BERLARILAH SESUAI UMUR JANGAN DIPAKSA

Ciamis – Selepas menjalankan kewajiban puasa Ramadhan di tahun 2019 bagi umat muslim, aktivitas pun kembali berjalan normal termasuk kebiasaan untuk tetap berolahraga.

Sabtu pagi 8 Juni 2019 pukul setengah enam pagi WIB, Derry Journey kembali melakukan aktivitas berlari dari kawasan Sindang Rasa menuju alun-alun Ciamis yang berdasarkan info di Google Maps jaraknya 3,8 km dan jika berjalan kaki dibutuhkan waktu sekitar 44 menit.

Dan saat berlari di pagi itu, laju lari Derry Journey membukukan waktu di kisaran 37 – 40 menit, artinya hanya beberapa menit lebih cepat ketimbang jalan kaki. Pantas, jelang alun-alun Ciamis, laju larinya bisa dilalui dengan muda oleh dua orang bapak yang nampaknya sudah biasa jadi pelari pagi.

Meski demikian kalau menghadapi hal yang sama sebaiknya tidak perlu malu, toh, ini bukan perlombaan. Tujuannya kan supaya badan tetap sehat biar lebih segar saat berpikir dan beraktivitas.

Berikut beberapa petikan tips berlari di atas usia 40 tahun a la media kelas secangkir kopi jbkderry.com:

  • Berlari itu adalah menemukan dan membentuk ritme yang tepat di dalam diri. Saat sudah ketemu tinggal dijalankan, eh, dilarikan dengan suka cita.
  • Berlari itu adalah momen memberikan tumpuan lebih pada kedua kaki, khusus di bagian persendian. Olehnya, saat mulai berlari cukup lama juga harus bisa tetap menjaga ritme, khususnya saat menemui kondisi jalan yang tidak rata. Apalagi kalau harus berpindah dari trotoar ke permukaan jalan lebih hati-hati, jangan sampai beban tubuh ke persedian kaki terjadi berlebih dan bisa menyebabkan cidera yang tidak diinginkan.
  • Berlari dengan ritme yang tepat (sesuai usia) harus bisa tetap konstan dilakukan. Jangan kendur apalagi berhenti kalau dilewatin sama eneng-eneng geulis dan muda yang juga berlari di kawasan alun-alun Ciamis.
  • Mengingat kondisi trotoar di banyak titik di negeri ini yang kurang memadai, membuat momen berlari terpaksa menggunakan sisi pinggiran jalan. Nah, jika kondisinya seperti itu ada baiknya berlari di sisi pinggir jalan di arus yang berlawanan. Hal ini seyogyanya lebih aman untuk melihat kendaraan yang datang dari arah depan dan relatif lebih mudah menghindari insiden, ketimbang harus ditabrak dari belakang.

Ok, itu saja dulu tips berlari pagi a la media kelas secangkir kopi pagi ini. Mudah-mudahan ada manfaatnya, terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

Silakan ditambahkan di kolom komentar di bawah jika ada pendapat atau tips lainnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s