INI DIA MOBIL TERLARIS HONDA DI INDONESIA PADA BULAN JULI 2019

Jakarta – Memasuki semester kedua 2019 atau tepatnya di bulan Juli, PT Honda Prospect Motor (HPM) membukukan penjualan sebanyak 13.894 unit mobilnya.

Penyumbang penjualan terbesar berasal dari Honda Brio Satya, Honda Brio RS dan Honda HR-V 1.5L.

Honda Brio Satya yang berada di segmen LCGC atau KB2H (Kendaraan Hemat Energi dan Harga Terjangkau) terjual sebanyak 5.655 unit di bulan Juli. Posisi Honda Brio Satya memang cukup unik di pasar LCGC.

Meski berdesain city car dengan desain layout kursi 2 baris untuk lima orang penumpang, namun sepanjang tahun 2019 ini, data penjualan Honda Brio Satya mampu bertarung ketat dengan duo Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang berdesain MPV 3-baris kursi untuk tujuh orang penumpang.

Honda Brio Satya yang ditenagai mesin 1,2L LI-VTEC hadir dalam 3 pilihan, yakni tipe S transmisi manual 5-percepatan (Rp 140 juta), lalu tipe E M/T 5-percepatan (Rp 148,5 juta), dan tipe E CVT seharga Rp 163,5 juta, harga berdasarkan data di situs resmi PT HPM tertanggal 17 Agustus 2019 dalam kondisi OTR Jakarta dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Sementara versi non-LCGCnya alias Honda Brio RS selama bulan Juli 2019 terjual sebanyak 1.396 unit. Di situs resmi HPM per tanggal 17 Agustus 2019 dalam kondisi OTR Jakarta dan bisa berubah sewaktu-waktu, Honda Brio RS ditempeli stiker harga Rp 176 juta.

Sementara Honda HR-V 1.5L yang bermain di segmen sub-compact SUV dengan rival terkuat Chevrolet Trax 1.4L Turbo di segmennya, sepanjang bulan Juli 2019 membukukan angka penjualan sebesar 2.741 unit.

Honda HR-V 1.5L hadir dalam empat pilihan tipe yaitu tipe S M/T 6-percepatan (Rp 284,5 juta), tipe S CVT Rp 294,5 juta, tipe E CVT Rp 317,8 juta, dan tipe E CVT Special Rp 334,5 juta. Harga berdasarkan data di situs resmi HPM per tanggal 17 Agustus 2019 dalam kondisi OTR Jakarta dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Di pasar Low MPV yang merupakan segmen otomotif tergemuk di Indonesia, Honda melalui Mobilio mampu membukukan angka penjualan sebesar 1.193 unit. Di pasar Low MPV, Honda Mobilio dapat tekanan kuat dari Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan sang pendatang baru Wuling Confero S.

Di pasar SUV medium-size, Honda CR-V yang bertarung di segmen yang sama dengan Nissan X-Trail dan Mazda CX-5 mampu membukukan angka penjualan sebesar 1.193 unit sepanjang Juli 2019.

Di kelas hatchback, Honda Jazz yang bertarung di segmen yang sama dengan Toyota Yaris dan Suzuki Baleno membukukan angka penjualan 680 unit. Pasar hatchback sendiri di Indonesia saat ini memang dapat dikatakan semakin mengecil baik dari volume penjualan ataupun pada pangsa pasar secara umum.

Di segmen SUV low, Honda melalui BR-V dapat dikatakan kalah bersaing dari Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Wuling Almaz. Sepanjang bulan Juli 2019, Honda BR-V hanya membukukan angka penjualan 463 unit. Tidak heran, beberapa waktu lalu dari seorang kenalan wiraniaga dealer Honda di wilayah Bogor, jbkderry.com mendapat info potongan harga alias diskon untuk Honda BR-V ini cukup menggiurkan untuk memikat hati konsumen.

Beberapa model kendaraan Honda lainnya pada bulan Juli, yakni Civic Hatchback mencatat penjualan sebesar 187 unit, Honda HR-V 1.8L 143 unit dan All New Honda Accord yang telah melakukan peluncuran perdananya pada 18 Juli lalu terjual sebanyak 122 unit.

Lalu di segmen pasar kelas atas, yakni Honda Civic Sedan meraih penjualan sebesar 117 unit dan menjadi pemimpin di kelasnya, sedangkan Honda City terjual 49 unit, Honda Odyssey terjual 10 unit dan Honda Civic Type R terjual 2 unit.

Awrait, gaezzzz. Itu dulu informasi dari media kelas secangkir kopi jbkderry.com untuk hari Minggu 18 Agustus 2019. Terima kasih telah menyempatkan waktu mampir, selamat berakhir pekan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s