SENSASI NYETIR TRUK RINGAN TERKEREN DI INDONESIA: UD TRUCKS KUZER RKE 150

Terima kasih Astra UD Trucks atas kesempatan first drive impression Kuzer RKE 150

Jakarta – Selasa 19 Maret 2019, jbkderry.com dapat kesempatan istimewa melakukan first drive impression alias kesan pertama mengemudikan model kendaraan truk ringan terbaru dari UD Trucks, yaitu Kuzer RKE 150 di areal kantor pusat Astra UD Trucks di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Ada dua varian UD Trucks Kuzer RKE 150 yang disediakan oleh pihak Astra UD Trucks untuk dicicipi oleh para awak media undangan, yaitu WB 3350 dan yang terbaru WB 3850.

WB 3350 merupakan varian yang short chassis dan berada di segmen truk ringan dengan jarak antar sumbu roda 3,3 – 3,4 m. Sementara WB 3850 merupakan varian long chassis dan berada di segmen truk ringan dengan jarak antar sumbu roda 3,8 – 3,9 m.

UD Trucks Kuzer RKE 150 ditawarkan dalam dua varian yaitu WB 3350 dan WB 3850.

Kedua varian UD Trucks Kuzer RKE 150 ini sendiri mulai dipasarkan di awal tahun 2019, dan masuk di pasar truk ringan 6-roda (kategori 2) yang pasarnya paling besar di Indonesia, sekitar 80% dari total pasar truk di Indonesia pada tahun 2018 lalu.

Salah satu hal yang jbkderry.com sukai dari truk produksi UD Trucks adalah mereknya asal Jepang tapi aplikasi teknologi dan sensasi mengedarainya mendekati truk asal Eropa.

Ya, sejak tahun 2007 lalu, brand yang awalnya bernama Nissan Diesel ini telah diakuisisi oleh Volvo Trucks dari Swedia dan namanya pun berubah menjadi UD (Ultimate Dependability) Trucks. Tidak heran jika kemudian, pengembangan truk produksinya mewarisi karakteristik desain, fitur dan teknologi a la truk-truk Eropa termasuk kabinnya yang paling lapang dibanding para rivalnya asal Jepang.

“Teknologi modern pada Kuzer RKE 150 memang dibangun sesuai dengan kebutuhan pada pasar Indonesia. Dengan tenaga terbesar di kelasnya, Kuzer RKE 150 bekerja sesuai dengan motto produk yaitu “Made to Deliver Extra”. Teknologi Jepang yang ditanamkan pada produk ini menawarkan berbagai kemudahan bagi penggunanya,”  kata Hendro Priyo Purnomo, Kepala Wilayah IBB dari Astra UD Trucks, di hadapan awak media undangan, sesaat sebelum sesi first drive impression UD Trucks Kuzer RKE dimulai.

UD Trucks Kuzer RKE 150 dibekali mesin berkapasitas 3.760cc, dengan daya maksimal 150 hp/2.800 rpm dan torsi puncak 490 Nm yang dicapai merata 1400 – 1800 rpm, kecepatan maksimal diklaim hingga 110 km/jam.

Salah satu pesona yang dimiliki UD Trucks Kuzer RKE 150 adalah lebarnya yang mencapai 2,1 meter, sementara umumnya para rival di kelasnya memiliki lebar di kisaran 1,8 meter. Selain berpengaruh pada kemampuan daya angkut yang lebih besar, hal ini juga memberikan sensasi mengemudi yang lebih stabil, nyaman dan aman.

“Dengan spesifikasi (dimensi) seperti ini, jumlah kargo yang bisa diangkut sekitar 10 hingga 15 persen lebih unggul dibanding kompetitor di kelasnya,” imbuh Hendro.

Selain desainnya yang keren dengan keunggulan dimensi yang ditawarkan, UD Trucks Kuzer RKE 150 juga ramah pada pengemudi sejak awal. Ditandai dengan dua stage pijakan kaki untuk masuk ke dalam kabin, sehingga lebih nyaman dan memudahkan.

Masuk ke dalam kabin, suasana lega mudah dirasakan. Hal ini tidak terlepas dari faktor keunggulan dimensi yang ditawarkan. Selain lebar yang mencapai 2.135 mm, kabin UD Trucks Kuzer RKE 150 memiliki tinggi 1.867 mm dan panjang 1.725 mm. Hal ini juga tentu berdampak positif pada upaya menciptakan sudut pandang yang lebih baik pada tiap pengemudinya.

Saat masuk ke dalam kabinnya, Derry Journey yang menjadi test driver jbkderry.com langsung merasakan salah satu keunggulan lain dari UD Trucks Kuzer RKE 150 yang disebut tidak dimiliki para rival sekelasnya saat ini, yaitu panel istrumen dengan fitur MID (Multi Information Display) yang disebut tercanggih di kelasnya saat ini.

Saat kunci kontak diputar untuk menghidupkan mesin, seketika sekian lampu indikator di panel instrumen menyala, termasuk indikator angin di ban dan periode servis. Canggihlah pokoknya, menurut jbkderry.com.

Saat untuk menjalankannya di areal gedung kantor pusat Astra UD Trucks di kawasan Sunter. Tantangan pun sudah menanti, khususnya ketika melewati areal gedung utama yang akses jalannya terbatas dan ada beberapa kendaraan parkir yang harus dilalui.

Tapi klaim radius putar yang pendek, 5,75 meter untuk WB 3350 dan 7,00 meter untuk WB 3850, bisa Derry Journey buktikan sendiri. Selain radius putar yang pendek, kesan pada setir kemudinya rasanya tidak jauh beda dibanding saat mengemudikan salah satu varian low MPV terlaris di Indonesia.

Stabilitas saat berbelok pun mudah dirasakan. Menurut pihak Astra UD Trucks, selain faktor kelebihan pada dimensi lebarnya, hal ini juga tidak terlepas dari faktor aplikasi anti-roll bar dan frame terbesar serta diklai terkokoh di kelasnya.

Satu-satunya yang Derry Journey kritisi pada truk ringan 6 roda bermesin 3.760cc dengan sistem transmisi 6-percepatan dan fitur over drive ini adalah release pedal koplingnya yang terlalu dalam, tapi ternyata itupun bukan soal.

“Memang kalau truk baru seperti itu, mas. Nanti kalau sudah dibeli oleh konsumen pasti kita setting lagi kinerja kopling sesuai gaya mengemudi yang diinginkan oleh setiap sopirnya,” kata salah satu perwakilan pihak Astra UD Trucks yang bertugas mendampingi.

Oh, ternyata begitu toh. Kalau begitu ceritanya, pengalaman awal berkendara UD Trucks Kuzer RKE 150 ini berjalan nyaris sempurna untuk Derry Journey. Semoga ada kesempatan lain yang diberikan untuk mengemudikan UD Trucks Kuzer RKE 150 yang lebih lama buat Derry Journey.

One Reply to “SENSASI NYETIR TRUK RINGAN TERKEREN DI INDONESIA: UD TRUCKS KUZER RKE 150”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s