TONY STARK ATAU BRUCE WAYNE? #BUKANSPOILER

Jakarta – Saat artikel ini dibuat Kamis 25 April 2019, film terbaru para jagoan Marvel di Avengers: End Game sudah mulai tayang di hari kedua. jbkderry.com sendiri sudah menontonnya di jam tayang perdana 10:30 WIB Rabu 24 April 2019 di Cinema XXI Bogor Trade Mall.

Tapi tenang, artikel ini tidak akan mengungkap spoiler dari film yang berdurasi 3 jam dengan biaya produksi antara US$350 juta – US$400 juta ini, kira-kira antara Rp 4,9 triliun hingga Rp 5,6 triliun.

Artikel ini hanya ingin mengajak mencari tahu siapa tokoh superhero paling favoritmu di pasukan The Avengers. Kalau abang Rasy, putra ketiga Derry Journey, sukanya Ant-Man dan Black Panther. Sementara ayahnya Derry Journey paling suka Tony Stark, dan kedua baru Peter Parker.

Eh, spoiler sedikit deh, ternyata Peter Parker juga adalah tokoh superhero The Avengers yang paling dapat tempat di hati Tony Stark, sudah kayak anak ideologisnya.

Kembali ke inti artikel ini, yaitu soal Tony Stark. Kenapa ia yang paling baik difavoritkan di antara para tokoh The Avengers?

Tony Stark itu karakternya mirip dengan Bruce Wayne di DC Comics; yatim piatu sejak kecil, cerdas level jenius, penderma, dan pewaris perusahaan kelas raksasa dari orang tuanya.

Tony mewarisi Stark Industries, sementara Bruce punya Wayne Enterprises. Tony bukanlah “korban” rekayasa genetika seperti Peter Parker, Steve Rogers, Bruce Banner, ataupun Carol Danvers. Seperti halnya Bruce Wayne di DC Comics, Tony sendiri yang membuatkan rekayasa kekuatan superhero untuk dirinya sendiri dengan membuat baju baja yang multi kekuatan tempur, dibantu asisten virtualnya Jarvis.

Untuk urusan asisten, Tony selangkah lebih modern dibanding Bruce yang mengandalkan sosok Alfred Pennyworth sebagai asisten setianya.

Urusan kepribadian, baik Tony maupun Bruce sama-sama punya karakter yang unik, dan terkadang sulit ditebak. Masih ingat Bruce Wayne (versi Christian Bale) yang tiba-tiba ke Wayne Enterprises dalam keadaan mabuk dan ditemani dua wanita penghibur? Ataupun Tony Stark yang datang ke bar untuk mabuk dan membuat suasana gaduh?

Peter Parker dan Bruce Banner juga memang jenius, tapi Bruce Banner tidak memiliki karakter seriang Tony, ataupun Peter meski jenius tapi menurut Doctor Octopus, “Brilliant but lazy.”

Di akhir artikel remeh temeh khas secangkir kopi ini, sosok Tony Stark dan Bruce Wayne pas menjadi inspirasi anak-anak millenial.

Keduanya membuktikan jika bukan kekuatan tersuper a la Kal El dari Planet Krypton ataupun seperti putra Odin dari Planet Asgard yang bisa menjadi superhero terlengkap dalam urusan pengembangan kemampuan otak, cara berpikir, cara bersikap, rasa pantang menyerah, dan senantiasa punya hati.

Ya, manusia-manusia biasa a la Tony dan Bruce telah membuktikan jika merekalah “otaknya” di pasukan The Avengers ataupun Justice League. Mungkin kalau di kehidupan nyata saat ini seperti anak yang tumbuh di bantaran kanal dengan kehidupan kurang layak dan akhirnya bisa menjadi orang nomor satu di negeri ini. Kalau dari dalam negeri mungkin seperti tokoh Gatot Kaca yang sering kali dilukiskan memiliki tampilan fisik biasa saja, tapi memiliki kekuatan otot kawat tulang besi.

Nah, sekarang giliranmu yang menentukan seperti judul artikel ini, mau pilih mana antara Tony Stark atau Bruce Wayne? Silakan tinggalkan komentar di bawah, dan terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir di media kelas secangkir kopi ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s