KESAN AWAL TEST DRIVE TOYOTA AVANZA VELOZ BARU 2019

Jakarta – Jumat 29 Maret 2019, jbkderry.com berkesempatan berada di balik kemudi generasi terbaru Toyota Avanza Veloz 1.5 AT, dan lokasi mengemudikannya pun terhitung istimewa, yaitu di fasilitas Toyota Driving Experience (TDE) pertama di Indonesia yang berlokasi di areal belakang kantor pusat PT Toyota Astra Motor (TAM) di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Saat berada di balik setir kemudi dan memasang sabuk pengaman, Derry Journey selaku test driver jbkderry.com langsung berusaha mengingat apa saja “pekerjaan rumah” Avanza generasi terdahulu yang harus ditemukan pada versi terbaru ini.

Hipotesisnya mungkin sama dengan pemikiran umum, yaitu persoalan handling yang kurang enak dan keentengan khususnya pada kecepatan tinggi, serta efek limbung pada kinerja suspensi belakang khususnya selepas tikungan.

Dua “pekerjaan rumah” itulah yang Derry Journey berusaha temukan jawabannya pada generasi terbaru Toyota Avanza Veloz 1.5 AT yang diperkenalkan di Jakarta pada 15 Januari 2019 lalu.

Baca juga TOYOTA AVANZA TERBARU 2019 DIKLAIM JAUH LEBIH NYAMAN DAN HENING DIKENDARAI.

Sebagai gambaran medan pengujian first drive impression Toyota Avanza Veloz 1.5 ini, berikut gambaran fasilitas trek yang ada di TDE:

Fasilitas TDE yang bisa dinikmati secara gratis oleh setiap calon konsumen atau peminat kendaraan Toyota di Indonesia didirikan atas areal dengan luas sekitar 10.000 m2, dan memiliki area-area tertentu yang didukung trek-trek khusus agar pelanggan bisa optimal merasakan berbagai kelebihan dari mobil Toyota yang dikendarai dalam berbagai kondisi dan medan jalan.

Selain area untuk menguji Comfort dan Handling mobil, TDE juga dilengkapi area untuk menguji Speed dan Semi Off-Road.  Untuk area Comfort, trek yang disediakan adalah Smooth Asphalt agar pelanggan mengetahui stabilitas dan kebisingan mobil, Slope Hill untuk mengetes HAC dan torsi awal mobil, Speed Bump untuk pergerakan body mobil dan suspensinya.

Untuk area Handling, trek yang disediakan adalah U-Turn guna mengetahui kemampuan kemudi pengendalian mobil saat berputar, Parking Condition untuk mengetes kepekaan sensor dan kamera parkir, dan Slalom/Zigzag untuk mengetahui respon kemudi dan daya lempar bodi mobil (tingkat kelimbungan mobil) ke arah luar jalur saat kendaraan sedang berbelok atau bermanuver.

Pada area Speed, trek yang disediakan adalah Acceleration agar pelanggan mengetahui respon mesin mobil saat dipacu pada kecepatan tertentu, dan trek Breaking guna mengetahui ekeftifitas pengereman.  Sedangkan untuk area Semi Offroad, trek yang disediakan adalah Flooding untuk mengetahui kemampuan mobil saat melintasi jalan dalam kondisi banjir dan Pot Hole guna mengetahui kemampuan dan ketangguhan mobil.

Dengan kondisi trek seperti itu, Derry Journey menemukan kinerja handling Avanza Veloz 1.5 AT terbaru ini berhasil menyelesaikan satu “pekerjaan rumah” yang sebelumnya banyak dikritisi para pemilik Avanza generasi sebelumnya.

Kesimpulan itu Derry Journey bisa dapatkan sewaktu melalui satu lintasan trek yang diberi nama Slalom/Zigzag. Kinerja sistem kemudi terasa lebih mantap dan presisi saat diajak melibas kelokan-kelokan yang dibatasi oleh kerucut-kerucut lalu lintas (cone).

Bagaimana dengan efek limbung pada kinerja suspensi belakang, selepas tikungan? Pada trek yang sama, Derry Journey pun menemukan “pekerjaan rumah” lainnya pun terselesaikan.

Dengan dua tugas utama yang terselesaikan, rasanya tidak terlalu muluk jika Toyota Avanza dan Toyota Veloz (versi teratasnya) didaulat untuk kembali menguasai tahta low MPV yang telah dikuasainya sejak tahun 2003 silam.

Enggak percaya? Silakan minta bantuan salesman dari dealer resmi Toyota terdekat untuk dibantu dibuatkan jadwal pengujian di Toyota Driving Experience, dan buktikan sendiri kesimpulan Derry Journey ini.

Jika sudah, dan Anda punya komentar yang lain silakan ditinggalkan pada komen di bawah artikel ini.

Jangan lupa baca juga DI SINI BISA TEST DRIVE SEMUA MOBIL TOYOTA YANG DIJUAL DI INDONESIA dan MEMBAYANGKAN RESPON LOYALIS PADA TOYOTA AVANZA TERBARU (ULASAN SECANGKIR KOPI).

Awrait, demikian dulu informasinya. Terima kasih telah menyempatkan waktu mampir, dan semoga informasi ini ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s