NGINTIP DUNIA SOPIR TRUK DARI JAGAT SOSIAL MEDIA

Jakarta – Sejak beberapa kali diundang liputan sama Volvo Trucks, UD Trucks dan Isuzu Indonesia, jbkderry.com sudah pengen banget ngangkat artikel yang ada hubungannya dengan kehidupan sopir truk.

Untungnya, di era digital ini, sumber informasi untuk membuat artikel seperti itu tidak begitu sulit. Apalagi kalau hanya untuk kebutuhan media kelas secangkir kopi a la jbkderry.com.

Nah, sumber informasi pertama dari media sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg alias Facebook. Ada beberapa grup Facebook soal kehidupan sopir truk dan serba-serbinya yang jbkderry.com ikuti. 

Grup pertama namanya “TRUCK MANIA COMMUNITY” yang anggotanya nyaris menyentuh angka 50 ribu saat artikel ini dibuat. Ada banyak ragam topik diskusi di sini, termasuk yang lagi hangat saat ini dibuat adalah bentuk solidaritas dan dukungan pada insiden truk dan mobil polisi di sebuah perempatan jalan di Mojokerto.

Lalu ada grup yang namanya “Truck Mania Community” (bedanya ini hanya awal kata yang pakai huruf kapital), yang anggotanya sudah tembus 10 ribu. Nah, kalau di sini, kebanyakan yang diposting saat artikel ini tentang truk-truk yang tengah menjalankan tugas kerjanya di jalan.

Berikutnya ada grup yang namanya “Truk Mania Indonesian Community” yang anggotanya sudah tembus 23 ribuan. Kalau di sini, banyak informasi soal lapak jualan suku cadang dan aksesori.

Ada lagi grup yang namanya “Truck Indonesia Community” yang anggotanya sudah tembus 18 ribuan. Mirip dengan grup “Truck Mania Community”, banyak foto-foto truk yang tengah menjalankan tugas kerjanya di jalan. Lumayan bagus juga foto-foto yang di-share.

Berikutnya ada grup bernama “dump truk modifikasi” yang anggotanya banyak sudah tembus 186 ribu. Kalau di sini, informasinya lebih beragam lagi, dan ada juga informasi dalam format video. Ada yang informasinya terkait langsung dengan kehidupan sopir truk sehari-hari, ada juga informasi yang sifatnya hanya buat lucu-lucuan.

Grup yang satu ini anggotanya juga lumayan banyak, namanya “Truck Cakep Community” yang anggotanya tembus 123 ribu. Informasi foto atau video soal variasi truk dan sopirnya cukup banyak diunggah.

Informasi soal sopir truk pun cukup intens dan ramai di jejaring sosial media lainnya seperti Instagram dan Twitter. Cukup masukkan kata kunci “sopir truk” atau tagar #sopirtruk”, arus informasinya lumayan ramai.

Ya, kira-kira begitulah informasi di artikel ringan kali ini. Tidak ada yang luar biasa memang, tapi setidaknya bisa memberitahu kita jika kehidupan di negeri ini tidak harus seberat dunia politik, ataupun kenikmatan sesaat yang konon banderolnya kemahalan sampai Rp 80 juta.

Sederhananya, masih banyak ruang dunia yang lain yang terkesan sepele, tapi di sana juga ada kehidupan manusia. Terima kasih sudah mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s