BUTUH 40 TAHUN AGAR TOL TERPANJANG DI INDONESIA BISA RAMPUNG

Jakarta – Kamis 20 Desember 2018 menjadi sejarah baru di Indonesia dalam perkembangan infrastruktur, khususnya di Pulau Jawa.

Ya, berdasarkan informasi di pak Presiden Joko Widodo di akun Facebook-nya, pembangunan tol untuk menyambungkan jalan dari Merak hingga Pasuruan sepanjang 933 kilometer telah dimulai sejak tahun 1978 (baca: 40 tahun lalu).

Pada periode tahun 1978 hingga tahun 2004 (baca: 26 tahun) dibangun sejauh 242 kilometer. Periode itu setara dengan lima kali kepemimpinan Presiden Indonesia yang berbeda, mulai dari zaman pak Harto, pak Habibie, Gus Dur, ibu Mega, dan pak SBY.

Lalu khusus di era kepemimpinan SBY periode tahun 2005-2014 (baca: 9 tahun) dibangun lagi sepanjang 75 km. 

Sumber foto: Istimewa

Dan di era Presiden Joko Widodo, hanya dalam kurun waktu empat tahun (baca: 2015 – 2018) telah dibangun jalan tol sepanjang 616 kilometer di rute tersebut.  Dan jika tidak ada aral melintang, ruas lanjutan antara Pasuruan – Banyuwangi sepanjang 217 kilometer direncanakan tuntas pada tahun 2021.

Di hari itu, Kamis (20/12), Presiden Joko Widodo meresmikan empat ruas jalan tol Trans Jawa seksi Jawa Timur dari kilometer 671 di Jombang, Jawa Timur. Dengan demikian, sejak hari ini, jalan tol Jakarta-Surabaya sudah tersambung dan bisa dilalui kendaraan.

Jalan tol ini hanya bagian dari Trans Jawa yang terentang dari Merak di ujung barat hingga Banyuwangi di ujung timur Pulau Jawa sepanjang 1.150 kilometer. Saat ini, jalan dari Merak hingga Pasuruan sepanjang 933 kilometer telah tersambung.

“Rampungnya jalan tol ini diharapkan memiliki efek terhadap perekonomian, terutama untuk kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus,” kata Presiden Joko Widodo.

Melalui peresmiaan ini pula menandai jika kota Jakarta sampai Surabaya akhirnya tersambung juga dengan jalan tol yang panjangnya 760 kilometer. Dari berbagai sumber, tarifnya sekitar Rp 600 ribu untuk kendaraan Golongan 1. 

“Masyarakat kini punya pilihan, mau lewat tol Trans Jawa silakan, mau lewat jalan nasional juga silakan. Yang jelas, dengan hadirnya jalan tol ini, mobilitas barang, logistik, maupun orang menjadi lebih cepat, lebih mudah, dan lebih murah serta bisa terintegrasi dengan kawasan-kawasan industri, kawasan ekonomi khusus, dan kawasan wisata. Terima kasih untuk para pekerja yang tak lelah mewujudkan harapan kita semua akan Indonesia yang maju,” kata Presiden Joko Widodo. 

One Reply to “BUTUH 40 TAHUN AGAR TOL TERPANJANG DI INDONESIA BISA RAMPUNG”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s