CAMRY BARU HADIR TANDA TOYOTA MAKIN GAK PELIT UNTUK INDONESIA

Para BOD (Board of Director) PT Toyota Astra Motor, pada saat peluncuran All New Camry, Selasa 8 Januari 2019 di Jakarta.

Jakarta – Judul artikelnya kok gitu? Pertama ya karena kebutuhan clickbait, kedua, karena kehadiran generasi ke-8 Toyota Camry di Indonesia pada Selasa 8 Januari 2019, memang menandakan jika pabrikan mobil terbesar dari Jepang tersebut makin gak pelit untuk Indonesia.

Pasalnya, Camry baru ini jadi kendaraan Toyota kedua di Indonesia (setelah C-HR) yang menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture).

All New Camry nampak membidik rentang konsumen yang luas, dari usia yang lebih muda.

Lalu apa sih kelebihan platform TNGA ini? “Dengan platform TNGA, konsumen bisa mendapatkan kualitas yang lebih baik dalam banyak hal. Kinerja mesin yang lebih baik dan efisien, kenyamanan dan stabilitas berkendara yang meningkat, serta level kemewahan yang lebih sempurna,” kata Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor.

Stabilitas dan kenyamanan yang lebih baik juga tidak terlepas dari penyempurnaan pada rancang bangunnya, di tandai dengan dimensi yang lebih panjang dan lebar, serta pusat gravitasi yang lebih rendah.

Panjang nambah 35 mm jadi 4.885 mm, lebarnya melar 15 mm jadi 1.840 mm, namun tingginya turun 25 mm jadi 1.445 mm. Lalu jarak antar sumbu roda jadi lebih panjang 50 mm jadi 2.825 mm. Dan data angka ini menunjukkan pesan yang jelas, jika selain lebih stabil dan nyaman, kabinnya pun jadi lebih lega.

Dengan platform TNGA ini pula, tampilan New Camry ini tidak lagi kelihatan cocok untuk konsumen yang sudah berumur di atas 40 tahun, tapi kini nampak menyasar rentang segmen yang lebih luas. Kalau yang baca artikel ini sudah super mapan di atas usia 35 tahun, sudah pantas mengendarai sedan mewah full-size ini. Atau sederhananya, Camry baru ini juga cocok untuk konsumen mapan di usia yang lebih muda dibanding generasi sebelumnya.

Seorang saudara dekat jbkderry.com yang menjabat posisi CEO dari salah satu perusahaan bidang otomotif di Indonesia bagian timur, langsung tertarik mengganti Camry lamanya yang versi Hybrid dengan versi terbaru ini. “Kayaknya yang warna merah boljug neeh.”

Hmm, kalau sekelas CEO mah eces dan pas di kantong punya Camry generasi terbaru ini. “Ya, setuju, desain barunya ini nampak cocok untuk segmen konsumen sukses di rentang usia yang lebih muda,” kata sang CEO itu lagi.

Garis desain belakangnya nampak yang paling seksi, mengingatkan pada romantisme a la “bokong Bangle”.

Oh iya, Camry baru ini tetap hadir dengan tiga pilihan yaitu Hybrid, V dan G. Dan khusus untuk versi Hybrid-nya sudah menggunakan generasi terbaru teknologi Hybrid Toyota dan diklaim sebagai salah satu mesin berteknologi hybrid yang paling efisien di dunia.

Salah satu argumen mengapa Camry baru ini cocok untuk segmen yang lebih muda dibanding generasi sebelumnya adalah konsep desain garis atapnya yang mengusung garis lengkung a la sedan coupe, sekaligus menandai faktor aerodinamikanya yang lebih baik.

jbkderry.com sendiri paling suka dengan garis desain eksterior belakangnya yang seksi dan berkelas. Mengingatkan pada dua hal yaitu garis desain sedan yang setara dari Jaguar serta konsep legendaris “bokong Bangle” beberapa tahun silam di BMW.

Nah, kalau di interiornya, meski mengusung konsep sedan full-size alias sedan yang ukurannya memang untuk bos-bos gede dan duduk di belakang, di generasi terbaru ini juga bisa membuat pemiliknya makin fleksibel. Singkat kata, mau jadi penumpang di belakang ataupun saat rindu pengen nyetir sendiri juga masih dapat cita rasanya. Begitu turun dari kabin pengemudi dijamin gak bakalan dikira sopirnya boss.

Untuk fitur-fitur hiburan dan standar sih sebenarnya tidak perlu ditanyakan, namanya juga sedan mewah, bahkan Toyota Indonesia berani menyebutnya sebagai King of Sedan.

Kalau masih penasaran, mending segera bergegas ke dealer Toyota terdekat. Sebagai gambaran harga pada saat artikel ini dibuat untuk tipe G 2.5L Rp 613 juta, V 2.5L Rp 645 juta, dan Camry Hybrid Rp 806,6 juta, on the road Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s