HYUNDAI VENUE: SUV TERKECIL DARI PABRIKAN MOBIL KOREA

Mancanegara – Tepat di hari pemilihan presiden di Indonesia, 17 April 2019, Hyundai memperkenalkan sebuah SUV terbaru di ajang New York Auto Show dengan nama Venue.

Venue merupakan kendaraan berdesain crossuver terkecil dari Hyundai sejauh ini, segmentasinya ada di bawah Hyundai Kona atau sederhananya segmentasinya ada di bawah kelas sub compact SUV.

Mungkin nanti akan istilah baru semacam small SUV atau mini SUV, silakan Anda informasikan di bawah jika tahu klasifikasi yang lebih tepatnya.

Beberapa ulasan yang jbkderry.com simak di jagat maya, Hyundai Venue diposisikan sebagai rival Ford EcoSport namun dengan tampilan yang lebih modern dan stylish. Iya sih, namanya juga mobil baru, gaeezzzz…

Ada juga yang menyebut Hyundai Venue yang sedianya diperkenalkan pula di India sebagai rival Suzuki Ignis. Atau dengan kata lain, harganya lebih terjangkau untuk konsumen pemula yang berminat pertama kali memiliki kendaraan berdesain SUV.

Beberapa karakteristik Hyundai Venue yang cocok untuk konsumen pembeli SUV pemula di kawasan urban, adalah desain eksteriornya yang gagah dan modern, layout interior yang berkelas, serta nampak lebih gesit dan mudah saat ingin parkir mengingat dimensinya yang terhitung kecil.

Menurut pernyataan resmi dari Hyundai, Venue merupakan lineup model SUV ketujuh yang mereka pasarkan. Di Indonesia sendiri saat ini, Hyundai baru mengenalkan tiga model kendaraan SUVnya yaitu Santa Fe, Tucson, dan yang terbaru diperkenalkan di IIMS 2019 yaitu Kona.

Kira-kira kapan mulai dipasarkan? Kalau di Amerika Serikat dan India, sedianya di tahun 2019 ini. Kalau di Indonesia nampaknya harus lebih bersabar, meski tidak menutup kemungkinan ada kejutan spesial dari PT Hyundai Mobil Indonesia yang sementara ini masih fokus pada prosesi peluncuran Hyundai Kona di IIMS 2019 yang dimulai pada tanggal 25 April nanti.

Di Amerika Serikat, Hyundai Venue hadir dengan dukungan satu pilihan mesin bensin 1,6-liter, serta dua pilihan transmisi manual 6-percepatan atau Smartstream IVT (Intelligent Variable Transmission).

Desain eksterior Venue mengusung identitas yang juga ditemukan pada Hyundai Kona dan NEXO dengan ciri khas cascading grille. Kaki-kakinya ada yang menggunakan velg ukuran standar 15-inci, namun ada juga pilihan velg 17-inci.

“Setelah memperkenalkan Palisade sebagai model kendaraan tertinggi kami di segmen SUV, kini kami memperkenalkan model kendaraan SUV terkecil. Meski kecil, namun Venue merupakan kendaraan yang unik dengan desain yang berani,” kata SangYup Lee, Executive Vice Presidet dari Hyundai Motor Group.

Di dalam kabin, Hyundai dilengkapi dengan sistem audio layar sentuh ukuran 8-inci yang telah dilengkapi fitur Android Auto dan Apple Car Play.  Teknologi mewah yang ada di dalamnya juga yaitu Bluetooth® Hands-free Phone System & Next-generation Blue Link® Connected Car System, Dual Charging USB (USB fast charging and USB 2.0 data reading), Rear View Monitor, Heated Front Seats and Side Mirrors, Drive modes includes snow mode for FWD driving performance/Advanced Safety Technologies, Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision Warning (BCW), Driver Attention Warning (DAW), serta Cross-Traffic Warning (RCCW). 

Berikut informasi perbanding dimensi Hyundai Venue dan abangnya Kona sebagaimana dikutip dari situs Hyundai di Amerika. Oh iya, 1 inci sama dengan 2,54 cm, serta 1 cubic feet itu sama dengan 1.000 liter.

Silakan dihitung sendiri yah, namanya juga media kelas secangkir kopi (warung) lagi males ngitung…

Dimensions (in.) Venue Kona Difference
Overall Length 158.9 164.0 (5.1)
Overall Width 69.7 70.9 (1.2)
Overall Height 61.6 61.0 0.6
Wheelbase 99.2 102.4 (3.2)
Interior (cu.-ft.)      
Total Interior Volume 110.6 113.3 (2.7)
Passenger Interior

Volume

91.9 94.1 (2.2)
Cargo Capacity, Rear

Seats Up

18.7 19.2 (0.5)
Cargo Capacity, Rear

Seats Down

31.9 45.8 (13.9)

At the end, pada dua video di bawah ini, Anda juga bisa melihat kalau Hyundai Venue hadir dengan atap model two-tone color (beda warna dengan bodi), dan interior kursi baris kedua yang masih menyisakan ruang kepala dan kaki untuk orang dewasa, alias masih cukup lega untuk ukuran orang dewasa.

Terima kasih telah mampir, semoga ada manfaatnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s