BANDINGIN SELERA ORANG INDONESIA BELI MOBIL BARU DENGAN DUNIA

Jakarta – Di akhir pekan ini Sabtu 16 Maret 2019, jbkderry.com ingin mengulas tentang selera orang Indonesia yang beda banget dengan selera publik di dunia saat membeli mobil baru.

Jadi di dunia pada tahun 2018, pasar mobil baru di segmen MPV (Multi Purpose Vehicle) alias mobil keluarga itu turun 14% dengan angka penjualan total menjadi 6 juta unit. Dan itu turun nyaris 1 juta unit ketimbang data penjualan mobil keluarga di dunia pada tahun 2017 (sumber data di sini).

Pasar mobil keluarga alias MPV turun hampir di semua pasar-pasar otomotif yang krusial, kecuali tentunya di Indonesia. Jika Anda ketik kata kunci “mobil terlaris 2019” di saat artikel ini diunggah, masih akan ditemui aksi kejar-kejaran posisi terlaris antara Mitsubishi Xpander dengan Toyota Avanza.

Dan tidak hanya itu, dari daftar 20 mobil terlaris selama Januari 2019, masih ada nama-nama mobil keluarga lainnya selain dua nama di atas, seperti Toyota Innova, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Daihatsu Xenia, dan Suzuki Ertiga.

Lantas bagaimana perbandingan selera orang Indonesia membeli mobil baru dengan beberapa negara tetangga.

Mari kita mulai dari Malaysia. Jadi di tahun 2018, berdasarkan data Malaysia Automotive Association (MAA), ada 533.202 unit mobil penumpang (passenger cars) yang terjual ke konsumen, dan sebagai produsen otomotif dengan penjualan terbanyak adalah Perodua yang berhasil menjual 227.243 unit.

Dari model kendaraan terlaris dari Perodua adalah hatchback (alias sedan tanpa buntut) yaitu Myvi, yang di Indonesia dipasarkan dengan nama Daihatsu Sirion.

Sementara di Thailand, selera konsumen terbanyak pada tahun 2018 lebih pada kendaraan double-cab Isuzu D-Max, Toyota Hi-Lux, Ford Ranger dan Mitsubishi Triton, yang kalau di Indonesia masuk dalam kategori kendaraan niaga ringan. Sementara untuk mobil penumpang (atau passenger cars) adalah juga kendaraan berdesain hatchback seperti di Malaysia. Bedanya kali ini pilihan masyarakat Thailand adalah Mazda2.

Di Singapura pada tahun 2018 berdasarkan data yang jbkderry.com dapatkan, klaim mobil terlaris antara Toyota Corolla atau Mazda3, tapi yang pasti lagi-lagi bukan mobil keluarga seperti di Indonesia.

Bagaimana dengan Vietnam? Dari referensi yang jbkderry.com dapatkan dari penelusuran di dunia maya, mobil terlaris di sana saat ini (data Januari 2019) adalah Honda CR-V yang berarti berdesain SUV.

Dan terakhir dari Filipina, mobil terlaris di negeri asal petinju Manny Pacquiao itu pada tahun 2018 adalah Toyota Vios, lalu di posisi kedua adalah Fortuner, dan di posisi ketiga adalah Toyota Wigo yang kalau di Indonesia dipasarkan dengan nama Agya.

Jadi itu dulu artikel di jbkderry.com untuk hari ini, guys. Semoga ada manfaatnya, terima kasih sudah menyempatkan diri untuk mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s