PARADE SUV TERCEPAT DI DUNIA TAHUN 2019

Mancanegara – Setelah pada Minggu 16 Juni 2019, jbkderry.com tertarik mengetahui deretan SUV tercepat di dunia pada tahun ini.

Alasan utamanya adalah karena media kelas secangkir kopi ini punya antusiasme lebih ketika mengulas mobil berdesain SUV, meski secara stabilitas tentu tidak bisa diperbandingkan dengan sedan apalagi dengan supercar yang memiliki ground clearance dan titik gravitasi yang relatif lebih rendah.

Meski demikian, seiring perkembangan zaman dan teknologi, para pabrikan mobil terkemuka menemukan inovasi-inovasi baru untuk mengembangkan line-up SUV dengan stabilitas dan kecepatan yang berkembang sangat pesat, di antaranya melalui pengembangan pada sektor dimensi dan penyempurnaan sektor aerodinamika.

Hal ini dibuktikan dengan antusiasme pabrikan-pabrikan mobil yang sebelumnya identik dengan supercars, kini turut tertarik bermain di segmen SUV seperti Lamborghini (via Urus), Bentley (dengan Bentayga), Maserati (Levante Trofeo), ataupun Jaguar (melalui F-Pace). Bahkan Tesla pun tertarik dengan memperkenalkan Model X.

Pun demikian dengan pabrikan mobil super mewah Rolls-Royce pun tertarik terjun ke segmen SUV dengan memperkenalkan Cullinan.

Lantas siapa SUV tercepat di tahun 2019 ini? Berikut hasil penelusurannya dari media kelas secangkir kopi ini:

Posisi 6: Tesla Model X (248 km/jam)

Akselerasi 0 – 100 km/jam dicapai dalam waktu 3,2 detik. Catatan waktu akselerasinya ini disebut setara dengan performa Audi R8 V10 Plus, bahkan disebut-sebut bisa mengalahkan kemampuan akselerasi supercar Lamborghini Aventador, wow…

Mengandalkan performa Dual-Motor Battery 100 kW, dan transmisi All-Wheel Drive, Tesla Model X mampu berakselarasi 0 – 100 km hanya dalam 2,9 detik. Tenaga puncaknya 503 hp di roda belakang plus 259 hp di roda depan, serta torsi maksimal 966,11 Nm.

Posisi 5: Jaguar F-Pace (250 km/jam & 283,4 km/jam)

Jaguar memperkenalkannya dalam dua versi, S dan SVR. Tipe S dibekali mesin bensin 3,0-liter Supercharged V6, dengan kemampuan berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 5,1 detik dan top speed 250 km/jam. Sementara tipe SVR dibekali mesin 5,0-liter Supercharged V8, dengan kemampuan akselerasi 0 – 100 km/jam dalam 4,3 detik dan top speed 283,4 km/jam.

Posisi 4: Rolls-Royce Cullinan (250 km/jam – Electronically Speed Limited)

Kecepatannya memang setara Jaguar F-Pace tipe S, tapi mohon ingat ini kastanya lebih ningrat merek aristokrat asal Inggris. Rolls-Royce Cullinan dibekali mesin 6,75-liter Twin-turbocharged V12 dan transmisi otomatis 8-percepatan. Kemampuan akselerasi 0 – 100 km/jam hanya dalam waktu 5 detik. Tenaga puncaknya 563 hp/5.000 rpm dan torsi 850 Nm/1.600 rpm.

Posisi 3: Maserati Levante Trofeo (300 km/jam)

Levante Trofeo merupakan model SUV pertama dari Maserati. Dibekali mesin 3,8-liter V8 dan transmisi otomatis 8-percepatan. Kemampuan berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 3,9 detik. Tenaga puncaknya 582 hp dan torsi maksimalnya 730 Nm yang dicapai rata mulai putaran mesin 2.250 – 7.000 rpm. Kehadirannya disebut-sebut ada di teritori pasar yang sama dengan Lamborghini Urus dan Bentley Bentayga.

Posisi 2: Lamborghini Urus (305 km/jam)

Akselerasi 0 – 100 km/jam dicapai dalam waktu 3,9 detik. Pihak Lamborghini menyebutnya sebagai Super-SUV, dengan output tenaga mesinnya mencapai 641 hp. Selebriti Indonesia Raffi Ahmad di kanal YouTube-nya terang-terangan menyebut naksir dengan Lamborghini Urus. Lamborghini Urus dibekali mesin 4,0-liter V8 twin turbo dan transmisi otomatis 8-percepatan. Tenaga puncaknya 650 hp / 6.000 rpm dan torsi maksimal 850 Nm dicapai merata pada putaran mesin 2.250 – 4.500 rpm.

Posisi 1: Bentley Bentayga (305 km/jam)

Dari beberapa beberapa penelusuran, kecepatan Bentley Bentayga disebut setara dengan Lamborghini Urus. Ada pula beberapa media yang mengunggulkan salah satunya. Soal ini Anda bisa melakukan penelusuran sendiri dan silakan pilih yang mana lebih suka untuk diunggulkan.

Dari perbandingan sisi teknikal, meski Bentley Bentayga memiliki kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 6,0-liter twin-turbo TSI W12, namun performanya memang cukup mirip yaitu 600 hp dan torsi 900 Nm, yang disalurkan ke seluruh roda (all-wheel drive) dan transmisi otomatis 8-percepatan.

Ok, itu saja dulu informasi untuk hari ini, gaezzz. Semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s