HYUNDAI KONA ELECTRIC MOBIL LISTRIK TERBAIK DI AMERIKA SERIKAT 2019

Mancanegara (Amerika Serikat) – Selasa 12 Februari 2019, Hyundai Kona Electric berhasil terpilih sebagai mobil listrik terbaik versi Editor’s Choice (pilihan redaksi) 2019 dari situs Edmunds.com.

Saat masih menjadi penerjemah sekaligus jurnalis di majalah franchise Motor Trend Indonesia (asal Amrik) pada tahun 2003 – 3006, situs Edmunds sudah menjadi salah satu situs bacaan otomotif favorit founder jbkderry.com, selain Jalopnik.com dan Kelley Blue Book (kbb.com).

Nama Edmunds, Jalopnik dan Kelley Blue Book ini pula yang menjadi inspirasi sekaligus motivasi kenapa nama media disengaja tidak berbau otomotif. Kemudian hari, ada situs bernama Paul Tan (paultan.com) di Malaysia yang juga menjadi pemicu lain jika nama media bukanlah segalanya. Faktor konten dan kualitasnya juga tidak kalah penting, bahkan bisa jadi lebih penting. Bagaimana menurut Anda?

Kembali ke soal penghargaan Hyundai Kona Electric sebagai mobil listrik terbaik 2019 versi Edmunds.com. Berikut informasinya di bawah ini…

Di situs Edmunds.com, pihak penyelenggara Edmunds Editor’s Choice Awards 2019 mengatakan jika keberadaan mobil listrik sudah menjadi hal yang sudah lumrah di saat ini, dan akan terus berkembang ke depan.

“Pemenang mobil listrik di tahun 2019 ini berhasil menggabungkan nilai posisi harga yang kompetitif, dengan kemampuan mobil listrik yang ramah, nyaman, praktis dan performa yang baik, sebagai alternatif pengganti mobil bensin,” sebagaimana dikutip di situs resmi Edmunds.com (lihat di sini).

Penghargaan prestius ini semakin menambah jumlah penghargaan membanggakan bagi Hyundai Kona, setelah sebelumnya pada Januari 2019 lalu berhasil terpilih sebagai North American Utility Vehicle of the Year.

“Kami memang memberikan penilaian dan apresiasi yang tinggi pada Kona Electric, mulai dari keberhasilan menciptakan standar harga dan varian yang baik untuk konsumen. Mobil ini juga begitu mudah dicintai, di antaranya karena kenyamanan dan responsivitas yang ditawarkan,” kata Alistair Weaver, editor-in-chief Edmunds.com.

“Setiap tahun ada lebih dari 300 mobil yang kami evaluasi ke dalam lebih dari 30 kriteria penilaian termasuk di antaranya pada sensasi dan performa, kenyamanan, interior, nilai manfaat, teknologi, hingga nilai kesenangan yang ditawarkan,” imbuh sang editor-in-chief.

Pihak Hyundai sendiri mengatakan, seiring populasi para peminat kendaraan listrik yang semakin meningkat, keberadaan dan penghargaan prestisius yang telah diterima Kona Electric sejauh ini semakin menunjukkan kelebihan sekaligus keunggulannya di segmen kendaraan listrik.

Dalam keterangan persnya, pihak Hyundai menyebut pengembangan Kona memang difokuskan pada penyempurnaan kenyamanan mengemudi dan performa yang responsif, agar dapat menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan mobilitas dan kondisi jalan yang dilalui oleh masing-masing konsumen.

Hyundai Kona Electric juga disebut mampu melaju hingga jarak 412,8 km (saat kapasitas listrik penuh) dan telah dilengkapi fitur standar fast-charging (pengisian daya listrik cepat), sebuah fitur yang umumnya masih sebagai opsional pada banyak kompetitor atau produsen mobil listrik yang lain.

Platform pengembangan Kona Electric dimasukkan ke dalam kategori CUV (crossover utility vehicle), dengan beberapa karakteristik kelebihan di antaranya ground clearance yang tinggi, posisi duduk dan daya pandang yang baik saat mengemudi, serta akses masuk dan keluar kendaraan yang mudah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s