PILIH MANA; YAMAHA LEXI S ABS ATAU YAMAHA NMAX STANDAR (PANDUAN MEMBELI A LA SECANGKIR KOPI)

Jakarta – Sabtu pagi 15 Desember 2018, redaksi a la secangkir kopi jbkderry.com dapat kiriman email soal varian terbaru Yamaha Lexi tipe S dengan dukungan aplikasi rem ABS.

Harganya Rp 25,8 juta on the road Jakarta, alias lebih mahal Rp 2,8 juta ketimbang Yamaha Lexi S (non-ABS, Rp 23 juta on the road Jakarta). Fitur ABS bermanfaat untuk mencegah roda terkunci jika terjadi pengereman tiba-tiba.

Kalau redaksi a la secangkir kopi jbkderry.com telan mentah-mentah rilis persnya nanti sama saja dengan media dan blog otomotif berskala raksasa. Jadi seperti biasa, ulasannya harus beda walaupun mungkin rada nyeleneh seperti biasa.

Dengan harga Rp 25,8 juta, itu berarti tipe tertinggi Yamaha Lexi S tipe rem ABS hanya beda Rp 1,1 juta ketimbang Yamaha NMax standar yang dibanderol Rp 26,9 juta on the road Jakarta.

Oh iya, data harga di atas diambil dari situs resmi Yamaha Indonesia per tanggal 15 Desember 2018 pukul 14:57 WIB, jadi kalau ada perubahan harga sewaktu-waktu bukan salah redaksi secangkir kopi jbkderry.com yah, guys…

Kembali ke soal selisih harga yang cuma Rp 1,1 juta, apalagi kalau belinya nyicil, wah, jadi tipis banget pasti perbedaan angsurannya.

Nah, soal range harga yang mirip-mirip di produksi skutik Yamaha saat ini jujur juga cukup membingungkan jbkderry.com, bahkan kalau mau nambah Rp 1,65 juta sudah bisa dapat versi tertinggi Yamaha Aerox 155 VVA tipe S-Version.

Buat menjawab kebingungan itu, yuk, kita ulik sama-sama, dan silakan tambahkan di kolom komentar di bawah jika punya pendapat berbeda atau tambahan info.

Artikel receh kali ini (sesuai judul) lebih fokus ke pilihan Yamaha Lexi S-ABS atau Yamaha NMax standar? 

Yamaha Lexi S-ABS

jbkderry.com sudah pernah mengulas di artikel 3 PILIHAN SKUTIK YAMAHA DI RENTANG HARGA RP 22 JUTA – RP 24 JUTA (ARTIKEL SECANGKIR KOPI), soal Yamaha Lexi.

Intinya ini adalah satu-satunya lineup dari keluarga MAXI Series Yamaha yang punya dek depan yang raya.

Buat yang minat beli, menurut jbkderry.com, Yamaha Lexi lebih fleksibel peruntukannya ketimbang Yamaha NMax yang punya tulang tengah di dek depan.

Buat dipakai ke kondangan, dipakai kerja, dipakai antar sekolah, hingga dipakai belanja ke pasar atau air mineral galon masih pas.

Dan buat postur yang cocok (baik perempuan maupun pengemudi laki-laki) idealnya dengan tinggi antara 165 – 175 cm. Kalau lebih pendek dari 165 cm bakal cukup repot pas cucuk di jok, karena posisinya yang tinggi. Simak saja melalui vlog sederhana di kanal YouTube Derry Journey, saat mbak Candy yang merupakan bagian staf PR dari Yamaha Indonesia dengan tinggi 162 cm masih cukup kerepotan saat menunggangi Yamaha Lexi:

Yamaha Lexi juga cocok buat peminat skutik MAXI Series yang tidak terlalu mengutamakan kapasitas mesin gede (kapasitas mesinnya 125cc, tapi sudah dilengkapi dengan teknologi BlueCore dan Variable Valve Actuation).

Selain itu, dengan kapasitas mesin 125cc hitungan pajak tahunannya tentu lebih murah ketimbang Yamaha NMAx yang kapasitas mesinnya 155cc.

Beberapa fitur andalan di Yamaha Lexi S-ABS (selain rem ABS tentunya) adalah; sokbreker belakang tabung, Stop & Smart System (mesin akan mati ketika motor dalam keadaan berhenti (misalnya di lampu merah) untuk menghemat bahan bakar, namun akan langsung hidup begitu handel gas dibuka.), Smart Key (jadi waktu mau menghidupkan tidak perlu lagi memasukkan anak kunci. Jadi lebih aman juga dari upaya kemalingan), lampu hazard (untuk kebutuhan emergensi misalnya motor lagi masalah di tengah jalan, dan bukan dipakai waktu jalan touring rame-rame yah).

Menurut jbkderry.com, Yamaha Lexi lebih cocok untuk pemakaian dalam kota atau rute antar kota jarak pendek. Asumsi ini didasari pada pengalaman riding position dan bagasinya yang hanya 12,8 liter (bandingkan dengan Yamaha NMax yang mencapai 23-liter). Simak vlog sederhana di bawah ini, kala kanal YouTube Derry Journey mengetes Yamaha Lexi ke Puncak pada bulan Juni 2018 lalu:

Yamaha NMax 155 (Standar)

Secara jumlah fitur, Yamaha NMax 155 harus mengakui keunggulan adiknya di atas. Yamaha NMax 155 tipe standar belum dilengkapi rem ABS, Stop & Smart System, Smart Key, socket Electric Power Charger, lampu Hazard dan Smart Motor Generator.

Meski demikian Yamaha NMax tipe standar sudah menggunakan rem cakram depan dan belakang, sementara Lexi S-ABS masih menggunakan sistem tromol di belakang.

Keunggulan lain dari Yamaha NMax yang sudah sangat dikenal adalah posisi duduk pengemudi yang bisa riding sambil posisi kaki lurus selonjoran. Jadi lebih relaks sepanjang perjalanan.

Berbeda dengan Lexi yang seyogyanya dipakai buat kebutuhan dalam kota, Yamaha NMax lebih pas dipakai untuk perjalanan touring akap (antar kota antar provinsi) dengan dukungan desainnya.

Oh iya, jbderry.com juga obrolan dengan pak Abidin (GM Motorsport dan After Sales Yamaha Indonesia) waktu sesi test riding R25 baru dan FreeGo di Sirkuit Sentul pada awal November 2018. Waktu itu seingat jbkderry.com, pak Abidin bilang, “Konsumen Yamaha NMax yang paling solid dan loyal. Contohnya kalau datang ke showroom Yamaha, kalau niatnya sudah beli NMax maka tidak akan goyang dan rela menunggu jika produk pesanannya belum ada lagi. Ini berbeda dengan konsumen Lexi atau Aerox yang masih bisa dialihkan produk MAXI Series yang lain.”

Soal kualitas, Yamaha NMax juga tidak perlu diragukan. Pasalnya ini adalah skutik produksi di Indonesia yang paling laris di pasar ekspor, termasuk ke pasar Eropa di 17 negara di antaranya Perancis, Spanyol, Belanda dan Rusia. Bahkan beberapa kali kita dapat melihat Yamaha NMax jadi tunggangan para petugas sirkuit buat bonceng para pembalap MotoGP.

Awrait, itu saja dulu sementara, guys. Semoga artikel ringan khas secangkir kopi ini ada manfaatnya buat kalian. Terima kasih telah menyempatkan waktu mampir di jbkderry.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s