HYUNDAI SEMAKIN SERIUS MENGGARAP PASAR SUV

Jakarta – Pabrikan mobil paling terkemuka asal Korea yaitu Hyundai nampak semakin serius menggarap pasar kendaraan berdesain SUV.

Saat artikel ini dibuat, di segmen small SUV melalui Creta yang secara khusus dipasarkan di wilayah India dan Cina, lalu di segmen di atasnya yaitu di segmen sub-compact SUV ada salah satu model kendaraan terbaru yang diberi nama Hyundai Kona.

Di segmen compact-SUV atau biasa juga disebut medium-SUV ada Hyundai Tucson. Satu segmen di atasnya ada Hyundai Santa Fe di kategori SUV, lalu yang paling terbaru versi SUV dengan ekstra dimensi atau large-SUV ada Palisade yang diperkenalkan di Amerika pada akhir tahun 2018.

Bahkan kalau memperluas skop ke segmen kendaraan SUV berteknologi masa depan energi listrik, ada nama Hyundai NEXO dan Hyundai Kona EV.

Di Indonesia sendiri saat ini, baru ada Santa Fe dan Tucson yang menjadi volume maker atau model terlaris Hyundai, selain H-1 yang bermain di kelas mid-premium MPV.

Nah, menjelang pelaksanaan IIMS 2019 yang berlangsung mulai tanggal 25 April nanti di JIExpo Kemayoran, publik termasuk jbkderry.com pun menduga-duga apakah PT Hyundai Mobil Indonesia akan memperluas lineup modelnya di segmen SUV?

Jawabannya, bisa jadi, mengingat pasar SUV di tanah air semakin digemari masyarakat.

“Bisa dibilang saat ini, konsumen pembeli mobil baru di Indonesia sudah memperluas caranya menentukan mobil baru yang ingin dibeli. Bukan lagi soal kategori mobil misalnya MPV yang sebelumnya biasanya menjadi prioritas utama, tapi sekarang juga variabel dana yang ada juga menjadi pertimbangan utama. Misalnya dengan budget tertentu bisa dapat mobil baru apa saja baik itu MPV ataupun SUV,” kata Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia, Senin 1 April 2019.

Pertanyaannya, jika akan memboyong varian SUV di IIMS 2019, kira-kira model apakah yang kansnya paling kuat masuk Indonesia?

Jika melihat kategori harga terseksi saat ini rasanya Kona yang paling realistis dan seksi untuk dibawa. Mengapa? Berikut analisa a la secangkir kopi jbkderry.com:

1. Saat ini rentang harga Rp 280 juta hingga Rp 320 juta masuk kategori ceruk SUV yang seksi. Buat yang tidak ingin mainstream dengan memilih Honda HR-V, pilihannya selain ada Chevrolet Trax, kini ada pilihan lainnya yaitu DFSK Glory 580 dan Wuling Almaz.

Tentu seksi jika Hyundai Kona bisa masuk dan bermain di rentang harga tersebut, sehingga bisa memberikan pilihan yang lebih variatif dan berkualitas ke konsumen.

2. Mengikuti trend dunia yang semakin menyukai SUV. Berdasarkan data JATO pada tahun 2018 lalu, Hyundai menempati posisi ke-5 dengan penjualan SUV terbanyak di dunia dari 35 brand atau merek yang dinilai. Tidak hanya berhasil mendulang angka penjualan yang laris manis di segmen SUV, nilai pertumbuhannya pun mencapai double digit yaitu sebesar 24% lebih tinggi dibanding pencapaian di tahun 2017.

Sepanjang tahun 2018, Hyundai berhasil menjual 1.492.072 unit kendaraan berdesain SUV.

Lalu dari 35 model kendaraan SUV terlaris di dunia sepanjang tahun 2018, Hyundai Tucson menjadi yang terlaris dengan angka penjualan 511.963 unit dan menduduki posisi ke-8 terlaris. Lalu diikuti oleh Santa Fe di posisi ke-26 dari 35 model SUV terlaris di dunia, dengan penjualan 288.885 unit.

Kona yang baru mulai dipasarkan di awal tahun 2018 lalu  juga terus menunjukkan grafik naik dalam hal penjualan. Hal ini jbkderry.com lansir dari situs carsalesbase.com.

Dari data Jato.com, segmen small SUV atau sub-compact SUV sepanjang tahun 2018 lalu berhasil terjual 6,58 juta unit, itu naik 13% dibanding pencapaian tahun 2017, dan Hyundai menjadi salah satu produsen otomotif yang menuai penjualan paling mengesankan di segmen ini.

Bagaimana, PT Hyundai Mobil Indonesia? Jadi Kona neeh…

One Reply to “HYUNDAI SEMAKIN SERIUS MENGGARAP PASAR SUV”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s