BERBURU SPOT FOTO MENARIK SAMPAI CAPEK DI GUNUNG PANCAR BOGOR

Pintu gerbang kawasan wisata Gunung Pancar Bogor

Bogor – Senin pagi 7 Januari 2019, jbkderry.com menyusuri kembali kawasan wisata Gunung Pancar di Bogor, Jawa Barat. Kali ini naik Bumblebee 155VVA, setelah pada Sabtu 5 Januari 2019 gowes si little Wolverine.

Buat yang senang foto-foto dengan spot-spot menarik di tengah pepohonan hutan pinus yang menjulang tinggi dan rimbun, ini adalah salah satu lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

“Kalau hari biasa sih sepi, paling ada sedikit kalau habis waktu Dzuhur. Ramainya yah kalau Sabtu, Minggu atau pas hari libur,” kata seorang ibu penjaja warung kaki lima pada jbkderry.com. 

Info tarif masuk ke kawasan wisata Gunung Pancar Bogor.

Di hari biasa, harga tiket per orang dikenai tarif Rp 5 ribu. Untuk kendaraan roda dua kena tarif yang sama, tapi kalau naik mobil tarifnya Rp 10 ribu. Di hari libur, infonya naik 50 persen.

Kalau naik sepeda Rp 2 ribu, naik bus atau truk ditarif Rp 50 ribu. Kalau wisatawan asing tarifnya Rp 100 ribu per orang. Dan sama, kalau di hari libur tarifnya naik 50 persen.

Dan itu belum bebas biaya untuk mengakses kawasan. “Kalau mau foto-foto dikenai tarif tambahan Rp 25 ribu per orang, dan bebas mau foto dimana saja,” kata ibu pemilik warung kaki lima yang tadi.

Spot foto seperti ini dengan ragam variasi di antara pepohonan Pinus banyak sekali di sini.

Selain spot foto yang banyak dan menarik di antara pepohonan hutan pinus tadi, kalau naik ke atas lagi ada spot wisata berendam air panas, cuma yang ini jbkderry.com tidak tahu tarifnya. Soalnya kata ibu pemilik warung kaki lima itu, “Kalau kita mah warga kampung sini gak bayar, cuma memang gak terlalu bersih kelihatannya, karena airnya dari alam jadi tidak perlu dirawat kayak kolam renang. Manfaatnya yah buat terapi badan kalau kata orang-orang mah.”

Saat jbkderry.com mampir pagi itu, belum semua spot foto dibuka. Sebagian masih ditutup dengan dihalangi dengan bangku atau ditalikan. Katanya, buat jaga-jaga juga jangan sampai ada insiden pas orang yang jaga lagi tidak ada.

Nah, karena belum semua spot foto dibuka, jbkderry.com coba mampir di kawasan ibu warung kaki lima tadi berjualan. Dan ada beberapa spot yang tidak ditutup, jadi bisa menyusup foto gratisan. Lumayanlah buat berhemat, toh, waktu ke sini niatnya juga cuma jalan-jalan menyusuri pagi jadi belum sempat mandi dan hanya bercelana pendek serta kaos ke sana.

Selain foto-foto, kira-kira manfaat lain apa yang menarik di sini? Menurut jbkderry.com, wisata alam dengan biaya lumayan murah ini pas banget buat mengusir kejenuhan suasana kota Jakarta dan sekitarnya yang semakin sumpek. Sederhananya, kalau bosan lihat tanda merah tua di Google Maps dan Waze, nah, ke sini itu dijamin lumayan menghibur diri dari hal tersebut.

Buat yang mau jajan juga, harga menunya pun gak mahal-mahal amat. Secangkir teh tarik cuma dikenai harga Rp 5 ribu, ini lebih murah ketimbang nongkrong di Puncak Bogor yang tembus Rp 10 ribu per gelas. Harga sajian mie instan dan kopi pun hitungannya gak jauh dari harga di sekitaran rumah. Waktu sepedaan Sabtu 5 Januari 2019 ber-11 orang, cuma bayar Rp 205 ribu untuk indomie telur, kopi, dan air mineral.

Bagaimana dengan akses ke lokasi ini? Kalau naik mobil di akhir pekan Sabtu dan Minggu sih lumayan ramai cenderung padat, tapi di hari kerja lumayan lengang. Tapi bus pun tembus ke lokasi di akhir pekan, meski untuk ini harus salut sama pak sopirnya yang bisa.

Saran jbkderry.com, kalau mau di akhir pekan mending pakai kendaraan low MPV atau city car yang dimensinya lumayan kecil. Kalau mau lebih nyantai dengan pasangan dan satu anak bisa juga naik motor.

Awrait, itu saja dulu artikel jalan-jalan murah khas secangkir kopi di jbkderry.com. Terima kasih telah menyempatkan mampir, semoga artikel ringan ini ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s