PILIH MAHA HONDA HR-V 1.8 PRESTIGE ATAU MAZDA CX-3 TOURING? #ULASANSECANGKIRKOPI

Jakarta – Minggu pagi 4 Agustus 2019 saat artikel khas secangkir kopi ini dibuat di jbkderry.com.

Tapi sebelum lanjut nyimak, perlu digarisbawahi kalau jadi penggemar brand Honda ataupun Mazda mendingan gak usah lanjutin nyimak deh, karena artikel ini rasanya hanya ada manfaatnya buat calon konsumen yang masih bimbang mau beli yang mana di antara dua model sub-compact SUV ini…

Yawda, mari dilanjutkan…

1. Pembahasan Pertama: soal harga

Saat membuka situs resmi Honda Indonesia dan Mazda Indonesia pada tanggal 4 Juli 2019 (harga bisa berubah sewaktu-waktu), harga Honda HR-V 1.8 Prestige untuk OTR Jakarta ditempeli stiker harga Rp 400 juta. Sementara rivalnya Mazda CX-3 Touring lebih mahal Rp 7,3 juta dengan stiker harga Rp 407,3 juta OTR Jakarta.

2. Pembahasan Dimensi alias ukuran kendaraan

Honda HR-V 1.8 Prestige punya dimensi panjang 4.294 mm, tinggi 1.772 mm, lebar 1.580 mm, serta jarak antar sumbu roda 2.610 mm. Di situs resmi Honda sendiri tidak disebutkan berapa jarak terendah bodi ke permukaan jalan, tapi berdasarkan penelusuran didapatkan data yakni 185 mm.

Sementara Mazda CX-3 punya panjang 4,275 mm (lebih pendek 19mm), tinggi 1,765 (lebih pendek 7 mm), lebar 1,535mm (lebih pendek 35 mm), serta jarak antar sumbu roda 2.570 mm (lebih pendek 40mm). Jarak terendah bodi ke permukaan jalan (ground clearance) Mazda CX-3 Touring yakni 160 mm (lebih pendek 20 mm).

Dalam sudut pandang media secangkir kopi, jika pengen punya sub-compact SUV yang sedikit lebih besar di antara keduanya pilihannya, serta punya jarak terendah bodi ke permukaan jalan yang lebih tinggi pilihannya tentu Honda HR-V 1.8 Prestige.

Dengan ground clearance yang lebih tinggi, rasa aman berkendara saat melintasi jalanan rusak dan genangan air bersama Honda HR-V 1.8 Prestige di atas kertas tentu lebih baik.

Sebaliknya jika ingin sub-compact SUV yang punya dimensi lebih mungil supaya gak makan lebih banyak tempat di garasi, Mazda CX-3 Touring lebih pas jadi pilihan.

Mengenai stabilitas berkendara, dengan dukungan teknologi SkyActiv yang termasuk di antaranya pada pengembangan chassis, plus jarak terendah bodi ke permukaan jalan yang lebih rendah, Mazda CX-3 Touring di atas kertas lebih unggul.

3. Mesin

Meski sedikit lebih mahal Rp 7,3 juta, namun kapasitas mesin Mazda CX-3 lebih besar yakni 1.998cc atau lebih tepatnya didukung dengan tipe mesin SKYACTIV-G 2.0T In-line 4 cylinder DOHC 16 valve.

Mesin Mazda CX-3 Touring mampu menghasilkan daya maksimal 149 PS / 6.000 rpm dan torsi puncak 195 Nm/2.800 rpm. Dari spesifikasi yang dirilis pihak distributor resmi Mazda Indonesia, mesin CX-3 dapat mengkonsumsi BBM dengan RON 91 atau dengan kata lain Pertamax (RON 92), tapi nampaknya masih bisa berkompromi dengan Pertalite RON 90 (meski tentu mempengaruhi performa optimal mesin).

Sementara Honda HR-V 1.8 Prestige didukung mesin 1.8L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW (1.799cc) dengan sistem suplai BBM PGM-FI. Mesin ini mampu menghasilkan daya puncak 139PS / 6.500rpm dan torsi maksimal 169Nm / 4.300rpm. Pihak Honda Indonesia sendiri tidak menyebutkan secara resmi di websitenya mengenai RON BBM yang direkomendasikan, tapi secara asumsi mestinya sama saja dengan Mazda CX-3.

Melihat perbandingan performa mesin dan dimensi, Mazda CX-3 menawarkan sensasi berkendara yang lebih stabil dan optimal.

4. Adu Fitur 

Keduanya dibekali fitur yang berlimpah (bisa dilihat di sini Mazda dan di sini Honda), meski demikian tetap ada beberapa catatan.

Honda HR-V 1.8 Prestige merupakan tipe atau varian tertinggi dari line-up Honda HR-V di Indonesia, sementara Mazda CX-3 Touring merupakan tipe terbawah dari line-up Mazda CX-3 di Indonesia saat ini (tipe tertinggi adalah Mazda CX-3 GT Rp 456,7 juta OTR Jakarta; lebih mahal Rp 49,4 juta – harga sewaktu-waktu berubah).

Hasilnya Mazda CX-3 Touring belum dilengkapi fitur electric glass sunroof seperti tipe tertinggi. Sementara Honda HR-V 1.8 Prestige telah dilengkapi dengan fitur Power Panoramic Sunroof.

Fitur safety Mazda CX-3 Touring juga belum dilengkapi dengan fitur Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) seperti tipe tertinggi Mazda CX-3 GT. Di luar ketiga hal itu, fitur Mazda CX-3 Touring terhitung cukup lengkap.

Mazda CX-3 Touring telah dilengkapi dengan fitur  Antilock Brake System (ABS) with Electronic Brakeforce Distribution (EBD) and Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control (DSC) and Traction Control System (TCS),   Hill Launch Assist (HLA), G-Vectoring Control, dan Rear View Monitor.

Bagaimana dengan Honda HR-V 1.8 Prestige? Sub-compact SUV dari Honda ini telah dilengkapi dengan fitur Stability Vehicle Assist dan Hill Start Assist.  Honda HR-V 1.8 Prestige juga telah dilengkapi fitur yang meningkatkan sensasi berkendara seperti Paddle ShiftCruise Control, dan head unit touch screen 8″ model floating alias mencuat di bagian tengah dashboard.

5. Sistem Transmisi

Honda HR-V 1.8T mengusung sistem transmisi CVT. Sistem transmisi model ini sepengetahuan otomotif media kelas secangkir kopi jbkderry.com yang terbatas, punya kelebihan pada proses laju kendaraan yang lebih stabil karena lebih minim hentakan.

Plus dengan dukungan teknologi Earth Dream pada mesinnya, kinerja drivetrain pada Honda HR-V 1.8 disebut mampu menghemat konsumsi bahan bakar antara 5 – 10 %.

Meski relatif lebih irit, jbkderry.com tidak terlalu senang dengan sistem transmisi model CVT, tapi ini tentu soal selera dan pilihan masing-masing konsumen.

Sebaliknya Mazda CX-3 menawarkan sistem transmisi otomatis 6-percepatan, yang di atas kertas juga membuat proses perpindahann antar gigi lebih mulus dan halus.

6. Kaki-kaki

Honda HR-V 1.8 Prestige menggunakan ban ukuran 215/55R17, dengan suspensi depan MacPherson Strut dan belakang H-Shape Torsion Beam.

Sementara Mazda CX-3 Touring menggunakan ban dan ukuran velg lebih lebar diameternya yakni 215/50R18, dengan suspensi depan MacPherson Strut dan belakang Torsion Beam.

Meski belum pernah merasakan berada di balik kemudi keduanya, namun berdasarkan pengalaman berkendara selama menjadi jurnalis otomotif beberapa tahun silam dan saat berkesempatan test drive dengan model-model kendaraan Mazda dan Honda, kedua model kendaraan Mazda dan Honda yang sekelas selalu bisa menawarkan sensasi berkendara yang enak dan nyaman.

Hanya saja yang mungkin jadi perbedaan (mungkin yah karena belum pernah coba langsung); jika jadi driver jbkderry.com lebih suka karakter mobil produksi Mazda. Sebaliknya jika ingin lebih enak di semua sisi penumpang, Honda nampaknya lebih kopromi.

Mengapa demikian? Saat mengetes Honda CR-V dan Mazda Tribute di awal tahun 2000an, lalu Honda Stream 2.0 juga di awal tahun 2000an, serta Mazda CX-5 sekitar tahun 2015, baik mobil produksi Honda dan Mazda memiliki karakter suspensi yang agak keras di belakang. Hal ini tentu baik buat stabilitas saat melalui tikungan, namun agak kurang enak buat penumpang di baris belakang. Dan berdasarkan pengalaman itu, karakter suspensi Mazda sedikit lebih keras, mungkin juga dipengaruhi dengan profil ban yang lebih tipis karena diameter velg yang lebih lebar.

7. Kekedapan Kabin

Faktor yang satu ini jujur hanya berdasarkan hasil mendengarkan pendapat beberapa kenalan yang sudah pernah mencoba Mazda CX-3 dan Honda HR-V 1.8 yakni kekedapan kabin sub-compact SUV dari Mazda CX-3 kabarnya lebih baik.

Jika penasaran lebih lanjut yah sarannya manfaatkan fasilitas test drive dari dealer terdekat dari masing-masing merek.

8. Efisiensi Bahan Bakar

Soal ini rasanya sangat tergantung pada gaya berkendara, situasi cuaca dan kondisi jalan yang dilalui, karena teknologi SkyActiv dan Earth Dream sudah sedemikian apik untuk mereduksi penggunaan konsumsi BBM.

Hmm, rasanya cukup sampai sini dulu, tadinya sempat kepikiran mau bahas soal layanan purna jual (after sales service) dan nilai jual kembali, tapi urung.

Terima kasih telah mampir, gaezz. Semoga artikel kelas secangkir kopi kali ini tetap ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s