PARADE MOBIL MASA DEPAN HADIR DI CES 2019

Mancanegara (Amerika Serikat) – Menurut pengamatan a la secangkir kopi jbkderry.com, event pameran otomotif yang lebih spesialis seperti Consumer Electronics Show (CES), Speed Equipment Manufacturing Association (SEMA) dan Goodwood Festival of Speed, lebih menarik dibahas oleh media ketimbang pameran otomotif umum seperti Frankfurt Motor Show, Geneva Motor Show, Detroit Motor Show atau Paris Motor Show.

Setuju, gak?

Nah, kalau setuju, mumpun saat artikel ini dibuat, CES 2019 lagi selenggarakan selama empat hari di Las Vegas Convention Center, 8 – 11 Januari, ada baiknya apa lagi hal-hal keren yang lagi tampil di pameran tahunan ini. Dan berikut informasi mobi-mobil masa depan yang tampil di CES 2019:

Audi Kerjasama dengan Disney

Audi e-tron

Pabrikan mobil asal Jerman bekerjasama dengan Disney mengembangkan sistem in-car entertainment. Dengan sistem ini, penumpang di baris kedua SUV bertenaga listrik Audi E-Tron dapat merasakan pengalaman permainan virtual reality melalui perangkat headset.

Skema kerjanya, pada saat mobil mulai melaju, penumpang dapat langsung merasakan pengalaman petualangan VR. Sistem ini diberi nama Holoride yang sesuai judulnya merupakan hasil kerjasama dengan Disney.

Meski demikian belum ada pernyataan resmi, kapan aplikasi teknologi ini akan mulai dipasarkan.

Mobil Penyelamat Bernama Hyundai Elevate

Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai menampilkan kendaraan konsep yang dapat disebut radikal di CES 2019. Kendaraan bernama Hyundai Elevate tidak seperti kendaraan kebanyakan, karena didesain sebagai kendaraan penyelamat di situasi ekstrim termasuk untuk penanganan bencana alam.

Hyundai Elevate dilengkapi dengan empat “kaki” di roda, sehingga mudah melintasi medan sulit. Kendaraan ini merupakan ciri khas Hyundai yang senantiasa berpikir mengembangkan celah baru kendaraan.

Byton M- Byte: Mobil Pertama di Dunia asal Cina dengan Layar di Panel Setir

Jika umumnya, mobil memiliki sistem infotainment lauar sentuh di bagian konsol tengah, tidak demikian sengan SUV yang sedianya mulai dipasarkan di tahun 2020 ini.

SUV masa depan asal Cina dengan nama Byton M-Byte ini memiliki layar sentuh berukuran 8-inchi di bagian tengah panel setir. Melalui fitur tersebut, pengemudi dapat mengoperasionalkan perintah pada panel digital berukuran 40 inchi yang nyaris mengambil keseluruhan ruang dashboard.

Sistem layar sentuh tersebut dapat mengontrol banyak hal mulai dari sistem infotainment, suhu udara di kabin, serta video pada kamera mundur.

Sistem Mengemudi Otomatis dari Delphi

Perusahaan teknologi raksasa yang bermarkas di Inggris, Delphi, bekerjasama dengan beberapa produsen mobil terkemuka, untuk mengembangkan sistem kendaraan yang dapat mengemudi sendiri di level yang lebih tinggi.

Melalui sistem tersebut, mobil tidak hanya dapat mendeteksi kondisi lampu lintas dan kendaraan di sekeliling, tetapi juga mengubah rute yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh.

Meski sistem ini sebenarnya sudah ada pengembangan kendaraan semi otomotis lainnya saat ini, namun pihak Delphi menyebut perbedaan sekaligus nilai lebihnya adalah sistem mereka bisa mengatur hal tersebut dalam sekali waktu.

Honda Dream Drive: Asisten Berbelanja di Masa Depan

Honda Dream Drive prototype delivers new in-vehicle experience for drivers and passengers.

Honda menampilkan teknologi Honda Dream Drive, dengan akses berbagai konten online untuk memenuhi kebutuhan pengemudi dan juga penumpang.

Berbagai konten online yang dihadirkan untuk pengemudi di antaranya adalah fitur belanja dan pembayaran online dari dalam mobil. Fitur ini dirancang dengan kerjasama berbagai partner seperti Visa, Mastercard dan PayPal untuk memudahkan pembelian kebutuhan sehari-hari seperti bensin, parkir, atau membeli makanan.

Melalui teknologi perintah suara (voice command) dan layar sentuh (touch screen), pengemudi juga dapat dengan mudah melakukan reservasi restoran, membeli tiket bioskop atau berbagi lokasi kendaraan, yang dilakukan dengan kolaborasi dengan perusahaan seperti Atom Tickets, Chevron U.S.A., Inc., The Coffee Bean & Tea Leaf®, Grubhub, Glympse, iHeartRadio, IPS Group, Arrive, Parkopedia, Phillips 66, Yelp dan USAA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s