NEW ISUZU GIGA TRACTOR HEAD SOLUSI ANTI KELEBIHAN MUATAN

Jakarta – Kamis 24 Januari 2019 di Jakarta, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memperkenalkan solusi buat pebisnis berbasis truk yang menghindari tindakan tegas pemerintah untuk truk overload, tapi tetap bisa efisien dalam biaya operasional dan konsumsi bahan bakar, yaitu New Isuzu Giga Tractor Head.

“Menurut aturan pemerintah, sebuah kendaraan truk medium 2 axle memiliki maksimal GVW 16 ton, truk medium 3 axle maksimal GVW 26 ton. Nah, kalau berdasarkan peraturan titik sumbu beban yang diperbolehkan, maka sebuah tractor head dapat menanggung beban 32,7 – 46,1 ton,” kata Ernando Demily, Presiden Direktur PT IAMI.

Sebagai informasi, sejak Agustus 2018, pemerintah lewat Kementerian Perhubungan telah melakukan tindakan tegas untuk truk overload, karena dinilai salah satu penyebab utama kerusakan jalan.

Di tahun 2017, Dirjen Perhubungan Darat mengatakan perbaikan jalan di Indonesia akibat truk kelebihan muatan mencapai Rp 43 triliun. Disamping itupula, akibat truk yang kelebihan muatan membuat tingkat kemacetan semakin meninggi, karena berjalan lebih lambat. Hal ini juga berimbas pada keamanan sopir dan pengendara lain yang dipertaruhkan.

Dalam suatu kesempatan melalui akun instagram resmi Presiden Joko Widodo disebutkan jika kerugian ekonomi akibat kemacetan di Jabodatebak mencapai Rp 65 triliun.

Data dan fakta ini tentu tidak menguntungkan bagi pebisnis berbasik truk, karena biaya operasional dan konsumsi bahan bakar jadi lebih tinggi. Pihak IAMI menyebut, jika 53% pengeluaran terbesar untuk operasional kendaraan truk adalah untuk konsumsi bahan bakar.

Hal inilah yang bisa diantisipasi melalui New Isuzu Giga Tractor Head yang telah dilengkapi dengan mesin diesel modern common-rail dan settinggan ECU yang membuat performa kendaraan diklaim jadi lebih baik namun lebih efisien dalam konsumsi BBM.

New Isuzu Giga Tractor Head sendiri ditawarkan dalam empat varian yaitu; Isuzu Giga GXZ 60 K ABS (N), Isuzu Giga GVZ 34 K HP ABS (N), Isuzu Giga GVR 34 J HP ABS (N), dan Isuzu Giga FVR 34 P TH (N).

Perbedaan yang paling menonjol di New Isuzu Giga Tractor Head dibanding generasi sebelumnya adalah Full Air Brake, ABS dan Seat Suspension.

Untuk varian GXZ 60 K ABS (N) selain dilengkapi dengan fitur ABS, juga merupakan varian baru dengan mesin baru 6NX2-TCS dengan tenaga maksimal 345 hp dan torsi maksimum 135 kgm.

Dengan spesifikasi tersebut, unit ini cocok untuk beroperasi di segmen oli dan gas dengan GCW 46,1 ton, dan dapat memuat 32.000 liter, serta juga cocok untuk segmen freight dan forwarder dengan 40 feet container.

Bagaimana, minat dan sesuai kebutuhan bisnis Anda kah?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s