SELANG SATU HARI SUZUKI DAN YAMAHA LUNCURKAN TIM MOTO 2019

Jakarta – Senin 4 Februari 2019, jbkderry.com menerima dua email info pers dari Suzuki Indonesia dan Yamaha Indonesia. Isinya sama, yaitu seputaran peluncuran tim MotoGP masing-masing untuk musim balap tahun 2019.

Suzuki Ecstar MotoGP yang lebih dahulu memperkenalkan timnya pada Minggu 3 Februari 2019. Dua pembalap yang akan menunggangi motor tim pabrikan Suzuki GSX-RR 2019 adalah Alex Rins (#42) dan pembalap muda yang memulai debut di MotoGP tahun ini, Joan Mir (#36).

“Bagi kami, 2019 akan menjadi musim yang penting. Kami telah mengerjakan banyak aspek dari GSX-RR, serta memiliki tim yang baik dan solid. Kami berharap musim 2019 akan berjalan positif,” kata Shinichi Sahara, Project Leader Suzuki Ecstar MotoGP.

Duet pembalap muda Suzuki Ecstar MotoGP, Alex Rins (23 tahun) dan Joan Mir (21 tahun), sekaligus menunjukkan ambisi jangka panjang dari tim pabrikan Suzuki untuk bersaing di antara dominasi Repsol Honda dan Ducati. 

Prestasi terbaik Alex Rins sendiri adalah runner-up Moto2 tahun 2015. Sementara di ajang MotoGP, prestasi terbaiknya di tahun 2018 menduduki posisi ke-5 di klasemen akhir dengan tiga kali duduk di podium kedua dan dua kali di podium ketiga.

Sementara Joan Mir merupakan juara dunia Moto3 tahun 2017. Di tahun 2018 lalu, saat memulai debutnya di ajang Moto2, Mir berada di posisi ke-6 klasemen akhir dengan dua kali finish di podium kedua dan juga dua kali finish di podium ketiga.

Monster Yamaha MotoGP diperkenalkan di Jakarta

Jakarta menjadi lokasi kehormatan peluncuran livery warna baru dari Monster Energy Yamaha MotoGP pada Senin 4 Februari 2019, tepatnya di Fous Seasons Hotel Jakarta.

Mengangkat tema “Best Mode On”, peluncuran tim baru tersebut juga menjadi pertanda kesepakatan sponsor baru yaitu Monster Energy.

Dua pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, hadir bersama para petinggi Yamaha Motor Racing yaitu Kouichi Tsuji (President Yamaha Motor Racing & Senior General Manager of Motorsports Section), Lin Jarvis (Managing Director Yamaha Motor Racing). Lalu ada perwakilan sponsor, Mitch Covington (Vice President of Sports Marketing Monster Energy Company).

Turut hadir juga Minoru Morimoto selaku Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Prosesi peluncuran dipandu oleh Lucy Wiryono dan Dylan Gray

Warna livery baru Yamaha YZR-M1 2019 mengalami perubahan signifikan, dengan kombinasi warna hitam sesuai identitas Monster Energy, dipadu dengan warna biru khas Yamaha Racing Factory, serta beberapa garis minimalis berwarna biru dan gradasi warna yang lebih dinamis.

Selain logi Monster Energy sebagai sponsor utama, di motor balap tunggangan Valentino Rossi dan Maverick Vinales juga menampilkan logo slogan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Yamaha Motor Vietnam Co., Ltd., Yamaha Motor Philippines, Inc., dan Thai Yamaha Motor Co., Ltd

“Tim kali ini hadir di Indoensia, negara yang merupakan pasar terpenting bagi Yamaha Motor Corporation dan menjadi semakin menarik berkat semangat besar yang ditunjukkan dari para penggemar serta media lokal. Selain itu, Indonesia merupakan lokasi sentral di Asia yang jaraknya dekat dengan tempat tes pramusim yang pertama di Malaysia. Hari ini kami telah memperkenalkan logo dan livery tim baru sebagai wujud visualisasi kemitraan antara Monster Energy dan Yamaha,” kata Lin Jarvis.

“Saya senang Monster Energy dapat bergabung bersama tim. Mereka sudah lama menjadi bagian dari Yamaha, jadi kami sudah saling mengenal dan memiliki hasrat yang sama pada dunia balap. Bagi saya ini merupakan hal yang penting. Saya benar-benar menantikan musim baru untuk balapan, dan kembali menaiki M1. Saya merasa dalam kondisi terbaik dan penuh semangat. Saya percaya dengan kerja keras, posisi kami dapat meningkat dari tahun sebelumnya dan kembali ke puncak,” kata Valentino Rossi.

“Kami berada di Jakarta untuk memulai musim baru. Presentasi tim tahun ini sangat istimewa, karena ada banyak perubahan dibanding tahun lalu. Saya merasa bersemangat untuk segera memulai musim. Ini akan menjadi awal yang benar-benar baru; sponsor baru, warna tim baru dan nomor balap baru bagi saya. Saya memiliki harapan tinggi untuk tahun ini, dan saya berencana mengeluarkan segala kemampuan saya,” kata Maverick Vinales.

Sesi tes pramusim di Malaysia akan dimulai 6 Februari 2019, lalu ada tes pramusim berikutnya di Spanyol – Jerez (20 Februari) dan Qatar – Losail (23 Februari dan 1 Maret), sebelum putaran pertama digelar pada 10 Maret di Losail, Qatar. Balapan MotoGP tahun 2019 sedianya berlangsung 19 seri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s