KEJUTAN RAZIA KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN TEGAR BERIMAN BOGOR

Bogor – Kalau mendengar opini beberapa kenalan tentang jalan utama Pemda Kabupaten Bogor, yaitu jalan Tegar Beriman, ada dua hal yang jbkderry.com paling sering catat, yaitu kondisi jalanan yang rusak dan bergelombang di beberapa titik, serta seringnya razia kendaraan bermotor khususnya untuk roda dua dari pihak kepolisian.

Buat yang penasaran, bisa masukkan kata kunci “razia polisi jalan tegar beriman” atau “razia polisi cibinong” di mbah Google, ada beberapa artikel yang bisa disimak di sana, selain artikel kelas secangkir kopi kali ini.

Nah, menurut pengamatan kelas secangkir kopi jbkderry.com ada beberapa hal unik yang menarik diobrolkan soal dua fenomena di atas, karena cukup erat kaitannya.

Razia yang dilakukan pihak kepolisian kabupaten Bogor di kawasan jalan Tegar Beriman pun terbilang cukup sering digelar, nyaris setiap hari, dan titik razianya acap kali berpindah, jadi seperti judul artikel ini ada unsur kejutannya buat pengendara yang apes kena tilang polisi.

Meski ada delapan lajur, dengan masing-masing dua lajur untuk tujuan yang sama dan terbagi ke dalam jalur cepat dan lambat, namun tidak ada papan pengumuman atau himbauan yang tegas saat ingin masuk ke jalan Tegar Beriman khusus untuk pengendara kendaraan roda dua untuk masuk jalur lambat.

Imbasnya nyaris setiap kegiatan razia yang dilakukan polisi pasti cukup banyak yang dikena tilang polisi. Mungkin saja ada yang tahu tapi bandel, tapi bagaimana yang baru pertama kali masuk kawasan ini?!

Hal lain yang enak jadi bahan obrolan a la warung kopi adalah tidak semua lajur lambat di jalan Tegar Beriman itu kondisinya baik, alias ada beberapa titik yang cukup rusak dan agak membahayakan. Contohnya jalan yang berpasir menuju arah Cibinong City Mall, dan juga jalan rusak di depan kawasan pusat perbelanjaan modern terbesar di kabupaten Bogor itu.

Belum lagi jalur lambat tepat di depan kantor Polres Bogor yang ditutup sejak kejadian penyerangan kantor polisi di beberapa wilayah lain di tanah air. Ya, buat warga kabupaten Bogor yang lama sudah bermukim di kawasan ini, ini adalah zona merah alias tidak aman. Salah satu indikatornya yah kejadian Honda Vario punya bu Yonna yang hilang dicuri pada Agustus 2017 di kawasan lapangan di depan kantor Bupati. Bayangkan, di ring 1 saja maling berani melakukan aksi.

Sederhananya, proses razia di kawasan Tegar Beriman lebih kepada upaya penindakan pelanggaran, tanpa disertai kondisi penunjang dan himbauan yang memadai untuk masyarakat pengguna jalan dengan kendaraan bermotor di kawasan tersebut. Beberapa waktu terakhir ketika artikel ini dibuat, dari arah kawasan Bambu Kuning arah kawasan kantor Pemda, lampu traffic light-nya banyak yang tidak berfungsi.

Juga jika dari arah kawasan Keradenan ingin belum kanan ke arah kawasan Pemda. Untuk masuk langsung ke jalur lambat sebenarnya cukup berbahaya, karena acap kali pemotor harus memotong laju kendaraan roda empat agar bisa tertib masuk jalur lambat.

Entah sampai kapan fenomena razia polisi di jalan Tegar Beriman akan terus dijalankan tanpa disertai sarana dan prasarana penunjang yang memadai. Pasalnya jika penindakan terus dilakukan, tanpa upaya perbaikan dari internal dari pihak kepolisian dan para pemangku kebijakan pemerintahan terkait, hal ini seyogyanya hanya lebih berorientasi merugikan masyakakat, baik saat melanggar ataupun waktu tertib.

Misalnya Anda bisa saja tertib lalu lintas dan tidak kena tindakan razia polisi karena masuk jalur cepat, tapi kaki-kaki motor bisa jadi lebih rawan rusak saat melintasi jalan berlubang di depan Cibinong City Mall. Ataupun ketika melakukan pengereman cukup mendadak di jalan berpasir tentu rawan tergelincir dan jatuh.

Ya, itu saja potret salah satu sudut bagian di negeri ini dalam sudut pandang media kelas secangkir kopi jbkderry.com. Semoga ada manfaatnya, terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s