BAHAS PASAR MOBIL BARU DI DUNIA PADA SEMESTER 1 2019

Mancanegara – Bahan artikel ini jbkderry.com dapatkan di Google dengan memasukkan kata kunci “most sold car first semester 2019“, dan akhirnya ketemu satu sumber dari situs https://www.best-selling-cars.com/.

Dan berikut penjabarannya…

Sepanjang bulan Januari hingga Juni 2019, penjualan mobil baru di pasar – pasar otomotif dunia ternyata mengalami penurunan, yaitu di pasar Amerika Serikat, Rusia, Jepang, China, Eropa dan India. Hanya Brasil yang mengalami pertumbuhan 11%.

Data ini mengingatkan redaksi media kelas secangkir kopi ini pada dua artikel yang pernah tayang di akhir bulan Februari 2019 lalu, yaitu MELONGOK PERKEMBANGAN PASAR MOBIL DI DUNIA SEPANJANG TAHUN 2018 dan PAMERAN OTOMOTIF BERKELAS DUNIA MULAI KEHILANGAN PESONA #ARTIKELSECANGKIRKOPI.

Dalam link artikel yang pertama di atas, ada satu kutipan dari Felipe Munoz, analis global dari JATO (jato.com), yang mengatakan, “Tahun 2018 itu dapat dikatakan sebagai era baru untuk industri otomotif dunia.”

Pasar mobil baru di Jepang disebutkan oleh situs tersebut mengalami sedikit penurunan pasar di kisaran 0,3%. Di sepanjang semester pertama 2019, pasar mobil baru di Jepang mencapai angka 2.285.700 unit.

Di pasar Eropa, angka penjualan mobil baru pada semester pertama 2019 sebesar 8.426.200 unit, angka ini turun 3,1% dibanding periode yang sama pada tahun 2018.

Di pasar Rusia, angka  penjualan mobil baru pada semester pertama 2019 sebesar 828.800 unit, angka ini turun 2,4% dibanding periode yang sama pada tahun 2018.

Di India, angka  penjualan mobil baru pada semester pertama 2019 sebesar 1.556.800 unit, angka ini turun cukup tajam di kisaran 10,3% dibanding periode yang sama pada tahun 2018.

Nilai persentasi penurunan paling tajam terjadi di Cina, yakni -14% dibanding angka pencapaian penjualan di periode yang sama pada tahun 2018. Meski demikian, pasar mobil baru di Cina masih yang terbesar di dunia dengan angka penjualan 9.932.900 unit.

Pesaing utama sekaligus seteru kuat dalam perang dagang, yakni Amerika Serikat, juga mengalami penurunan penjualan sebesar 1,9% dengan angka penjualan mobil baru sepanjang semester pertama 2019 sebesar 8.412.900 unit.

Penurunan tertajam di Amerika Serikat terjadi di segmen kendaraan penumpang sebesar 9%, sementara segmen light truck naik di kisaran 1%.

Pasar mobil baru di Brasil sendiri mengalami rangsangan untuk tumbuh berkat peluncuran sejumlah mobil baru di segmen light vehicle, kira-kira kalau di-bahasa Indonesia-kan di segmen kendaraan ringan.

Di Indonesia sendiri berdasarkan data dari situs https://katadata.co.id, pasar mobil baru mengalami penurunan di kisaran 13%. Beberapa sumber menyebutkan efek situasi politik Pilpres dan juga efek perang dagang Amerika Serikat dengan Cina menjadi dua variabel kuat yang mempengaruhi menurunnya angka penjualan mobil baru sepanjang semester kedua tahun 2019.

Awrait, itu saja dulu artikel untuk hari Rabu 21 Agustus 2019 di media kelas secangkir kopi jbkderry.com. Semoga ada manfaatnya, terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

One Reply to “BAHAS PASAR MOBIL BARU DI DUNIA PADA SEMESTER 1 2019”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s