BELAJAR MEMAHAMI KECERDASAN BUATAN DI GAMES MARVEL CONTEST OF CHAMPIONS

Jakarta – Sudah beberapa waktu terakhir, jbkderry.com ingin mengulas artikel ringan yang satu ini, tentang games online di Android Marvel Contest of Champions.

Artikel ringan kali ini sekadar berbagi pengalaman sekitar enam bulan terakhir main games yang satu ini di smartphone.

Sebagai penggemar berat Marvel sejak tempo doeloe, bisa main games satu ini menjadi kesenangan tersendiri. Saat artikel ini dibuat, jbkderry.com sudah di level 52 dengan pasukan tempur 5-bintang ada dua (Super Iron Man dan King Groot), lalu ada satu 4-bintang ranking 4 power-nya full 40 (Gwenpool, 3229), dan beberapa pasukan lainnya seperti Star-Lod (4-bintang ranking 3), Angela (4-bintang ranking 3), dan Gambit (4-bintang ranking 3).

Main games satu ini lama kelamaan memang jadi kayak nagih dan mengurangi produktivitas kerja, jadi rada-rada bahaya sebenarnya. Meski demikian bukan berarti gak ada manfaat sama sekali yang bisa dipetik. 

Yang utama versi jbkderry.com adalah bisa semakin memahami bagaimana kecerdasan buatan bisa memahami cara berpikir dan bertindak manusia berdasarkan kecenderungan atau kebiasaan yang dilakukan. Saat hal tersebut terdeteksi, seketika algoritme games bisa berubah memporak-porandakan strategi sukses sebelumnya menjadi pecundang sejati.

Ya, kecerdasan buatan atau yang juga bisa disebut artificial intelligence ini sudah acap kali disebut sebagai momok yang sangat menakutkan di masa depan, karena kemampuannya yang digadang-gadang dapat mengambil alih tugas kerja dan kemampuan manusia dengan hasil yang lebih baik.

Melalui games ini pula, jbderry.com menangkap pesan jika ada satu nilai lebih kecerdasan buatan dibanding manusia pada umumnya yaitu “keraguan”. Manusia pada umumnya memiliki rasa ragu dan bimbang. Bahkan beberapa waktu lalu ada orang nomor satu yang kalau lagi bimbang biasanya menciptakan dan menyanyikan lagu.

Nah, di games Marvel Contest of Champions ini, kecerdasan buatan seperti memiliki indera yang mampu menangkap rasa ragu lawannya dalam bertindak, dan lalu menghajarnya dengan amat sangat.

jbkderry.com pun sempat merasakan momen putus asa main games ini, karena ada satu waktu strategi kemenangan yang sering kali sukses tiba-tiba begitu mudah dipukul dan kalah. Dan itu terjadi cukup lama. Hal ini menunjukkan pesan pembelajaran, “Kalau suatu saat hidup memukulmu begitu telak dan terus menerus, apakah dirimu akan tetap bertarung untuk melanjutkan upaya maju dalam hidup, atau berhenti dan menyudahi segalanya sebagai pecundang sejati?”

Untung, untuk mental bertarung jbkderry.com meski levelnya cuma setara secangkir kopi tidak luruh, dan kembali berupaya untuk bangkit.

Setalah itu, jbkderry.com mulai belajar menciptakan strategi-strategi anomali yang kadang cukup membuat diri sendiri kebliger, tapi yang penting kecerdasan buatannnya juga ikut-ikutan kebilinger meresponnya.

Ya, menurut jbkderry.com, meski games satu ini bernuansa kekerasan yang kalau dari kacamata pandang pendidikan formal yang konvensional, tapi di sisi lain juga memberikan pesan pembelajaran, “Di tengah potensi disrupsi yang bisa terjadi seketika dan serta merta, manusia dituntut untuk tidak bergerak monoton dalam menjalani hidup. Ya, belum tentu menang dan mulia memang pada akhirnya, tapi setidaknya membuat hidup jadi lebih berwarna dan kans untuk menang jadi lebih luas.”

Bagaimana menurut kalian?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s