INI DIA JAWABAN RESMI KENAPA UD TRUCKS KUZER BARU DIJUAL DI TAHUN 2019

Jakarta – Selasa 19 Maret 2019, jbkderry.com akhirnya mendapat jawaban resmi dari pihak Astra UD Trucks kenapa UD Trucks Kuzer, model kendaraan truk ringan terbaru mereka baru mulai dikirim ke konsumen per bulan Januari tahun ini.

Itu berarti butuh hampir dua tahun sebelum akhirnya konsumen mulai menerima unit UD Trucks Kuzer RKE 150 yang mereka beli. Ya, APM UD Trucks Indonesia sudah memperkenalkan truk ringan 6-roda kategori dua ini pada GIIAS 2017.

Baca UD TRUCK PERKENALKAN TRUK RINGAN KUZER DI GIIAS 2017 dan UD TRUCK KUZER DISIAPKAN MENJADI MARKET LEADER DI SEGMEN TRUK RINGAN.

UD Trucks Kuzer RKE 150 ditawarkan dalam dua varian yaitu WB 3350 dan WB 3850.

“Ya, prosesi pengiriman ke konsumen baru dilaksanakan di bulan Januari 2019 ini. Kenapa butuh lama? Buat kami di Astra UD Trucks yang terpenting bukan semata memasarkan produk truk yang baik dan bisa memenuhi ekspektasi para konsumen, tetapi juga bagaimana mempersiapkan kesiapan layanan purna jual dan ketersediaan suku cadang yang merata di seluruh jaringan layanan after sales resmi yang kami miliki di seluruh Indonesia,” kata Hendro Priyo Purnomo, Kepala Wilayah IBB dari Astra UD Trucks.

Di tengah acara Media Gathering yang dilaksanakan pihak Astra UD Trucks  di kantor pusat mereka di kawasan Sunter – Jakarta Utara (19/3), Hendro juga sempat menuturkan beberapa hal di bidang layanan purna jual untuk melayani kebutuhan perawatan UD Trucks Kuzer ke depannya di Indonesia.

Di antaranya ada layanan teknis 24 jam 7 hari seminggu yang tersedia di beberapa kota pasar krusial di Indonesia.

“Kami juga telah menyiapkan layanan purna jual terintegrasi , dimana sistem dan jaringan outlet Astra UD Trucks saling terhubung dengan outlet lainnya di seluruh Indonesia, sehingga semua histori data perawatan, serta paket servis yang sudah dibeli dapat terintegrasi dan dapat dilihat di seluruh cabang Astra Astra UD Trucks,” imbuh Hendro.

Pihak Astra UD Trucks juga telah menyiapkan armada Mobile Workshop, yaitu berupa solusi servis langsung di tempat pelanggan yang meliputi; perawatan rutin, perbaikan ringan dan diganosa kendaraan. Layanan prima ini didukung alat dan perlengkapan lengkap, UD Genuine Parts dan UD Certified Mechanics.

Pihak Astra UD Trucks juga menyiapkan pelatihan pengemudi, dengan tujuan dan harapan menciptakan pengemudi handal untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi. Pelatihan mengemudi meliputi; pemahaman produk, pengecekan truk, tips berkendara hemat BBM, dan teknik mengemudi. Pelatihan dilaksanakan di dalam kelas.

Pihak Astra UD Trucks juga menyiapkan UD Service Agreement (UD Trust), yaitu berupa perjanjian menyeluruh yang dirancang khusus agar konsumen dapat mengurangi biaya total pemeliharaan truk. Perhitungan berdasarkan Cost per kilometer (CPK) yang disesuaikan dengan bisnis pelanggan.

Pada kesempata itu pula, pihak Astra UD Trucks memaparkan mengenai varian UD Trucks Kuzer RKE 150 yang dipasarkan dalam dua varian yaitu WB 3350 dan yang terbaru WB 3850.

WB 3350 merupakan varian yang short chassis dan berada di segmen truk ringan dengan jarak antar sumbu roda 3,3 – 3,4 m. Sementara WB 3850 merupakan varian long chassis dan berada di segmen truk ringan dengan jarak antar sumbu roda 3,8 – 3,9 m.

“Sekitar 80 persen pasar truk di Indonesia pada tahun 2018 lalu bermain di segmen pasar truk ringan 6-roda (kategori 2),” kata Hendro.

Dari setiap varian UD Trucks Kuzer RKE 150 yang ditawarkan itu, ada tiga model yang bisa dipilih konsumen yaitu; tipe Basic (telah dilengkapi dengan fitur Cruise Control dan Fuel Coaching), tipe Intermediate (telah dilengkapi dengan fitur Cruise Control, Fuel Coaching dan AC), serta tipe tertinggi Fully Loaded yang telah dilengkapi dengan fitur Cruise Control, Fuel Coaching, AC dan Telematic.

Fitur Fuel Coach pada UD Trucks Kuzer RKE 150 juga telah dilengkapi real time Coach sebagai standar, dimana pada layar panel instrumen akan ada informasi bagi pengemudi tentang kapan harus menambah atau mengurangi kecepatan, mengganti gigi percepatan dan beberapa hal lain, dimana manfaaatnya untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar dan tenaga yang maksimal. Fitur ini dapat difungsikan saat kecepatan di atas 30 km/jam.

UD Trucks Kuzer RKE 150

UD Trucks Kuzer RKE 150 dibekali mesin berkapasitas 3.760cc, dengan daya maksimal 150 hp/2.800 rpm dan torsi puncak 490 Nm yang dicapai merata 1400 – 1800 rpm, kecepatan maksimal diklaim hingga 110 km/jam.

Kuzer RKE 150 didesain dengan menggabungkan mesin CRS (Common Rail System) yang merupakan sistem generasi baru dengan rancangan praktis dan lincah serta ketahanan yang teruji lama. Kombinasi teknologi terdepan Common Rail Engine dan Engine Management System ini  juga memberikan performa terbaik dan efisiensi maksimal pada bahan bakar.

UD Trucks Kuzer RKE 150 dibekali mesin berkapasitas 3.760cc, dengan daya maksimal 150 hp/2.800 rpm dan torsi puncak 490 Nm yang dicapai merata 1400 – 1800 rpm, serta ditandemkan dengan sistem transmisi manual 6-percepatan maju, satu gigi mundur, dan fitur over drive. Kecepatan maksimalnya diklaim hingga 110 km/jam.

Teknologi modern pada Kuzer RKE 150 diklaim memang dibangun sesuai dengan kebutuhan pada pasar Indonesia. Dengan tenaga terbesar di kelasnya, Kuzer RKE 150 bekerja sesuai dengan motto produk yaitu “Made to Deliver Extra”. Teknologi Jepang yang ditanamkan pada produk ini menawarkan berbagai kemudahan bagi penggunanya.”

UD Trucks Kuzer RKE 150 juga disebut sebagai produk yang berbasis komunikasi CAN (Control Area Network), membuat produk ini didukung oleh fitur-fitur truk yang canggih  dengan kecepatan respons data yang dapat diandalkan.

Terima kasih Astra UD Trucks atas kesempatan first drive impression Kuzer RKE 150

Dari segi tampilan, bagian depannya hadir dengan desain hexagonal yang mengilustrasikan kekuatan dan ketangguhan yang ditawarkan.  Selain dilengkapi dengan mesin 150 Hp yang kuat dan dapat diandalkan, sistem pengereman pada Kuzer juga dibangun dengan sistem pengereman modern  Full-Air Brake  yang  memberikan tingkat keamanan maksimal bagi pengemudi dan merupakan satu-satunya di kelasnya.

UD Trucks Kuzer RKE 150 juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan seperti Cruise Control, kursi pengemudi yang dapat diatur dalam 4-posisi, kabin yang luas, akses masuk ke kabin yang lebih mudah dengan dua pijakan anti slip serta tiang pegangan untuk naik dan turun, serta lampu yang dilengkapi dengan lampu jauh, lampu dekat, lampu posisi dan indikator belok, serta lampu emergensi (hazard).

Test driver jbkderry.com yaitu Derry Journey juga sudah sempat merasakan impresi awal berada di balik kemudi UD Trucks Kuzer RKE 150 WB 3850. Silakan baca SENSASI NYETIR TRUK RINGAN TERKEREN DI INDONESIA: UD TRUCKS KUZER RKE 150.

Awrait, terima kasih sudah mampir. Semoga informas ini bermanfaat untuk Anda.

4 Replies to “INI DIA JAWABAN RESMI KENAPA UD TRUCKS KUZER BARU DIJUAL DI TAHUN 2019”

  1. Mesin terbesar dan kabin ternyaman di kelasnya 😁, semoga sukses seperti quester

    Namun kayaknya perlu keluarin yg versi lwb deh, eman eman mesin gede kalau baknya bantet 😁

      1. kita tunggu respon pasar 😀

        btw kalau lihat produk ini jadi inget Tata Ultra 1012, fitur seabrek, chasisnya juga ideal, tapi sayang penjulannya tidak terlalu moncer

      2. Siap, mereka juga targetnya melalui existing customers (data base Quester) dulu sih katanya kemarin, nanti setelah itu baru berjenjang ke pasar terbuka dan dalam 5 tahun ke depan baru pasang target pangsa pasar 20% di segmennya. Kalau soal UD Trucks mungkin case-nya agak beda dengan Tata yang baru masuk, kalau UD Trucks kan cuma rename dari Nissan Diesel, jadi faktor perjalanan trust-nya lebih panjang, imo. Tapi ya, setuju, biar pasar nanti yang menentukan. Btw, terima kasih sudah sharing opini, Om.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s