KABAR TERUNGKAP HYUNDAI KONA JADI MOBIL BARU YANG MELUNCUR DI IIMS 2019

Jakarta – Senin 8 April 2019, PT Hyundai Mobil Indonesia akhirnya menegaskan jika mobil baru yang diperkenalkan pada IIMS 2019 di JIExpo Kemayoran – Jakarta (25 April – 5 Mei 2019) adalah Hyundai Kona.

Ini tentu menjadi kabar baik bagi para pecinta brand Hyundai dan juga para penggemar SUV dengan dimensi atau ukuran compact, atau lebih tepatnya lagi disebut segmen sub-compact SUV, di tanah air.

Kehadiran Hyundai Kona akan memberikan pilihan yang makin beragam di segmen sub-compact SUV di Indonesia, yang saat ini telah diramaikan oleh Honda HR-V, Mazda CX-3, Toyota C-HR dan Chevrolet Trax.

Sayang, pihak PT Hyundai Mobil Indonesia masih mengunci rapat-rapat informasi mengenai harga. “Jika penasaran, bisa mengunjungi booth Hyundai di IIMS 2019 yang berlokasi di Hall A-6 (JIExpo Kemayoran – Jakarta). Kami akan melakukan public launching All New Hyundai Kona pada tanggal 25 April 2019,” kata Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia.

Kehadiran Hyundai Kona sendiri di dunia terhitung spesial, karena di saat peluncuran, Hyundai Motor Company juga merilis versi edisi khusus Hyundai Kona Iron Man Special Edition dan langsung dipajang di fasilitas keren Hyundai Motorstudio di Seoul, Korea.

“Hyundai Kona menekankan pada tampilan yang stylish dan fungsionalitas yang tinggi untuk konsumen yang menginginkan kendaraan compact SUV dengan desain tangguh dan mengedepankan cita rasa gaya hidup tinggi, sistem konektivitas terbaru dan standar keamanan terdepan,” kata Euisun Chung, Vice Chairman dari Hyundai Motor Company.

Kembali pada kehadiran Hyundai Kona di Indonesia di bulan April 2019 ini. Saat mengundang awak media dalam kegiatan Sneak Preview – Hyundai Kona, akses ke kabin mobil juga masih terkunci, sehingga jangankan media kelas secangkir kopi jbkderry.com, media-media mainstream pun belum diperbolehkan masuk ke dalam kabin.

Hanya saja kesan desain modern dan terbaru dari Hyundai sangat mudah terlihat. Mulai dari desain grille hexagonal yang menjadi ciri khas atau signature SUV Hyundai juga terlihat pada Kona. Selain itu juga terlihat kesan wide stance alias proporsi lebar yang sangat terlihat untuk kendaraan sekelasnya, hal ini tentu sangat berpengaruh pada stabilitas kendaraan saat melaju.

Kesan SUV modern dengan filosofi desain terbaru Hyundai, Fluidic Sculpture 2.0, juga terlihat alur garis atapnya yang sangat kental aura streamline untuk mengejar sektor performa dan beban hambatan angin yang lebih baik. Hal ini tentu bermanfaat pada upaya menciptakan laju kendaraan yang lebih baik, plus efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Kesan SUV juga terlihat pada keberadaan roof rail di bagian atap, serta aplikasi ban Nexen (ban asal Korea) ukuran 215/55 yang membungkus velg ukuran 17″ dengan kembangan yang mirip pada abangnya Hyundai Tucson.

Bocoran informasi lain yang jbkderry.com bisa dapatkan pada Hyundai Kona yang akan diperkenalkan di IIMS 2019 adalah akses ke kabin sudah keyless, dan juga untuk menghidupkan dan mematikan mesin tinggal dengan memencet tombol.

Mengenai pilihan tipe, PT Hyundai Mobil Indonesia di awal ini hanya akan memperkenalkannya dalam satu tipe, namun untuk informasi mesin dan sistem transmisinya masih dirahasiakan.

Hanya saja di luar negeri, Hyundai Kona dihadirkan dengan pilihan mesin bensin dan diesel yang bervariatif, tergantung pasar yang dituju.

Ada mesin bensin 2.0-liter MPI Atkinson bertenaga 149 PS dan torsi maksimum 179 Nm/ 4500 rpm. Dipadankan dengan transmisi otomatis 6-percepatan, sub compact SUV dari Hyundai ini mampu melesat 0-100 kpj dalam waktu 10 detik dan top speed 194 km/jam.

Lalu ada mesin Gamma 1.6T-GDI (twin-scroll turbocharger) yang mampu menghasilkan tenaga 177PS, 0-100 km/jam hanya 7,7 detik dan top speed 210 km/jam. Mesin ini mampu mengantarkan torsi maksimum 265 Nm yang dicapai merata 1.500 – 4.500 rpm, serta dipadankan dengan transmisi 7-speed dual clutch (7DCT).

Untuk konsumen di Eropa ada juga pilihan mesin 1.0 T-GDI turbocharged 3-silinder dengan transmisi manual 6-percepatan. Mesin mampu menghasilkan teaga 120 PS, 0-100km/jam dalam 12 detik, kecepatan maksimum 181 km.jam, serta torsi maksimum 172 Nm secara merata dari 1.500 hingga 4000 rpm.

Ada juga pilihan mesin diesel 1.6 untuk beberapa market tertentu, termasuk juga di Eropa.

Oh iya, selain berhasil menjadi tulang punggung baru penjualan Hyundai di dunia, khususnya di segmen SUV, Hyundai Kona juga telah menerima sejumlah penghargaan prestisius berkelas dunia. Berikut di antaranya:

  • 23 Februari 2018: iF Design Award
  • 9 April 2018: Red Dot Design Award
  • 14 September 2018: Top Segment in J.D.Power; Tech Experience Study
  • 20 September 2018: IDEA Design Award
  • 14 Januari 2019: North America Utility Vehicle of the Year
  • 16 Januari 2019: Best Subcompact SUV – Car and Driver
  • 23 Januari 2019: Crossover of the Year – Texas Motor Press Association
  • 5 Februari 2019: Best Subcompact SUV for the Money – U.S News & World Report

Bagaimana, tertarik memiliki Hyundai Kona yang didesain dengan aura a la Iron Man ini? Yuk, ke IIMS 2019.

Sampai ketemu di sana yah…

Baca juga HYUNDAI SEMAKIN SERIUS MENGGARAP PASAR SUV.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s