MACET JELANG LIBURAN NATAL 2018 DAN TAHUN BARU 2019 SUDAH DIMULAI

Jakarta – Senin siang 17 Desember 2018, founder jbkderry.com bersama Darth Vader rencananya mau ke Cimory Mountain View di Puncak, namun rencananya langsung batal di pertigaan Gadog antrian kemacetan kendaraan roda empat sudah nampak mulai kusut.

“Mungkin orang-orang yang kerja kantoran pada menghabiskan jatah cuti, ataupun yang berwiraswasta pun sudah mulai lenggang dari kesibukan,” kata bu Anti, Mamanya Vina dan Byan.

Alhasil setir kemudi Darth Vader diatur balik kanan tepat di depan Masjid Haraqatul Jannah dan masuk menuju kawasan Tajur, Bogor.

Nah, mumpung suasananya sudah semangat liburan dan mau buat artikel otomotif rasanya isunya lagi adem (kecuali kabar soal tradisi diskon besar di akhir tahun buat habisin stok VIN lama), yah, diangkatlah soal kemacetan yang nampak mulai terjadi bahkan sejak minggu kedua Desember 2018. 

“Temanku Lusi berangkat dari Depok setengah tujuh pagi sampai di Ciamis sore pas Jumat kemarin (14/12), katanya macet banget. Seorang teman lagi Yuyu akhirnya pilih mundur jadwal mudik ke kampung suaminya jadi Senin hari ini (17/12),” kaya bu Yonna.

Kejadian macet di pertigaan Gagog tadi siang mengingatkan founder jbkderry.com pada aktivitas beberapa kenalan di sosial media Instagram yang sudah pada berangkat liburan; ada yang ke luar negeri, ada yang ke Bandung naik kereta sama keluarganya, ada yang baru naik kereta dari Stasiun Gambir, ada yang lagi menikmati kawasan wisata alam di Sulawesi Selatan, ada yang lagi menikmati liburan wisata bawah air, dan beberapa aktivitas liburan lain.

Iseng pada saat artikel ini ditulis, founder jbkderry.com buka tagar atau hashtag #liburan2018 di Instagram dan jumlahnya lumayan sudah di atas 8.000an posting, dan beberapa tagar lainnya soal liburan juga sudah ada yang tembus di angka ribuan posting.

Di Twitter, kabar terbaru dengan kata kunci “macet” pun cukup intens ter-update.

Pun demikian dengan info traffic di Google Maps yang menunjukkan jika arah ke luar kota Jakarta yang melintasi JORR dan Cikampek di beberapa titik berwarna merah tua alias macet akut. Demikian pula dengan arah ke kawasan wisata Puncak Bogor, banyak titik jalan digambarkan berwarna merah tua.

Hmm, realitas di pertigaan Gadog dan juga realitas di jagat maya (baca: Intagram, Twitter dan  Google Maps) menunjukkan jika warga Jabodetabek lagi banyak lagi yang menjalankan tradisi liburan yang gagal, alias setelah biasanya stress dengan kerjaan kini stress dengan kemacetan akut di jalan raya.

Jika diutak-atik, momen liburan kali ini memang terhitung longgar buat anggota keluarga, mulai dari perayaan Natal (buat yang merayakan), liburan akhir tahun, habisin jatah cuti, dan liburan anak sekolah.

Buat yang berharap bisa tetap liburan ke luar kota Jakarta sih memang ada baiknya tidak menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum berbasis bus. Jika punya duit lebih bisa menggunakan pesawat atau minimal kereta api eksekutif.

Tapi yang sudah terlanjur jalan dengan mobil pribadi, ada baiknya jangan memaksakan jalan terus jika tingkat kemacetan yang dihadapi makin makan waktu dan kondisi makin kusut. Meski solusi istirahat di rest area di musim liburan seperti ini biasanya juga tidak mudah, karena biasanya juga sangat penuh.

Untuk mengetahui kondisi lalu lintas terkini di depan kendaraan Anda, bisa meminta bantuan penumpang kendaraan lain yang tidak sedang mengemudi untuk rajin memantau informasi di jagat maya seperti Google Maps (atau Waze), Twitter, dan juga Instagram.

Tetaplah berhati-hati sepanjang jalan, guys. Selamat berlibur, tetap prioritaskan faktor keselamatan yang utama, sebelum nanti kembali dengan rutinitas kerjaan dan sekolah yang padat di awal tahun 2019.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s