IIMS 2019 DIGELAR DI LEVEL YANG LEBIH TINGGI

Henra Noor Saleh, Project Director IIMS.

Jakarta – Selasa 29 Januari 2019, PT Dyandra Promosindo selaku Professional Exhibition Organizer (PEO) menggelar sesi pertama dari technical meeting IIMS 2019 yang berlangsung di Angsana Ballroom 3, Hotel Holiday Inn Jakarta Kemayoran.

Kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari pelaksanaan “Indonesia International Motor Show” (IIMS) 2019 pada 25 April – 5 Mei 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan dari peserta IIMS 2019, di antaranya BMW, Chevrolet, Datsun, DFSK, HASCAR Authorized General Distributor for Jeep, Honda, Hyundai, Mazda, MINI, Mitsubishi, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota dan Wuling. Kemudian untuk motor hadir antara lain: Aprilia, Benelli, BMW Motorrad Indonesia, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, Moto Guzzi, Piaggio dan Vespa.

Pada kesempatan tesebut, pihak PT Dyandra Promosindo juga membeberkan pernyataan jika pelaksanaan IIMS 2019 sedianya digelar di level yang lebih tinggi, seiring menyesuaikan dengan semangat perubahan zaman, yakni digitalisasi pameran, Electric Vehicle (kendaraan bertenaga listrik) dan karya anak bangsa mendapat apresiasi makin meluas dan semarak.

Dalam waktu 11 hari pameran otomotif tersebut disebut akan ada serangkaian inovasi segar, dengan spirit digitalisasi pameran yang lebih wah, Electric Vehicle (EV) dan keberanian menampilkan karya anak bangsa di pentas internasional.

Optimisme pihak penyelenggara juga didasari pada prediksi pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4% pada tahun 2019. Pihak penyelenggara IIMS 2019 berharap kegiatan pameran otomotif tahunan ini dapat memberikan kontribusi positif untuk penjualan mobil (1,1 juta unit) dan motor (6,4 juta unit) di tahun 2019.

IIMS 2019 juga sedianya menghadirkan New Infinite Acessories & Sparepart Area pada Hall C3, yang mengakomodasi kepentingan bisnis pelaku acessories & sparepart, baik roda empat dan roda dua.

Lalu ada pula dukungan asosiasi aftermarket Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) yang pada kesempatan ini akan hadir di hall B1 & B2, JIExpo Kemayoran.

Lalu pada Hall C3 juga akan ada program terbaru yaitu Motorsport Zone dengan ragam sparepart serta kegiatan terkait dunia balap akan diselenggarakan pada area ini.

Hendra Noor Saleh, Project Director IIMS menyebut, penjualan sales yang tahun ini sudah melebihi target dari tahun lalu. “Mengejutkan karena dalam waktu 3 bulan sebelum IIMS, sales kami sudah mencapai 80%. Namun hal ini tidak membuat kami berpuas diri, kami terus berusaha untuk menghadirkan pameran otomotif yang semakin menarik, agar antusiasme pengunjung IIMS akan berdampak positif bagi seluruh stakeholder,” ujarnya.

Program Otomotif berlandaskan Edukasi

Selain persiapan peserta pameran, IIMS juga akan mempersiapkan elemen edukasi kepada pengunjung. Dalam rangka mendukung perkembangan mobil listrik di Indonesia, IIMS menghadirkan Formula Racing Championship.

Program ini diupayakan untuk memberikan kesempatan bagi anak bangsa yang memiliki prestasi di bidang otomotif, khususnya mobil listrik untuk tampil di mata publik.

Sebagai ajang bergengsi dalam balapan mobil listrik antar universitas yang akan hadir di IIMS 2019, mahasiswa teknik yang ada di Indonesia akan berlomba dan berkreasi membuat mobil balap listrik pada tanggal 25 – 26 April 2019.

Setelah itu, The Wasteland Project akan hadir dan memberikan edukasi mengenai dunia custom bike machine. Memanfaatkan barang-barang daur ulang, The Wasteland Project merupakan sebuah karya kerjasama dengan builder ternama di Indonesia, Bingky.

Selain custom bike machine, akan diadakan interior class, recycle class, carving class, artwork class dan sculpting class oleh para ekspertis. The Wasteland Project juga menghubungkan komunitas untuk ikut andil dalam kegiatan tersebut.

Program edukasi lainnya dan terbaru pada tahun ini adalah IIMS Student Fest, yaitu wadah dari berbagai bidang prestasi siswa, mahasiswa dan anak muda kreatif. Prestasi yang akan di tampilkan tidak hanya dari otomotif saja, akan tetapi ada juga dari bidang olahraga, karya seni dan masih banyak lagi. Sehingga dengan IIMS Student Fest diharapkan mereka memiliki wadah untuk mengeksplorasi dan mengembangkan diri.

Ditambah lagi program menarik lainnya seperti Indonesia Custom Bike Expo & Championship, ajang perlombaan motor-motor kustom hasil kolaborasi dengan INCREASE (Innovative and Creative Automotive Society). Tidak lupa PAHAMI Audio Contest, kompetisi audio mobil yang menggabungkan beberapa asosiasi audio akan turut meramaikan kembali IIMS 2019.

Launching IIMS Makassar dan Surabaya 2019

Seperti diketahui, Dyandra Promosindo juga memiliki serangkaian kegiatan otomotif lain yaitu penyelenggaraan pameran otomotif daerah yang diadakan setiap tahunnya. Pada tahun 2019 ini IIMS akan mengadakan acara serentak di Jakarta dan di Makassar.

Rangkaian pameran otomotif tersebut dimulai dari IIMS Makassar yang akan diselenggarakan pada tanggal 1 – 5 Mei 2019 di Celebes Convention Center – Makassar, dilanjutkan dengan IIMS IIMS Surabaya tanggal 30 Oktober – 3 November 2019 di Grand City Surabaya.

Hal yang membuat istimewa adalah bagi seluruh exhibitior yang sudah mengikuti IIMS di Jakarta akan mendapatkan harga spesial untuk dapat mengikuti gelaran IIMS di Makassar dan Surabaya. “Special package yang ditawarkan ini merupakan bentuk apresiasi IIMS kepada peserta yang terus bekerjasama dan turut mengoptimalkan potensi pasar otomotif yang semakin meningkat,” ujar Hendra Noor Saleh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s