MELIHAT MUDIK LEBARAN 2019 YANG BERBEDA

Ciamis – Berbeda dengan beberapa kenalan baik yang merasakan manfaat positif pembangunan jalan tol di jalur utara Jawa, perjalanan mudik Derry Journey bersama Darth Vader yang melintasi jalur selatan Jawa hingga tahun 2019 ini justru terjebak dalam kondisi kemacetan yang semakin kusut.

Di saat perjalanan Jakarta – Malang atau Jakarta – Surabaya hanya membutuhkan waktu antara 12 jam hingga 13 jam, perjalanan Bogor – Ciamis di momen mudik Lebaran tahun 2019 justru pecah rekor 18 jam 9 menit. Padahal sudah melintasi jalan alternatif Cijapati – Rancasalak – Kadungora – Singaparna (di kawasan Garut), apalagi jalur utama Nagreg – Malangbong – Limbangan yang lebih kusut bahkan kabarnya macet total.

Soal perjalanan mudik Lebaran 2019 sudah diunggah jbkderry.com di hari Jumat 6 Juni 2019. Nah, artikel kelas secangkir kopi kali ini adalah melihat sisi lain dari sebuah perjalanan mudik di jalur selatan yang semakin kusut. Padahal biaya tolnya lebih mahal untuk tiba di kawasan Cileunyi.

Sisi lain yang dicatat Derry Journey dalam mudik Lebaran 2019 ini adalah kinerja aparat kepolisian. Jika sebelum-sebelumnya, profesi mereka kerap diabaikan oleh Derry Journey, namun tidak kali ini. Sejak berkembangnya aliran radikal berbungkus “religi”, seketika profesi polisi jadi terasa lebih mulia.

Ya, sebenci-bencinya pada polisi tentu sangat tidak etis untuk menyerang mereka di saat menjalankan tugas negara seperti yang terjadi di Pos Polisi Kartasura beberapa hari lalu.

Dan tepat di hari kedua Lebaran 2019, jbkderry.com justru merasa terharu sekaligus respek dengan kinerja para aparat kepolisian yang membantu arus kemacetan di jalur selatan. Di saat banyak keluarga muslim di negeri ini tengah merayakan hari sukacita dan kemenangan, mereka justru harus berjibaku di jalan yang super sumpek. Meninggalkan keluarga tercinta di rumah, di saat kondisi keamanan mereka justru lebih rentan di saat ini.

Artikel kelas secangkir kopi ini pun lebih menjadi pengingat untuk lebih menghargai profesi pihak kepolisian di saat menjalankan tugas. Terbayang tanpa mereka, jalanan akan semakin kusut apalagi di saat momen Lebaran dan tradisi mudik ke kampung halaman tiba.

Terima kasih, bapak dan ibu polisi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s