SEBASTIEN LOEB JUARA DUNIA WRC 9 KALI DIKONTRAK 2 TAHUN UNTUK PACU HYUNDAI i20 WRC

2017 FIA World Rally Championship
Round 12, Wales Rally GB
26 – 29 October 2017
Dani Sordo
Photographer: Sarah Vessely
Worldwide copyright: Hyundai Motorsport GmbH

Mancanegara – Sebuah kejutan diumumkan oleh Hyundai Motorsport yang bermarkas di Alzenau – Jerman pada Kamis 13 Desember 2018, dengan mengumumkan tergabungnya juara dunia WRC sembilan kali Sebastien Loeb yang dikontrak selama dua tahun (2019 – 2020).

Keputusan ini sekaligus menegaskan harapan besar Hyundai Motorsport untuk menjadi juara dunia WRC pada tahun 2019 mendatang, setelah pada tiga tahun terakhir (2016 – 2018) mentok di posisi runner-up atau kedua di klasemen akhir.

Sebastien Loeb memang tidak mudah lagi usianya sudah 44 tahun, namun bekal pengalaman juara dunia WRC sembilan kali di rentang tahun 2001 – 2012 tentu menjadi modal yang sangat berharga untuk menahan laju Sebastien Ogier (juara dunia WRC 2013 – 2018) di bawah bendera M-Sport Ford WRT dan juga Ott Tanak yang tengah bersinar di bawah bendera Toyota Gazoo Racing dengan 4 kemenangan seri pada tahun 2018 ini.

Sebastien Loeb yang berpasangan dengan co-driver Daniel Elena akan turun memacu Hyundai i20 WRC di FIA World Rally Championship (WRC) 2019 sebanyak enam kali. 

Meski tidak lagi berusia muda, kemampuan Sebastien Loeb belum habis untuk bertarung meraih posisi terdepan. Hal ini yang dibuktikan dengan berhasil meraih sekali juara seri di tahun 2018 ini. Memacu Citroen C3 WRC, Loeb berhasil menjadi kampiun pada seri ke-12 di Spanyol, 25 – 28 Oktober lalu.

Debut Loeb dengan co-driver Daniel Elena akan turun dengan Hyundai i20 WRC akan dimulai di Rallye Monte-Carlo di bulan Januari 2019 mendatang.

Selain Loeb, Hyundai Motorsport memperpanjang kontrak pereli asal Spanyol, Dani Sordo. Ini berarti menandai enam tahun kebersamaan Dani Sordo dengan Hyundai Motorsport yang kembali ke ajang kejuaraan reli dunia itu pada tahun 2014 lalu.

Dani Sordo dengan co-driver Carlos del Barrio dipercaya untuk membalap dengan bendera Hyundai Motorsport di tahun 2019 mendatang sebanyak delapan kali.

Prestasi Dani Sordo di Hyundai Motorsport sejak tahun 2018 bisa dibilang tidak terlalu luar biasa. Ia dapat disebut kalah pencapaian dari rekan setimnya Thierry Neuvile yang sukses menjadi runner-up di klasemen pereli selama 3 tahun terakhir (2016 – 2018). Di tahun 2018 ini Dani Sordo hanya berhasil naik dua kali podium, yaitu posisi kedua di Meksiko dan ketiga di Argentina.

Dani Sordo dipercaya untuk membalap dengan Hyundai i20 WRC pada musim depan mulai pada seri Rally Mexico pada bulan Maret 2019. Oh iya Loeb dan Sordo punya cerita tersendiri, karena mereka adalah rekan setim di bawah bendera Citroen Total WRT pada periode tahun 2007 – 2010.

Hyundai Motorsport di tahun 2019 juga akan mengandalkan performa Thierry Neuville dan Andreas Mikkelsen. Sementara untuk pereli asal Selandia Baru, Hayden Paddon, tim Hyundai Motorsport masih melakukan proses komunikasi untuk kans kerjasama di tahun depan.

“Saya sangat senang bisa membela Hyundai Motorsport di tahun 2019 mendatang. Kemenangan di Rally de Espana tahun ini juga semakin memotivasi saya untuk bertarung di depan pada kejuaraan WRC. Terlebih Hyundai Motorsport telah menunjukkan kegigihannya untuk bertarung untuk titel gelar juara dunia pada tahun 2018 ini. Ini sekaligus membuktikan jika Hyundai i20 WRC adalah mobil pemenang. Tim pun masih optimis, performa kami akan terus berkembang di tahun 2019. Senang juga bisa menjadi rekan setim dari Thierry, Andreas dan Dani,” kata Sebastien Loeb.

Bagaimana menurutmu komposisi pereli Hyundai Motorsport di kejuaraan WRC tahun 2019 mendatang, guys? Silakan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s