UD TRUCKS INDONESIA GANDENG TERMINAL PETIKEMAS KOJA APRESIASI PENGEMUDI TRUK

Jakarta – UD Trucks Indonesia, produsen truk asal Jepang bekerjasama dengan Terminal Petikemas Koja dan Polres Tanjung Priok melaksanakan program safety dan apresiasi pengemudi truk selama 3 hari dari 27 Februari sampai dengan 1 Maret 2019 di Terminal Petikemas Koja, Pelabuhan Tanjung Priok.

Kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2016 ini merupakan suatu bentuk rasa terima kasih UD Trucks terhadap kinerja baik pengemudi truk yang memberikan kontribusi pada kemajuan bisnis UD Trucks di Indonesia.

Aktivitas ini juga didasari dengan prediksi jika pasar kendaraan kargo untuk truk kategori 3 dan 5 di tahun 2019 akan naik di kisaran 12% dibanding tahun 2018. Prediksi ini berkorelasi dengan pertumbuhan produk UD Trucks sebagai salah satu pemain utama di segmen ini, terutama Quester GKE280 yang banyak dioperasikan untuk industri kargo.

“Di tahun 2018 lalu ada sekitar 2.600 unit kendaraan truk kategori 3 dan 5, jadi rata-rata ada sekitar 2.000 unit kendaraan di segmen tersebut yang terjual. Dari jumlah tersebut, sekitar 1.000 unit di antaranya dioperasionalkan oleh sopir baru, dan inilah salah satu manfaat dari kegiatan ini sebagai kepedulian kami untuk pengemudi truk di Indonesia,” kata Bambang Widjanarko, Deputy COO Astra UD Trucks.

“Melalui kegiatan ini aspek keselamatan dan kenyamanan para pengemudi bisa semakin prima, bisa semakin handal berkat dukungan aplikasi fitur dan teknologi terbaru pada setiap produk UD Trucks yang dipasarkan di Indonesia. Kami ingin setiap pengemudi truk tidak hanya handal namun dapat bekerja optimal tanpa ada rasa cemas,” imbuh Bambang.

Sejak dimulainya program apresiasi pengemudi ini di tahun 2016, UD Trucks telah memberikan perhatian kepada sekitar 2.500 pengemudi truk yang tersebar di berbagai jalanan di Indonesia dan akan terus memperkuat komitmen “Going the Extra Mile” dengan memperhatikan faktor-faktor utama yang mendukung kelancaran industri truk di Indonesia.

Di industri logistik sendiri, melalui produk Quester GKE280, UD Trucks Indonesia hadir dengan nilai lebih kepada pengemudi truk, di antaranya dengan ruang kabin nyaman selebar 2,5 m, serta dengan konfigurasi gardan 4×2 tractor head untuk meningkatkan produktivitas kinerja pengemudi dan menghasilkan aktivitas operasional yang efisien.

Handi Lim selaku Direktur Sales dan Logistik UD Trucks Indonesia mengatakan,”Pertumbuhan pada sektor logistik Indonesia selalu menjadi momentum tepat bagi kami untuk memperkuat komitmen “Going the Extra Mile” melalui pemberian dukungan terus-menerus kepada salah satu faktor penting dalam industri ini yaitu para pengemudi truk. Program ini merupakan salah satu program kebanggaan UD Trucks dalam memberikan dukungan dan menciptakan pengemudi truk yang handal serta teredukasi dengan baik. Karena pengemudi truk handal dengan kinerja yang baik tidak hanya membantu meningkatkan faktor keamanan dan keselamatan di jalan, namun juga membantu menekan biaya operasional bagi pelanggan serta berkontribusi besar pada kelancaran bisnis produsen truk itu sendiri.”

IPTU Sugiya Wakasalantas Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengungkapkan,”Setiap harinya, kami melihat bahwa aktivitas truk cenderung meningkat. Hal ini menimbulkan kekhawatiran kami akan kondisi keselamatan pengemudi truk. Dengan adanya program apresiasi pengemudi dan edukasi oleh UD Trucks ini mengingatkan kembali tidak hanya kepada pengemudi truk, namun juga masyarakat dan pemegang kepentingan di area ini untuk selalu memperhatikan aspek keselamatan dalam berkendara di sela-sela aktifitas yang padat guna mendukung kelancaran operasional. Kami mendukung penuh acara ini mengingat pentingnya edukasi safety driving bagi pengemudi, dan program ini juga sejalan dengan program “Millenial Road Safety Festival” yang sedang gencar kami laksanakan di lingkup kerja Polres Pelabuhan Tanjung Priok.”

Bagi pihak Manajemen Terminal Petikemas Koja (TPK KOJA), kegiatan ini sangat seusai dengan komitmen dalam mempertahankan faktor keselamatan di pelabuhan sehingga kelancaran arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok bisa tetap terjaga.

R.Istrijanto selaku Manager HSSE TPK Koja  menggaris bawahi hal ini, “Dengan adanya pengemudi yang handal dan patuh pada peraturan keselamatan, akan memudahkan kelancaran kegiatan bongkar muat barang dan pelayanan kepada pelanggan bisa maksimal. Hal ini sejalan dengan harapan pemerintah agar pelayanan di pelabuhan sebagai salah satu mata rantai logistik bisa tetap berjalan dengan baik dalam mendukung perekonomian nasional.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s