PENGALAMAN 10 HARI BERBURU DI HARBOLNAS BUKALAPAK

Jakarta – Karena momen liburan anak sekolah dan pergantian tahun kali ini jbkderry.com tidak kemana-mana, salah satu bentuk keisengan yang dilakukan adalah berburu item super murah Rp 12 ribuan di Harbolnas Bukalapak.

Mulai tanggal 21 Desember hingga artikel ini dibuat tanggal 30 Desember 2018, jbkderry.com aktif berburu tanpa jeda hari. Minimal belanja Rp 72 ribu untuk 6 item hingga maksimal Rp 144 ribu untuk 12 item, dan sejauh ini sukses meleset terus alias belum pernah dapat.

Ya, memang tidak ada lagi Mini Cooper seperti yang didapatkan pengemudi ojek online Dedi Heryadi yang viral itu, tapi tetap saja menarik. Kapan lagi kalau beruntung bisa dapat Playstation 4, Macbook Air, Samsung Galaxy S9, atau iPhone X 64GB, dengan harga cuma Rp 12 ribu per item dan gratis ongkir lagi.

Dan kalaupun saat pengumuman mulai setiap pukul 23:15 WIB dan gagal dapat, uangnya bisa ditarik kembali serta ditransfer kembali ke rekening Bank konsumen kurang dari satu hari. 

Dari pengalaman jbkderry.com, kurang dari setengah hari malah duit sudah masuk kembali ke rekening kita, kalau gagal dalam upaya perburuan.

Untuk produk yang berbau otomotif, sejauh ini jbkderry.com hanya berburu mobil RC. Atau kalau berhubungan dengan kerjaan paling kamera, action camera dan drone.

Berdasarkan data di mbah Google saat memasukkan kata kunci “Harbolnas 2018”, ternyata jumlah konsumen peminatnya memang melimpah ruah. Salah satu indikatornya adalah untuk dapat mengakses dan melakukan transaksi barang buruan harus sedikit sabar, karena sering akses menggebu dan kita diminta mencoba lagi.

Dari pengalaman, setiap akses Harbolnas di Bukalapak dibuka setiap pukul 11:00 WIB, peminat langsung membludak dan agak sulit langsung bisa masuk untuk melakukan transaksi.

Buat jbkderry.com yang baru pertama kali ini ikut fenomena Harbolnas, ini adalah bentuk keisengan yang seru seperti memancing tapi kali ini di dunia maya. Dapat syukur, gak dapat berarti belum rezeki. Besok coba lagi, paling enggak sampai tanggal 31 Desember 2018 yang menjadi hari terakhir di Harbolnas di Bukalapak.

Sebenarnya dari informasi di mbah Google, bukan hanya Bukalapak yang menjadi situs market place yang melaksanakan Harbolnas, ada juga kabarnya di Lazada, JD.ID dan Zalora, tapi yang jbkderry.com ikutan sejauh ini yah cuma di Bukalapak.

Oh iya, di hari ini saat artikel ini dibuat 30 Desember 2018, jbkderry.com ikutan Harbolnas di Burger King. Saat lagi iseng-iseng lihat Instagram, ada promo Harbolnas di Burger King, cukup membayar Rp 75 ribu dengan PPN 10% dan gratis ongkir. Dan hanya kurang dari satu jam, pesanan sudah tiba di rumah dari gerai Burger King di Cibinong City Mall.

Fenomena Harbolnas ini juga semakin menguatkan pemikiran jbkderry.com soal potensi disrupsi di Mall kelas dua seperti Cibinong Square. Buat yang ingin melihat Mall gede pasti lebih suka ke Cibinong City Mall. Sederhananya, Mall kelas dua seperi Cibinong Square terjepit di antara tekanan Mall kelas satu seperti CCM dan situs market place seperti Bukalapak dan kawan-kawan.

Nasib Cibinong Square mengingatkan jbkderry.com pada Mall Bellanova di Sentul. Apalagi jika nanti Aeon Mall Sentul City sudah buka, nasibnya sangat mungkin seperti Cibinong Square.

Ya, keberadaan situs market place dengan unjuk kedigdayaan Harbolnas semakin membuktikan transisi gaya belanja konsumen di negeri ini, dan potensi disrupsi yang semakin menganga buat tempat belanja off-line.

Bagaimana menurut kalian, guys?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s