MEMBAYANGKAN RESPON LOYALIS PADA TOYOTA AVANZA TERBARU (ULASAN SECANGKIR KOPI)

Jakarta – Dua hari terakhir sebelum artikel ini dibuat, jagat maya tengah ramai dengan kehadiran versi terbaru sang penguasa pasar Low MPV selama 15 tahun terakhir, apalagi kalau bukan Toyota Avanza.

Kalau Anda memasukkan kata kunci “Avanza” di Google di hari artikel ini dibuat, Sabtu 5 Januari 2018, pasti bakalan ketemu dengan seabrek informasi mengenai versi terbaru mobil terlaris dari Toyota di Indonesia saat ini. Kabarnya peluncurannya di tanggal 15 Januari 2019 mendatang, jadi tunggu saja tumpahan informasi berikutnya.

Nah, mengingat jbkderry hanya sekelas media secangkir kopi, kalau ikutan membahas soal spek dan analisa perubahan yang terjadi pasti hanyalah menjadi sesuatu yang basi, jadi artikel khas secangkir kopi kali ini (sesuai judul) coba membayangkan respon para loyalisnya pada versi terbaru ini nantinya. 

Sejak diperkenalkan tahun 2003 artinya 15 tahun silam, Avanza sudah jadi volume maker Toyota di tanah air. Sudah banyak lawan yang hadir coba menjegalnya dari singgasana, tapi belum cukup kuat. Mulai dari Nissan Grand Livina 1.5, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, hingga di tahun lalu kedatangan dua rival kuat lainnya Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.

Ya, data dan fakta (dari sumber Gaikindo) memang menunjukkan sejak tahun 2014, angka penjualan Avanza terus mengalami penurunan volume penjualan, tapi soal penguasa singgasana masih tetap di atas. Mitsubishi Xpander memang sempat melambung, tapi kini berhasil dilewati lagi.

Nah, jika demikian, logika sederhananya, kalau versi lawasnya saja masih diminati para loyalis, apalagi versi terbarunya.

Beberapa opini kelas warung kopi yang jbkderry.com kumpulkan sebelum membuat artikel ini, kesimpulan garis besarnya sama, “Penurunan penjualan Toyota Avanza selama beberapa tahun terakhir, karena pasar jenuh dengan modelnya yang ada saat ini.”

Kalian boleh tidak setuju, dan silakan tinggalkan pendapat di bawah jika berkenan.

Tapi mari coba bayangkan, psikologis konsumen loyalis Avanza merespon model terbaru ini jika premis a la warung kopi di atas benar. Khususnya coba bayangkan di wilayah pemukiman urban kelas dua yang baru bisa berkesempatan mampu membeli mobil baru, dan mobil itu adalah Avanza generasi terbaru.

Secara umum, pasti senang dan bangga, karena di wilayah seperti itu, punya mobil baru sekelas Avanza generasi teranyar pasti menjadi kebanggaan atau nilai prestise tersendiri.

Begitu pula, dengan di wilayah pinggiran kota, di wilayah kabupaten, atau di wilayah pinggiran yang identik dengan perbukitan, Avanza sudah punya modal kuat untuk kembali menggoda isi koceknya loyalisnya untuk membeli.

Sederhananya, di kelas konsumen loyalisnya, nama Avanza bukan sekadar kendaraan semata, tapi juga sudah punya tempat yang khusus di hati mereka. Tidak heran jika muncul salah satu anekdot, satu-satunya mobil yang tidak bisa dikalahkan oleh mobil manapun di Indonesia adalah Toyota Avanza, karena jika bisa terlewati pasti di depannya ada lagi.

Nah, buat jbkderry.com yang beberapa kali berkesempatan mengendarai Avanza versi sebelumnya, ada dua catatan khusus yang harapannya semoga bisa diperbaiki pada versi terbaru ini, yaitu kinerja suspensi belakang dan posisi mengemudi yang masih kuat kesan minibusnya.

Persoalan ini dulu ada pada Rush generasi pertama, namun bisa tereduksi lumayan signifikan pada generasi terbaru yang telah dipasarkan saat ini.

Jika dua persoalan itu bisa teratasi, rasanya Toyota Avanza bakalan kembali dicintai dengan level yang lebih tinggi ketimbang saat ini. Setuju gak? Kalau tidak setuju, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Persoalan kelebihan eksterior dan interiornya yang hanya disebut facelift rasanya itu bukan soal, ini lebih soal pertimbangan ikatan emosional yang sudah kadung berjalan kuat selama ini.

Awrait, itu saja dulu, semoga artikel khas secangkir kopi kali ini ada manfaatnya untuk Anda. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

One Reply to “MEMBAYANGKAN RESPON LOYALIS PADA TOYOTA AVANZA TERBARU (ULASAN SECANGKIR KOPI)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s