TERIMA KASIH BENGKEL YAMAHA JG MOTOR CIBINONG DAN KABENG PAK SLAMET

Bogor – Minggu pagi 7 Juli 2019, bu Yonna sudah siap-siap berangkat ke kondangan bareng si Bumblebee 155 VVA. Saat skutik yang masuk dalam keluarga MAXI Series ini akan dikeluarkan dari garasi, ada fenomena yang kurang lazim di bawahnya.

Tetesan pelumas rupanya rembes dari bagian baut di bawah mesin. Wuih, itu berarti kejadiannya sudah dari Jumat siang 5 Juli 2019, setelah si Bumblebee 155 VVA diservis di Yamaha JG Motor Cibinong.

Ada perasaan panik seketika, khawatir si oli mesinnya tekor, tapi yang paling repot adalah mesti naik apa bu Yonna pergi ke acara keluarganya di bilangan Jakagarsa – Jakarta Selatan pagi itu.

Naik Darth Vader, si bu Yonna males dengan kemacetan Depok di hari Minggu siang dan sore nanti. Naik si Mio tua, dia khawatir bakalan bermasalah di jalanan, lagian dia sudah dandan cantik masa naik skutik lawas bin kusut itu. Mau naik ojol, tarifnya mahal sekarang.

Alhasil setelah berdoa, dia putusin tetap naik si Bumblebee 155 VVA. Mampir ke bengkel sebentaran buat kencing baut yang kendor dan buat oli mesin menetes itu.

Sempat Derry Journey coba hubungi pak Slamat, kenalan baik yang jadi Kepala Bengkel JG Motor Cibinong. Sayang nomor handphone-nya ganti.

Singkat cerita di Senin pagi 8 Juli 2019, berangkat si Bumblebee 155 VVA kembali ke Yamaha JG Motor Cibinong untuk konsultasi dengan pak Slamet dan cari tahu bagaimana kondisi terkini posisi pelumas di mesin. Jangan sampai kendor, eh, tekor bisa runyam neeh kondisi skutik kesayangan.

Gak pakai lama ngobrol sama pak Slamet, si Bumblebee 155 VVA langsung dibawa masuk ke bengkel, dan kembali ditangani sama mas mekanik yang kemarin itu juga. Ya, ini tentu faktor human error, namanya juga kerjaan manusia, mungkin ada SOP yang luput pada saat pengerjaan kemarin, walaupun akibatnya bisa cukup fatal kalau telat ketahuan.

Untuk respon Yamaha JG Motor Cibinong, Derry Journey sangat berterimakasih, karena respon penanganan pelayanan konsumennya cepat, gak pakai lama, dan oli mesin malah diganti baru.

Sebelum pulang, pak Slamet pun sempat bilang lagi, “Nanti kalau masih ada keluhan, jangan sungkan kabari, via WA juga boleh,” kata pak Slamet sambil memberikan nomor kontak WAnya yang baru.

Di bengkel Yamaha JG Motor Cibinong pun tertera di ruang tunggu, berapa biaya servis kendaraan per model, termasuk khusus untuk motor sport bahkan ada paket servis yang bisa buat biayanya jadi lebih terjangkau.

Ya, Derry Journey pun semakin mengerti, jika si Bumblebee 155 VVA memang bukan skuter entry level alias untuk kebutuhan masyarakat umum yang ingin sekadar mau punya motor dengan biaya ekonomis.

Dari informasi yang tertera di Yamaha JG Motor Cibinong, tarif biaya perawatan Yamaha Aerox 155 VVA berada di dalam klasifikasi yang sama dengan NMAX yang juga masuk dalam keluarga MAXI Series. Perbandingan biaya perawatannya dengan entry level Yamaha seperti keluarga Mio, X-Ride, Fino dan Soul GT terpaut cukup jauh.

Lumayanlah selisihnya kalau buat jajan semangkut bakso dan segelas jus. Sebagai misal berdasarkan info tertera di Senin 8 Juli 2019, biaya servis ringan skutik entry level Yamaha di angka Rp 70 ribu, sementara Aerox 155 VVA dan NMAX di angka Rp 120 ribu. Biaya servis throtle body throttle skutik entry level Yamaha di angka Rp 55 ribu, sementara Aerox 155 VVA dan NMAX di angka Rp 100 ribu.

Biaya servis injeksi skutik entry level Yamaha di angka Rp 65 ribu, sementara Aerox 155 VVA dan NMAX di angka Rp 115 ribu. Lalu biaya servis CVT skutik entry level Yamaha di angka Rp 60 ribu, sementara Aerox 155 VVA dan NMAX di angka Rp 100 ribu.

Intinya seperti diskusi dengan seorang teman gowes di Kopi Ireng yang pengen meminang Aerox 155 VVA juga, Derry Journey menjelaskan, “Kalau elu maunya punya skutik yang rada mahalan, tapi nilai prestise dan kenyamannya lebih baik, plus bergaya sport dan gak capek dikendarai, Aerox 155 VVA paslah jadi pilihan, tapi ada konsekuensinya yaitu biaya perawatannya memang lebih tinggi ketimbang skutik entry level Yamaha.”

Si temen itu pun manggut-mangggut baek, mungkin lagi mikir dan nimbang mewujudkan keinginanannya atau enggak. Ok, gaezzz, itu saja dulu artikel kali ini, semoga ada manfaatnya. Terima kasih telah menyempatkan waktu buat mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s