MELIHAT LEBIH DEKAT HYUNDAI CRETA DAN HYUNDAI VENUE

sumber image: Hyundai India

Mancanegara – Artikel kelas secangkir kopi di Senin 12 Agustus 2019 ini adalah soal dua SUV berdimensi sub-compact dari Hyundai, yakni Venue dan Creta.

Dua SUV berdimensi kecil dari Hyundai memang gak masuk Indonesia, entah kenapa, tapi di India sana beuh laris manis, gan. Berkat keduanya, Hyundai mampu bertarung kuat di pasar SUV India.

Di segmen Compact SUV yang disebut oleh akun Ig @autonews_india, Hyundai Venue mampu menduduki posisi teratas pada bulan Juli 2019, dengan angka penjualan 9.585 unit dan terpaut cukup jauh dari posisi kedua Maruti Suzuki Vitara Brezza dengan angka penjualan 5.302 unit di bulan yang sama.

Sementara Hyundai Creta yang disebut masuk di segmen mid-size SUV oleh media yang sama, mampu menduduki posisi pertama di segmennya dengan angka penjualan 8.334 unit di bulan Juni 2019, unggul cukup dari Mahindra Scorpio di posisi kedua dengan angka penjualan 3.071 unit di bulan yang sama.

Di bulan Juli 2019 sendiri, keduanya berhasil masuk ke dalam 10 besar mobil terlaris di India. Hyundai Venue ada di posisi ketujuh mobil terlaris, dan Hyundai Creta ada di posisi 10.

Awrait, cukup sekian dulu intro artikelnya, mari masuk ke dalam inti artikel ini sesuai judul…

Hyundai Venue

Rival dari Ford EcoSport di India ini dibekali mesin Kappa 1.2L dengan transmisi manual 5-percepatan. Tenaga puncak mesinnya 83 ps/6.000 rpm, dan torsi maksimal 115 Nm/4.000 rpm.

Sub-compact SUV dengan dua baris kursi untuk lima orang penumpang ini, pas sebagai pilihan konsumen yang butuh kendaraan berdesain SUV yang dimensi compact sehingga lebih luwes buat dipakai sehari-hari, lebih ramah kantong, dan gak kalah pentingnya gak makan tempat pas di parkir di rumah, di mall, atau di areal perkantoran.

Simak saja informasi dimensinya berikut; panjang 3.995 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.605, serta jarak antar sumbu roda 2.500mm. Ban standar di depan dan belakang menggunakan ukuran 195/65R14.

Sementara sistem suspensi depan menggunakan McPherson Strut with Coil Spring, dan di belakang menggunakan Coupled Torsion Beam Axle with Coil Spring. Rem depan sudah menggunakan cakram, sementara rem belakang model tromol.

Di India, harga Hyundai Venue dimulai dari sekitar Rp 129,9 juta hingga sekitar Rp 221,9 juta.

Hyundai Creta

sumber image: Hyundai India

Dimensi Hyundai Creta lebih gede dibanding Hyundai Venue, dengan dimensi panjang 4.270 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.665 mm, serta jarak antar sumbu roda 2.590 mm.

Mirip-mirip dimensi Hyundai Kona? Hmm, enggak juga sebenarnya. Hyundai Kona yang telah dipasarkan di Indonesia saat ini lebih pas disebut sebagai crossover, karena memadukan konsep SUV dan hatchback. Hal ini bisa dilihat dari tinggi Hyundai Kona di angka 1.550 mm.

Sementara Hyundai Creta lebih pas disebut sebagai versi kecilnya Hyundai Tucson, makanya di pasar Cina, namanya dijual dengan nama ix25, sementara Tucson di beberapa negara tertentu dipasarkan dengan nama ix35.

Yah kira-kira begitu referensi yang jbkderry.com di jagat maya, semoga ada manfaatnya.

Dengan dimensi lebih besar ketimbang Venue, Hyundai Creta dibekali dengan mesin diesel CRDi 1.6L with VGT. Mesin ini mampu menghasilkan daya puncak 128 ps/ 4.000 rpm dan torsi maksimal 260 Nm/1.500 – 3.000 rpm. Sistem transmisinya otomatis 6-percepatan.

Suspensi depan McPherson Strut with Coil Spring, semantara suspensi belakang Couple Torsion Beam Axle with Coil Spring. Bannya menggunakan ukuran standar 205/65 R16. Rem depan sudah cakram, sementara rem belakang model tromol.

Di India, Hyundai Creta harganya mulai sekitar Rp 191 juta hingga sekitar Rp 299 juta.

Awrait itu saja dulu informasi dari dua model kendaraan SUV Hyundai yang ada di pasar otomotif India saat ini. Semoga informasinya bermanfaat, terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s