TIPS BELI MOBIL BUAT MUDIK A LA MEDIA KELAS SECANGKIR KOPI

Ciamis – Artikel kelas secangkir kopi kali ini sekadar berbagi pengalaman mengenai pentingnya membeli dan mengendarai mobil yang tepat khusus untuk keperluan mudik dan hal-hal yang sebaiknya diperhatikan.

Semoga informasi berikut ini ada manfaatnya…

Saat melintasi jalur alternatif Singaparna di kawasan Garut menuju Ciamis, Kamis malam selepas pukul sembilan 6 Juni 2019, Derry Journey harus berterima kasih pada performa Darth Vader yang sangat membantu sehingga membuat proses selama mengemudi bisa lebih memudahkan.

Kenapa bisa begitu? Begini ulasannya…

  • Kinerja sistem kemudi dengan fitur Motor Driven Power Steering (MDPS) pada Hyundai Tucson terhitung presisi, atau sederhananya sesuai dengan ekspektasi Derry Journey selaku pengemudi.

Dari pengalaman awal ini, Derry Journey sarankan hal ini harus menjadi salah satu prioritas utama saat Anda berkesempatan test drive mobil yang ingin dibeli, baik itu baru maupun bekas. Cara termudah adalah mencobanya saat melalui jalan berliku atau tikungan.

Dari pengalaman menjadi jurnalis otomotif kelas secangkir kopi sejak tahun 2001, ada beberapa model kendaraan yang gerak setirnya ada jeda ke gerak ban yang sedikit banyak cukup mengganggu kenyamanan berkendara.

Meski belum senyaman Darth Vader, kinerja electric power steering pada Nissan Grand Livina SV AT tahun 2012 punya Derry Journey terhitung yang paling presisi di kelasnya di zamannya saat itu.

  • Kinerja suspensi yang mendukung. Bagaimana cara mengujinya? Karena Derry Journey hanya punya pengalaman sebagai jurnalis otomotif kelas secangkir kopi selama 18 tahun terakhir, maka jawabannya tentu gak sepiawai para jurnalis otomotif andal di negeri ini, tapi semoga tetap ada manfaatnya untuk menambah referensi Anda.

Suspensi yang berkarakter keras tentu enak saat melibas tikungan, karena bisa mereduksi efek body roll atau limbung, khususnya pada mobil-mobil yang memiliki jarak sumbu roda agak panjang dan atau jarak terendah bodi ke tanah cukup tinggi.

Contohnya; mobil keluarga berbaris tiga atau MPV untuk mobil berjarak antar sumbu roda, atau SUV untuk tipikal mobil yang secara umum memiliki jarak antar bodi ke permukaan jalan relatif lebih tinggi.

Meski demikian kinerja suspensi yang keras membuat efek guncangan akan relatif lebih tinggi saat melibas jalanan rusak atau polisi tidur (speed bumper). Efeknya tentu bisa membuat efek mual, apalagi jika melalui perjalanan jarak sedang bahkan jauh di saat mudik yang relatif jauh lebih macet ketimbang hari biasa.

Sebaliknya efek kinerja suspensi yang empuk juga gak enak, khususnya saat melibas tikungan karena efek limbungnya relatif lebih tinggi.

Intinya, lagi-lagilah cobalah sektor kinerja suspensi yang pasnya dengan menjajalnya di kondisi jalan yang menikung.

Untuk mereduksi efek limbung sebenarnya Anda bisa menambahkan perangkat tambahan aftermarket Prime Suspension Active Stabilizator seperti yang Derry Journey pakai di per Darth Vader.

  • Kinerja ban dan pengereman juga memberikan efek kenyamanan mengemudi yang berperan penting di saat momen mudik.

Berbekal fitur standar pengereman yang telah dilengkapi dengan sistem ABS dan EBD, tambahan Prime Suspension Active Stabilizer, serta ban purna jual GT Radial Savero SUV, Derry Journey lebih percaya diri saat melibas jalur alternatif Singaparna yang identik dengan tikungan-tikungan tajam dengan lebar badan jalan yang nge-press. 

Dan jangan lupa juga cek tekanan angin ban yang sesuai dengan peruntukan yang dianjurkan pabrikan.

  • Suasana kabin yang nyaman; mulai dari desain kursi, fitur-fitur pendukung kemudahan mengemudi, serta fitur hiburan juga berperan penting. Meski tidak dilengkapi dengan fitur standar roof mounted monitor seperti di Grand Livina dulu, namun head unit Darth Vader telah dilengkapi dengan fitur lain seperti USB connected, sehingga tinggal download lagu-lagu kesukaan masukin ke flash disc dan siap deh dengerin di sepanjang perjalanan.

Suasana kabin yang kedap juga memberikan pengaruh penting dalam memberikan kenyamanan berkendara yang lebih maksimal.

Ok itu saja dulu, gaezzzz. Semoga informasi ringan kali ini ada manfaatnya. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s