3 SUV HYUNDAI YANG DIPASARKAN DI INDONESIA DAPAT RATING KEAMANAN 5 BINTANG DI AMERIKA

Hyundai Kona versi standar yang diperkenalkan pertama kali (world premier) di Korea, Selasa 13 Juni 2017.

Mancanegara – Rabu pagi WIB 14 Agustus 2019, media kelas secangkir kopi dapat info dari media relation Hyundai di Amerika Serikat.

Kabar ini bisa jadi menggembirakan buat para penggemar SUV Hyundai di Indonesia. Kabarnya memang dari Amerika, tapi tiga model SUV Hyundai yang dapat penghargaan 5-Bintang dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang langsung berada di bawah otoritas Pemerintah Amerika dari departemen terkait.

Ketiga SUV Hyundai yang menerima penghargaan tertinggi 5-Bintang dalam uji tes keselamatan atau di Amrik dikenal dengan nama New Car Assessment Program (NCAP) yakni Hyundai Kona, Santa Fe dan Tucson model year 2020.

Nah, mulai kelihatan kan kenapa bisa jadi kabar gembira bagi penggemar SUV Hyundai di Indonesia, karena ketiga model kendaraan SUV dari Hyundai tersebut sudah dipasarkan di tanah air pada saat ini.

“Keselamatan penumpang kendaraan merupakan prioritas utama kami,” kata Mike O’Brien, Vice President, Product, Corporate and Digital Planning. “Upaya untuk berkelanjutan menerapkan teknologi keselamatan terbaru terbukti dapat membantu memberikan proteksi yang lebih baik bagi konsumen kami. Rating keamanan 5-Bintang (5-Star Overall Safety Ratings dari NHTSA dan juga sebelumnya IIHS Top Safety Pick/Top Safety Pick+ awards pada line-up SUV kami menjadi pembuktian dari komitmen kami dalam menerapkan standar keamanan tertinggi pada seluruh produksi mobil baru Hyundai.”

Pihak NHTSA setiap tahun senantiasa melakukan pengujian keamanan dan kendaraan untuk kebutuhan informasi konsumen, khususnya dalam hal kualitas rancang bangun kendaraan, upaya meredam insiden, dan bagian-bagian dari kendaraan yang memberikan proteksi maksimal pada setiap kendaraan baru yang diproduksi massal dan dipasarkan di Amerika Serikat.

Hyundai Kona sendiri merupakan varian SUV teranyar PT Hyundai Mobil Indonesia dan jajaran dealernya yang diperkenalkan pada tahun 2019 ini.

Saat artikel ini dibuat hanya ditawarkan dalam varian dengan harga Rp 363,9 juta OTR Jakarta (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Hyundai Kona dipasarkan dengan dukungan mesin NU 2.0 MPI Atkinson dan transmisi otomatis 6-percepatan.

Di pasar otomotif Indonesia, fitur keselamatan Hyundai Kona terhitung berlimpah di antaranya rear-view camera, 6 airbag, emergency stop signal, tire-pressure monitoring system, rear parking distance warning, downhill back control, hill-start assist, anti-lock breaking system, dan electronic stability control.

Sementara Hyundai Santa Fe merupakan model kendaraan SUV terlaris Hyundai di Indonesia pada beberapa tahun terakhir. Generasi ke-4nya dihadirkan di pasar otomotif tanah air pada tahun 2018 lalu.

sumber foto: Hyundai Worldwide

Hyundai Santa Fe generasi terbaru ini ditawarkan dalam lima varian atau tipe di Indonesia, yakni:

  • All-New GLS Gasoline Rp 521,5 juta OTR Jakarta (harga bisa berubah sewaktu-waktu)
  • All-New GLS CRDi Rp 567,5 juta.
  • All-New XG Gasoline Rp 542,5 Jakarta.
  • All-New XG CRDi Rp 585,5 juta.
  • Serta tipe tertinggi Grand Santa Fe yang diperkenalkan di awal tahun 2019 dengan harga Rp 636,5 juta.

Pilihan mesin bensin 2.4 MPI D-CVVT disandingkan dengan sistem transmisi otomatis 6-percepatan, sedangkan mesin diesel 2.2 CRDI e-VGT disandingkan dengan sistem transmisi otomatis 8-percepatan.

Di pasar otomotif Indonesia, fitur keselamatan Hyundai Santa Fe terhitung berlimpah di antaranya Antilock Braking System (ABS) with Brake Assistant System (BAS) and Electronic Brake Distribution (EBD), SRS Dual Air Bag and Reverse Parking Sensor, downhill back control, hill-start assist, dan electronic stability control.

Lalu Hyundai Tucson generasi teranyar telah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2017, dan saat ini ditawarkan dalam tiga pilihan yakni:

  • All-New Tucson GLS Rp 399 juta.
  • All-New Tucson XG Rp 430 juta.
  • All-New Tucson CRDi Rp 477 juta.

(Harga OTR Jakarta dan bisa berubah sewaktu-waktu).

Darth Vader, eh, Hyundai Tucson menjadi kendaraan SUV dengan rating terbaik di segmennya dalam IQS 2018 dari J.D. Power.

Di pasar global sendiri, Hyundai Tucson merupakan model kendaraan SUV terlaris Hyundai. Berdasarkan data dari JATO, Hyundai Tucson menjadi SUV terlaris nomor 8 di seluruh dunia sepanjang tahun 2018.

Lalu berdasarkan data Initial Quality Study (IQS) dari J.D. Power pada tahun 2018 dan 2019 di Amerika Serikat, Hyundai Tucson juga selalu masuk ke dalam daftar “Top 2” sebagai mobil di segmennya yang paling minim keluhan konsumen atau pengguna dalam 90 hari pertama kepemilikan.

Awrait itu saja dulu informasi dari media kelas secangkir kopi di Rabu pagi WIB 14 Agustus 2019. Terima kasih telah menyempatkan waktu mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s