SEKSIAN MANA CHEVROLET ORLANDO ATAU MAZDA8 SEKEN?

Jakarta – Rabu siang 21 Agustus 2019 pas melintasi kawasan Lebak Bulus, jbkderry.com secara berturut berpapasan dengan Mazda8 dan Chevrolet Orlando.

Hmm, kayaknya bagus juga buat ide artikel kelas secangkir kopi di hari Kamis 22 Agustus 2019. Minimal buat nambah-nambah panduan buat peminat mobil keluarga anti mainstream dengan budget terbatas, tapi bisa dapat mobil keluarga seken yang lumayan berkelas dan kapasitas ruang kabin lapang untuk 7 (tujuh) orang penumpang. 

Kedua model kendaraan ini memang tidak ada lagi dalam daftar mobil baru dari distributor resmi Mazda dan Chevrolet di Indonesia, sebagaimana terlihat pada situs resmi kedua brand tersebut di tanah air.

Mengapa menarik? Sederhana, karena harganya di pasar mobil seken lumayan menarik, guys. Mazda8 keluaran tahun 2012 dijual di kisaran Rp 170an juta, sementara Chevrolet Orlando produksi tahun yang sama (2012) pasaran harga bukanya di kisaran Rp 130an juta.

Seingat jbkderry.com, rentang harga itu terpauh cukup jauh dan jatuh dibanding waktu baru dirilis. Mazda8 yang posisinya di atas Mazda Biante ada di kisaran Rp 500an juta, sementara Chevrolet Orlando di kisaran Rp 300an juta.

Meski kabarnya sudah tidak diproduksi oleh pihak prinsipalnya sejak tahun 2016 lalu, namun Mazda8 menarik dimiliki buat penggemar mobil keluarga seken dengan kabin yang super lapang. Bayangkan saja, panjangnya mencapai 4.860 mm, lebar 1.860mm dan tinggi 1.685 mm, serta jarak antar sumbu roda 2.950 mm.

Kesan sebagai mobil keluarga yang nyaman dan lapang juga ditandai dengan keberadaan fitur sunroof dan akses pintu baris kedua model geser secara elektrik yang bisa membuka hingga 785 mm.

Selain itu lapisan luar kursinya sudah menggunakan bahan kulit, dan kursi baris kedua juga dibuat dengan desain captain seat yang mewah serta ada pula sandaran kakinya.

Dengan ukuran bodi yang gambot, Mazda8 juga didukung dengan mesin berkapasitas cukup besar yakni 2,3L DOHC 4-silinder segaris, dengan daya maksimum 163 ps / 6.500 rpm dan torsi puncak 203 Nm / 3.500 rpm yang disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis 5-percepatan.

Urusan handling, kinerja kaki-kaki dan proteksi keselamatan pun terhitung mumpuni. Hal yang perlu diperhatikan setelah membeli adalah jaringan servisnya yang terbatas, serta biaya pajak tahunannya di kisaran Rp 6 jutaan.

Bagaimana dengan Chevrolet Orlando seken yang banderolnya setara dengan mobil LCGC?

Mobil keluarga dari Chevrolet ini juga menjanjikan ruang kabin penumpang yang lapang. Ditandai dengan dimensi panjangnya 4.652 mm, lebar 1.836 mm (termasuk kaca samping), tinggi 1.633 mm, serta antar sumbu roda 2.760 mm.

Mesinnya berkapasitas 1,8L bertenaga puncak 141 ps / 6.200 rpm dan torsi maksimal 176 Nm / 3.800 rpm, serta disandingkan dengan sistem transmisi Triptronic 6-percepatan.

Fitur proteksi keamanan patut diacungi jempol, soalnya Euro NCAP di Eropa saja memberikan rating 5-Bintang.

Hal yang perlu diperhatikan dari para peminat Chevrolet Orlando tahun 2012 adalah sistem transmisi otomatisnya yang kabarnya rentan masalah setelah di atas usia pemakaian 5-tahun. Selain itu sistem pendingan mesin dan kaki-kakinya, dan disarankan dibawa ke bengkel terpercaya untuk pemeriksaan kendaraan sebelum transaksi jual beli terjadi.

Untuk hal itu, salah satu tips a la media secangkir kopi, tinggal masukkan kata kunci “Chevrolet Orlando” di mbah Google baik pada kategori informasi umum maupun berita untuk menambah referensi.

Oks, itu saja informasi kali ini, gaezz. Semoga ada manfaatnya, terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s