossible“, atau kalau di-Bahasa Indonesia-kan artinya kira-kira “Mulailah yang tidak mungkin”.

Tema ini sebenarnya adalah inisiasi baru Toyota yang menandai transformasi pabrikan otomotif asal Jepang itu dari perusahaan kendaraan menjadi perusahaan mobilitas.

“Melalui “Start Your Impossible“, Toyota telah berkomitmen untuk mewujudkan nilai mobilitas untuk seluruh lapisan (Mobility for All). Nilai ini diintegrasikan dalam berbagai hal di antaranya pada inovasi dan teknologi Toyota, aktivitas kontribusi sosial (CSR), dan melalui keikutsertaan sebagai Official Partner di ajang Olympic Games dan Paralympic Games Tokyo 2020,” kata Yoshihiro Nakata, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor.

Lebih jauh Nakata-San menjelaskan jika kampanye “Start Your Impossible” juga mengandung semangat dan komitmen Toyota untuk dapat menciptakan kendaraan yang senantiasa memiliki nilai lebih untuk masyarakat.

 Start Your Impossible – Hero Project Indonesia (Semuanya Bisa!)

Perayaan 15 tahun Toyota Avanza di Indonesia.

Aktivitas acara tutup tahun 2018 dari Toyota Indonesia bersama jurnalis ini juga makin terasa istimewa dengan perkenalan program Hero Project di bidang kontribusi sosial dengan menggandeng dua sosok atlet kebanggaan Indonesia yang sangat menginspirasi yaitu Markus Gideon dan Ni Nengah Widiasih.

Hero Project merupakan program Toyota di kawasan Asia Pacific merupakan bagian dari upaya sosialisasi semangat “Start Your Impossible“, serta terkait pelaksanaan ajang Olympic Games and Paralympic Games Tokyo 2020.

Markus Gideon dan Ni Nengah Widiasih terpilih mewakili Indonesia bersama 10 atlet lainnya yang berasal dari Singapura, Thailand, India, Pakistan, Vietnam, Filipina, dan Malaysia.

Melalui program Hero Project yang memiliki 4 pilar (environment, education, safety driving, dan community development), Toyota Indonesia bertujuan untuk menginspirasi masyarakat, khususnya generasi muda, untuk tidak pernah menyerah dalam menghadapi rintangan karena tidak ada yang tidak mungkin dalam kehidupan.

Sekadar menyegarkan ingatan, jika Marcus Gideon merupakan juara ganda putra Badminton World Federation (BWF) dan peraih medali emas Asian Games 2018, serta Ni Nengah Widiasih yang merupakan atlit angkat besi peraih medali perunggu di ajang Rio 2016 Paralympics.

Ni Nengah terpilih sebagai “Hero” di bidang Kid’s Empowerment, untuk akses yang lebih luas bagi anak-anak karena sebagian besar anak-anak di daerah terpencil tidak mempunyai impian besar. Mereka kekurangan inspirasi karena masih terbatasnya akses terhadap informasi. Sehingga, impian mereka pun terbatas pada hal-hal yang biasa mereka lihat di lingkungan sekitarnya atau kehidupan sehari-harinya.

Dengan semangat Start Your Impossible dan pengalaman yang dimiliki Ni Nengah diharapkan dapat menginspirasi anak-anak tersebut dengan impian dan kisah sukses, sehingga mereka mempunyai kepercayaan diri dan mindset yang positif, di mana mereka dapat menantang atau melawan keterbatasannya untuk mencapai cita-cita yang lebih besar.

Sementara Marcus Gidoen terpilih sebagai “Hero” di bidang keselamatan berkendara (Safety Driving), karena kedisiplinannya yang layak diteladani.  Marcus pernah menghadapi rintangan yang berat dalam hidupnya. Namun, dia tidak menyerah/berputus asa dan tetap disiplin dalam menggapai impiannya.

“Nilai-nilai kedisiplinan yang dimiliki Marcus tersebut, dinilai selaras dengan driving beharior (kebiasaan berkendara), karena selama kita menanamkan kedisiplinan di jalan raya, maka kita dapat menghindari kecelakaan lalu lintas,” kata Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM).

Sosok Markus Gideon dan Ni Nengah Widiasih disebut dapat menjadi sosok yang menginspirasi masyarakat Indonesia untuk senantiasa dapat menggunakan kemampuan dirinya untuk membuat hal-hal yang lebih baik, baik untuk diri sendiri maupun untuk lingkungan di sekitarnya.

“Dalam hidup kita tidak boleh berhenti bermimpi dan tidak boleh putus asa untuk mewujudkannya. Tidak boleh takut gagal dan harus bisa selalu bangkit dari kegagalan jika terjadi. Intinya setiap orang dapat menantang dirinya sendiri dari sesuatu yang tidak mungkin (impossible) menjadi mungkin (possible),” kata Ni Nengah Widiasih.

Upaya Toyota Menyikapi Perubahan Signifikan di Industri Otomotif

Yoshihiro Nakata President Director PT TAM menyajikan Kopi kepada para media sebagai bentuk gerakan Start Your Impossible

Pihak Toyota Indonesia menyebut jika kampanye “Start Your Impossible” juga merupakan bagian sikap global Toyota dalam menghadapi perubahan signifikan di industri otomotif dalam 10 tahun terakhir.

“Tantangan persaingan saat ini di kalangan pelaku industri otomotif bukan lagi soal kemampuan membuat mobil, tetapi lebih jauh lagi dalam menciptakan teknologi di antaranya melalui pengembangan mobil otomatis, sistem penggerak alternatif, layanan mobilitas dan human robot,” kata Nakata-San.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan harus keluar dari konsep kendaraan konvensional,  menciptakan bentuk mobilitas baru, untuk mengatasi keterbatasan hari ini dan mencari solusi untuk masalah hari esok,” pungkas orang nomor satu di PT Toyota Astra Motor tersebut.

Selebrasi Sederhana 15 Tahun Toyota Avanza & Kejutan dari Petinggi Toyota Indonesia

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto menyajikan kopi kepada media.

Kegiatan hari itu juga ditandai dengan selebrasi sederhana tiup lilin dan potong kue perayaan 15 tahun Toyota Avanza di Indonesia. Kendaraan low MPV dari Toyota itu tentu memiliki nilai istimewa karena menjadi kendaraan terlaris di segmennya, meski mendapat tekanan cukup hebat dari para pesaing.

Kabarnya tahun depan tepatnya di bulan Januari 2019 akan diperkenalkan versi terbaru yang mengalami perubahan signifikan pada desain eksteriornya. Hal ini tentu tidak terlepas dari persaingan yang makin sengit di segmen ini, termasuk dari dua pesaing baru Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.

Kejutan lain di hari itu adalah aksi dua petinggi PT TAM, yaitu Yoshihiro Nakata (Presiden Direktur) dan Henry Tanoto (Wakil Presiden Direktur) yang tidak sungkan menggunakan apron (celemek) bertuliskan “Start Your Impossible” dan berkeliling ke meja-meja jurnalis untuk memberikan masing-masing segelas plastik kopi dingin spesial yang enak rasanya.

“Kami berterima kasih kepada rekan-rekan jurnalis yang telah memberikan kontribusi penting dalam memberitakan hal-hal yang terkait Toyota di Indonesia kepada masyarakat,” kata Nakata-San.

Wah,  patut diteladani nih sikap petinggi Toyota Indonesia pada jurnalis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s