ERA BARU BAHASA DESAIN HYUNDAI: SENSUAL SPORTINESS

Mancanegara – Meski selera masyarakat Indonesia secara umum bukan sedan, rasanya sulit melewatkan bahan artikel yang satu ini, Hyundai Sonata generasi kedelapan atau model year 2020.

Seorang kawan baik membagi infomasi dari akun Instagram @_autodesignmagazine semalam, dan media kelas secangkir kopi juga langsung meluncur ke situs resminya, http://www.autodesignmagazine.com memang tengah merilis versi emagazine-nya terbaru (edisi 237) dengan sampul Hyundai Sonata generasi ke delapan ini.

Simak penjelasan dari akun Ig @_autodesignmagazine pada postingan tertanggal 30 Juli 2019 berikut ini, “For the eighth series of the Sonata – the medium-large saloon that Hyundai has been offering for more than thirty years – the Korean company is now launching its new design philosophy, that “sensual sportiness” that was launched last year in Geneva with the Le Fil Rouge concept. This is a language that, in the words of Luc Donckerwolke, head of design for the Hyundai group, “allows us to open a new era from the basis of our tradition, which is to create a distinctive and sporty character in our models.” Complete article on Auto&Design no. 237.”

Ya, melalui generasi kedelapan Sonata ini, Hyundai nampaknya memulai sebuah generasi bahasa desain terbaru, yakni Sensual Sportiness. Apakah ini akan menggantikan bahasa desain sebelumnya Fluidic Sculpture 2.0?

Jawaban pastinya memang belum ada, namun bisa jadi iya. Pasalnya Sensual Sportiness nampaknya menjadi era baru kepemimpinan bidang desain di Hyundai dari Peter Schreyer ke Luc Donckerwolke.

Beda kepemimpinan bisa jadi juga diiringi dengan perubahan haluan desain yang baru, bukan?! Hal ini juga sebenarnya dapat ditafsirkan dari gaya desain Hyundai Sonata generasi kedelapan ini yang memadukan kesan supercar dengan karakter moncong yang panjang dan menukik di bagian ujung, dengan paduan gaya desain mewah dan modern di bagian belakang.

Jika Anda masih ingat artikel satu ini; PEMBELI MOBIL HYUNDAI DI INDONESIA TIDAK LAGI SAMA, mungkin juga masih ingat dengan reputasi kerja Luc Donckerwolke sebelum bergabung di Hyundai.

Donckerwolke yang kini dipercaya menjabat sebagai Head of Design untuk group Hyundai (Genesis, Hyundai dan Kia), sebelumnya dikenal sebagai Direktur Desain di Volkswagen Group untuk brand Bentley, Lamborghini dan Audi.

Desain supercar yang lahir dari tangan Donckerwolke di antaranya Audi R8, Lamborghini Diablo VT 6.0, Lamborghini Murciélago, Lamborghini Gallardo, Bentley Flying Spur dan Bentley EXP 10 Speed 6.

Hmm, jadi kebayang kan benang merah yang nampak bahasa desain Hyundai Sonata generasi kedelapan ini?!

Dari berbagai sumber referensi, jbkderry.com menemukan konsep desain Sensual Sportiness ini mengedepankan tiga unsur dan empat elemen. Tiga unsur yang dimaksud yakni mengedepankan aura kecantikan, nilai emosional dan antusiasme. Konsep ini sendiri merupakan harmoni dari empat elemen yang fundamental pada desain kendaraan, yaitu proporsi, arsitektur, tampilan dan teknologi.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, bahasa desain Sensual Sportiness sebelumnya telah ditampilkan Hyundai melalui salah satu kendaraan konsep terbarunya, yakni Le Fil Rounge Concept Car yang pertama kali ditampilkan di ajang pameran Geneva Motor Show tahun 2018 lalu.

Guna mempertajam dan memperkuat arah bahasa desain baru ini, Sensual Sportiness, pada tanggal 23 April 2019 lalu, Luc Donckerwolke memanggil dan mempromosikan Simon Loasby dari jabatan sebagai Director of Hyundai Design di China menjadi Head of Styling di Hyundai Design Center di Korea.

Pada tanggung jawab barunya ini, Loasby bertugas mengembangkan strategi dan arah desain bagi model kendaraan untuk pasar global. Ia akan melaporkan tugas kerjanya langsung pada SangYup Lee selaku Head of Hyundai Design Center, dan Luc Donckerwolke selaku Chief Design Officer di Hyundai Motor Group.

Simon Loasby yang saat ini berumur 51 tahun merupakan pemegang titel strata Master di bidang Vehicle Design dari Royal College of Art di London – Inggris, serta merupakan lulusan Mechanical Engineering di University of London.

Sebelum bergabung di Hyundai, Loasby menghabiskan waktu 10 tahun di China sebagai Director of Design untuk Volkswagen Group China. Ia juga sempat mengemban beberapa proyek prestisius untuk brand kendaraan mewah seperti Rolls-Royce dan Bentley.

Wuidih, bagaimana menurut Anda, bahasa desain terbaru Sensual Sportiness dari Hyundai; makin seksi atau lebih seksi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s